Jumat, 09 Oktober 2020

Peran Teknologi Dalam Membuat Pembelajaran PJJ Semakin Menyenangkan

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Wikipedia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158) Teknologi adalah ; 1) Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan 2) Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.27 Agu 2018

Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang di mana perubahan tersebut dalam bentuk peningkatan perilaku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya. Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif. Sedangkan C.T Morgan mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu.

Pembelajaran yang menyenangkan dapat diartikan sebagai proses penyampaian suatu bahan ajar yang akan diberikan kepada peserta didik dengan suatu metode atau cara tertentu dengan benar, dan tentunya membuat hati para peserta didik senang.


Di masa pandemi covid-19 ini.Guru terpaksa menggunakan metode PJJ yaitu pembelajaran jarak jauh.Di mana pembelajaran jarak jauh ini terbagi menjadi dua yakni secara Daring dan secara Luring.

*Pembelajaran Daring*

Merupakan Pembelajaran dengan jaringan.
Dalam pembelajaran daring Guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Supaya peserta didik tidak merasa bosan. Metode yang bisa diciptakan. Berdasarkan pengamatan pada era sekarang.Di mana Kita melihat anak TK sudah bisa bermain colet-colet HP Android, tetapi mereka bermain colet-coletnya bukan ke arah pembelajaran.Tetapi main game online.Anak SD,SMP,SMA dan Mahasiswa juga sekarang bermain HP Android bukan untuk pembelajaran tetapi  ke arah  yang kurang mendidik yaitu mereka kebanyakan kecanduan main game online.

Dengan melihat situasi seperti itu ,sebagai pendidik harus mempunyai imajinasi.Bagaimana siswa bisa mengikuti pembelajaran daring seolah-olah mereka bermain  game online. Di mana Kalau bisa kita membuat metode atau aplikasi yang berbentuk game yaitu seperti game edukasi atau pembelajaran atau membuat pembelajaran seperti bermain game supaya menyenangkan.Lalu anak bisa belajar sambil bermain.

Seperti halnya Game Edukasi. Kita buat game permainan kata, game mencocokkan kata  lalu game kuis yang langsung dikoreksi di sana .Jadi ketika anak mendapat nilai rendah dia akan berusaha belajar lagi supaya dapat nilai tinggi. Seperti halnya game online di mana mereka berusaha perang-perangan melawan musuh sampai dapat poin tertinggi dan berusaha mengalahkan musuh tetapi Di sini game pembelajaran kita buat anak-anak itu tertantang untuk berusaha menjawab jawaban yang benar lebih banyak.

Lalu bagaimana membuat pembelajaran  untuk anak kelas rendah ?misalnya kelas 3 SD ke bawah. Metode pembelajaran agak berbeda.Kita bisa menciptakan pembelajaran dengan pembuatan video yang menyenangkan. Kita harus ingat Bagaimana kita bisa mendengar penceramah yang hebat.Ia bisa melakukan ceramah sampai 5 jam sedangkan pendengar hanya merasakan waktu yang sangat sedikit dan masih penasaran ,tidak mengantuk ,tidak bosan dan selalu ingin mendengarkan ceramah orang tersebut.Bercermin dari situ  metode yang dibawakan penceramah tersebut bisa kita ambil melalui video.Yang pasti ada unsur lawakan yang membuat pendengar tertawa.

Pembelajaran lewat video itu bisa digunakan atau direkam oleh pendidik lewat video lalu kirim ke WhatsApp atau dikirim ke Youtube.Sedangkan kalau kelas tinggi bisa merancang Melalui aplikasi berbentuk game supaya lebih menyenangkan kalau untuk kelas rendah bisa dibuat unsur lagu misalkan lagu Potong Bebek Angsa atau lagu anak-anak lainnya.


* Pembelajaran Secara Luring*

https://youtu.be/0w94QUCc51Y

Pembelajaran secara luring atau pembelajaran di luar jaringan atau offline kita harus menciptakan metode supaya anak tidak bosan misalkan kita merekam video ke dalam kaset atau VCD atau pesan suara lewat WhatsApp selain video pembelajaran kita buat durasi sedikit atau 15 menit atau 10 menit video lawakan kemudian ada unsur dongeng dan lain sebagainya.

Pembelajaran secara luring Ya itu bisa juga kita menyuruh anak-anak kita belajar bersama seperti yang telah diterapkan dari Kementerian Kemendikbud yaitu belajar bersama menonton TVRI , supaya tidak membosankan disitu kita harus memasukkan unsur hiburan dalam bentuk permainan yang sering dilakukan oleh anak dan mereka senang.

Pembelajaran secara luring ini sering dilakukan di pedesaan di mana daerah tersebut susah jaringan kemudian kemampuan orang tua untuk membeli laptop dan Android di mana mereka lebih mementingkan beras dari pada membeli laptop dan HP Android.Lalu  peran kita sebagai pendidik kita menggunakan metode pembelajaran secara luring itu bisa dengan  menghampiri siswa ke rumah-rumah atau door to door di mana guru memberi tugas dengan penjelasan singkat tetapi dibuat unsur hiburan seperti sebelum memberi tugas anak-anak disuruh bernyanyi atau tepuk Pramuka dan lain sebagainya.

Pembelajaran Secare luring lainnya yaitu anak mengambil tugas ke sekolah secara bergantian atau satu persatu. Di sana selain memberikan tugas guru harus menjelaskan secara singkat tentang materi atau tugas yang akan dikerjakan siswa dan juga harus dibuat supaya menyenangkan dengan metode permainan seperti sebelum memberikan tugas anak-anak disuruh bernyanyi tepuk Pramuka atau permainan yang lainnya.

Kesimpulan:
1. Di butuh kreatifitas Guru untuk menciptakan Pembelajaran Daring dan Luring yang menyenangkan  .
2. Guru harus mlek IT harus belajar tentang teknologi tidak boleh Gaptek.
3. Guru Sekarang itu bukan tahu apa ?melainkan bisa apa ?
4. Ciptakan Pola pembelajaran yang lebih menyenangkan dengan memperhatikan:Ekonomi orang tua siswa,Keadaan lingkungan Siswa dan untuk Daring memperhatikan Kondisi jaringan Internet.

Wasalam
Penulis

Usman Alamsyah








2 komentar:

Wijaya kusumah mengatakan...

ayo terus menulis dan semangat berbagi ilmunya

Usman Alamsyah mengatakan...

Oke Om Jay,kritik saran,masukan dan bimbingan masih sangat2 di butuhkan

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...