Kamis, 28 Januari 2021

Suara Hati Guru Honorer SBU 6

 


Untaian Piluku Menjadi Honorer



Oleh : Ratna,S.Pd


Mula awalnya saya menjadi guru honor..tapi sebelumnya saya akan menceritakan tentang propil saya dulu..Nama saya Ratna putri ke tiga dari seorang bapak jailani daan seorang ibuk siti amron yang sama2 seorang petani tepatnya didesa lawang agung kecamatan sindang beliti ulu.kabupaten rejang lebong.Pada waktu itu sekitar tahun 1998 saya lulus dari Sekolah menengah atas yaitu salah satu sekolah vaporit di kota curup waktu itu,setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat SLTA saya tidak melanjutkantkan keperguruan tinggi dikarenakan keadaan.ekonomi orang tua yang lemah atau serba kekuranga.

Dengan keadaan tersebut saya coba-coba cari kerja di sekitaran curup dan kepahiang dengan modal ijazah SMA,apa lah kepandaian atau kepintaran kita yang berijazah SMA dengan orang-orang yang sudah Strata I (S1).Sudah bolak balik saya mencari pekerjaan kebetulan ada Pamanda.Ia memiliki usaha koperasi,saya ditawarkan untuk bekerja tempat beliau dan akhirnya berkat uluran tangan beliau.Saya dapat bekerja disalah satu koperasi didaerah kepahiang..kurang lebih satu tahun saya kerja dikoperasi tersebut.merasa kurang betah saya mengundurkan diri dari pekerjaan itu..

Akhirnya saya diajak untuk pulang kampung oleh orang tua saya yaitu di Desa lawang  Agung,Kecamatan Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong.Didaerah saya pada waktu itu yang lulusan SLTA itu sangat sedikit,masih bisa dihitung dengan jari.nah didaerah aku kan ada 9 Desa,yaitu Desa Apur,Desa Air Nau ,Desa lawang Agung,Desa lubuk Alai,Desa Karang Pinang,Desa Tanjung Agung,Desa Pengambang,Desa jabi dan Desa yang paling ujung sekali yaitu Desa Tanjung Heran..

Nah pada saat saya menggangur ada salah satu siswa SMPN 2 Desa Pengambang bicara sama saya.."yuk cubo ayuk ngelamar di SMP kami" Cetusnya.di SMP kami tuch masih kurang nian gurunyo" .ceriata beliau.Saya pun berniat untuk men coba dari pada nganggur..besoknya saya bersama dia langsung mendatangi rumah sekolah tersebut dan kebetulan saya langsung bertemu dengan kepala sekolahnya yaitu ,,Bapak Muhammad Soleh,,..

Singkat cerita saya langsung diterima bekerja dismp tersebut menjadi TU..dan perpustakaan dengan gaji 60 ribu perbulan.setelah beberapa bulan saya dismp tersebut saya juga langsung ditawarkan tuk mengajar,,pertamanya sih saya menolak..tapi setelah saya pikir2 apa salahnya saya memcoba.dan akhirnya saya diberi kepercayaaan untuk memegang mapel Mulok pertanian dari kls 1 sampai kelad 3. Dan mapel Matematika untuk kelas 1. Sebenarnya  agak susah sih disuruh mengajar..saya binggung gimana rasanya menghadapi anak2 yang beraneka ragam,sedang kan mereka udah besar besar.jarak antara rumah orang tua saya kesekolah cukup jauh..kami kesana bersama anak sekolah men yewa mobil untuk antar jemput..tapi ada juga kadang2 mobil tidak menjemput terpaksa saya dan anak anak  harus berjalan kaki untuk pulang biar bisa sampai rumah..kalau sekarang enak mobil banyak .motor ojek banyak.kalau dulu mana yang punya motor aja dapat dihitung dengan jari.Sedihkan ?

Nihh ada sedikit kejahilan anak-anak di SMP didalam kelas.waktu itu saya ada jam mulok pertanian dikelas 1,nah dalam saya memberi penjelasan dengan anak ada dua metode pertama menjelaskan atau materi yang kedua terjun langsung kelapangan.adapun waktu itu kami punya materi bagaimana cara menanam kacang buncis yang baik?..saat jam pelajaran dimulai hari hujan saya ada jam dikelas satu ngak mungkin khan kelapangan jadi saya beri materi dulu,lagi menulis dipapan tulis eh...eh ada anak yang iseng melempari saya dengan tanah......saya spontan langsung menoleh dan saya langsung balik bertanya siapa yang melempari saya.anak anak tidak ada yang mau menjawab....saya merasa anak-anak mempermainkan saya saya tidak marah ,dengan demikian saya langsung keluar dan saya lansu ng kasih tau dengan bapak wakil kepala sekolah saat itu yang ada.waktu itu yang menjadi wakil kepala sekolah yaitu bapak burhanudin yang berasal dari padang.singkat cerita anak anak langsung dihukum oleh bapak bur yaitu haruss hormat dengan bendera yang sedang berkibar dilapangan upacara, untuk keesokan harinya anak_anak yang mempunyai salah dengan saya (waktu itu saya anggap satu kelas karna mereka nga ada yang mau ngaku) minta maaf sama saya ,ya saya maafkan dengan syarat jangan diulangi lagi jika diulangi saya tidak akan mengajar kelas kalian lagi itu komitmen saya,ternyata dengan ada nya kejadian tersebut tidak ada lagi anak yang jahil sama saya.

Singkat cerita kurang lebih 2 tahun saya bergabung dismp 2 put tersebut saya mengundurkan diri..karna saya udah nga betah .Pertama jarak nya jauh (kalau mobil tidak jemput kami nya jalan kaki,bayangkan jalan kakinya kami harus melewati 3 dusun,lumayan,lumayan jauh).yang kedua karna saya juga ada tawaran untuk bergabung di sd yaitu sdn 38 desa lawang agung sekitar tahun 2003 yg saat itu di kepalai oleh ibuk LOLITA.A.Md.desa saya sendiri..otomatis saya langsung tertarik pertama dekat dan lagi ngak ngongkos.

Nah di sini awal nya saya harus beradaptasi lagi dulu ngajar ank smp yg udah pada besar sekarang kembali ke yang dasar dimana anak anak sd ini harus diajar dengan dengan lembut dan kita harus paham watak2 dari setiap anak apa lagi waktu itu saya ditugaskan untuk megang kelas yaitu kelas satu.jelas harus mulai dari nol.dengan berjalannya waktu ditahun 2005 kepala sekolah kami diganti yaitu bapak Amirudin,,pada waktu dipimpin oleh bapak amirudin kami waktu itu di data...katanya database..pada waktu itu saya masih banyak yang tidak tahu..hape belum ada laptop apalagi.kalau ada kabar mungkin kami tahunya dari kepala sekolah itulah..kalau kata kepala sekolah ada info, ada kalau tidak tidak,karna pada waktu itu untuk orang orang yang berperan kami ngak tau harus siapa yang di hubungi..tau..tau katanya database itu keluar...saya dengan teman saya kami sama2 honor mencari informasi tentang data yg keluar untuk database disd kami,cerita punya cerita kami sangat senang karna katanya ada  yang masuk database tesebut.,tapi alangkah terkejutnya saya yang keluar itu atas nama Sonya ( nama samaran)..bukan nama saya karna disitu langsung ada bin nya.Rasa kecewa bercampur marah ada..tapi mau marah marah sama siapa,saya tidak tahu lagi waktu itu,cuma dalam pemikiran saya kok BISA..pada hal diaNYA belum honor,ada pertanyaan dalam hati ADA APA...?

Singkat cerita ditahun 2005 itu ada tes CPNS besar2ran,saya ikutan tes..tapi memang nasib belum berpihak dengan saya nama saya ngak disebut orang.,ternyata yang atas nama sonya( nama samaran) lulus pada waktu itu,,tapi mungkin tuhan belum juga berkehendak DIANYA jadi PNS..NIPNya tidak keluar keluar/ tidak ada jadi untuk tahun itu beliau belum bisa dijadikan pns.

Ditahun 2006 saya masih aktip mengajar.cuma saya merasa sudah tidak ada gunanya,karena kecewa yang tak berkesudahan.Ditahun 2007 tepatnya tanggal 08 september saya dipesunting oleh seorang lelaki..saya pun berumah tangga..pada waktu itu saya sudah berjanji sama saya punya suami,,saya masih mau tetap honor,,saya masih diperbolehkan oleh suami..cuma disekitar awal tahun 2008 saya putuskan tuk berhenti..karna saya pikir untuk APA..enak berKEBUN...jadi singkat cerita ami membuka lahan kalau orang bilang menebas untuk menanam tanaman muda..pada waktu itu saya menanam cabe dan jahe..allhamdullilah walau tidak banyak ada hasilnya,di sekitaran bulan juni tepatnya pada tgl 25 juni 2008 saya dikarunia seorang putra yg saya beri nama Ragil junico pratama.

Jadi disaat saat saya dikatakanlah mengasuh anak...saya teringgat akan dengananak2 disd...saya rindu..kagen rasanya bertemu mereka..saya utarakanlah dengan suami saya..eh..suami sungguh sangat senang dan mengganjurkan saya untuk mengulang untuk mengajar lagi..akhirnya saya coba menghubungi kepala sekolah,dimana kepala sekolahnya sudah diganti yaitu pak muliadi yang berasal dari kota curup,,sdnya juga udah di ganti dulu sdn 38 put sekarang sd 03 sbu.pada awalnya saya ragu..masihkah saya akan diterima disd tersebut,,eh,,eh alhamdullilah hari ini saya menghadap besoknya saya langsung di suruh masuk dan mengajar lagi..karna apa karna memang didesa2 masih sungguh sangat kekurangan guru.

Itu tepatnya di tahun 2010 yang kepala sekolahnya pak muliadi.sambil mengasuh anak saya yang berusia 2.5 tahun saya mulai beraktipitas kembali sebagai guru honorer yang penuh liku2,,diawal tahun 2013 ada pemberitahuan dari pemerintah siapa pun yang mau men jadi guru dia harus SI,,saya mulai  gelisah gimana tidak,karna saya cuma tamatan sma,,beriring dengan itu jangan kan untuk kuliah untuk makan ajha susah..karna pada waktu tahun itu kami masih di perkebunan..belum punya rumah bayangkan saya berangkat kesekolah sambil gendong anak dan berjalan kaki untung nya ada sedikit kebun/ pondok kami tidak terlalu jauh dari perdusunan..itu saya lakukan kurang lebih sampai ditahun 2015...bolak balik untuk melaksanakan tugas mencerdaskan anak bangsa.

Ditahun 2015 yang pada saat itu SD sudah berubah lagi dari sdn 03 sindang beliti ulu kini sudah menjadi SDN 55 Rejang Lebong yang di kepalai oleh Bapak IRAMAMOT.S.Pd,dengan adanya dukungan beliau,suami dan keluarga saya nekad ada nga ada uang..ada nga ada rumah saya mau Kuliah karna diwajib kan oleh kepala sekolah kalau masih mau honor disini,maka di semester dua tahun 2015 saya berhasil masuk dibangku kuliah( istilah orang dulu) yaitu di univetsitas terbuka pokjar curup.walaupun saya tidak punya apa2 kecuali punya suami dan anak..disaat kuliah banyak halangan dan rintangan yang saya temui salah satunya soal biaya..karna saya tidak mungkin meminta bantuan sama kedua orang tua saya..walaupun orang tua saya mendukung.adakalahnya waktu mau pembayaran uang kuliah saya sempai pinjam uang beranak atau dikatakan uang berujung..karna mengandalkan gaji.gaji kami dibayar melalui dana bos sebesar 300 ribu itu pun dibayar 3 bulan sekali..pas waktu gajian senang sebentar karna dapat gaji tapi disisi lain uangnya udah abis untuk bayar utang.

Kuliah di UT ini ada 10 semester bayangkan 5 tahun baru bisa dapat Gelar S1. Ditahun 2016 didesa tetangga saya yaitu desa lubuk alai disana telah berdiri sebuah SMA,yaitu SMAN 14 Rejang lebong.pada waktu itu saya juga ikut bergabung disma saya mengajar seni budaya bayangkan tamat SMA ngajar sma tapi saya coba,karna untuk tambahan untuk pembayaran uang kuliah.Ditahun 2018 pemerintah rejang lebong mempunyai program tenaga kerja sukarela..untuk saya termasuk salah satunya yang mendapat gaji dari anggran pemerintah APBD daerah sebesar 1 juta.dengan gaji saya menjadi 1 juta perbulan itulah membuat saya agak bahagia sehingga dapat membantu untuk membayar biaya kuliah.dan akhirnya ditahun 2020 tepatnya di bulan November saya mendapat SK.yudisium.berarti saya sudah selesai menempuh pendidikan di bangku kuliah..maka sekarang juga saya men dapat gelar SI di usia 40 tahun..

Coba kalian bayangkan gimana perasaan kalian mau ikut tes. CPNS......sedangkan yang ikut tes CPNS itu usiahnya dibawah 35 tahun sedangkan saya udah 40 tahun,putus sudah harapan untuk menjadi PNS,yang ada hanya tingal Honor...honor...honor sampai saat yang telah ditentukan. Tapi ada juga yang membangitkan semangkat saya karna pemerintah mempunyai program P3k besar besaran ditahun 2021 ini..kalu syaratnya SI saya sudah SI,kalu syaratnya yang udah lama saya sudah mengaabdi dari tahun 2001 _ sekarang,smoga saja dengan adanya program ini saya merupakan salah satu dari mereka yang dapat masuk kedalam seleksi P3k tersebut.Namun saya yakin dan percaya semuanya sudah diatur oleh yang diatas amiin ya robillalamin.Itulah sedikit kisah saya yang lagi menunggu datangnya keajaiban .Inilah Liku_Liku jadi honorer.


Salam Literasi


Ratna.S.Pd

SDN 55 Rejang Lebong.























14 komentar:

ilmi hartati arles mengatakan...

masyaallah sungguh perjuangan yang luar biasa, semoga Allah mengabulkan do'a ibuk semoga lulus p3k buk, terus berjuang jangan pernah putus asa, ��

Usman Alamsyah mengatakan...

Thks...Sudah mampir blog saya🀝🀝🀝πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

Kade Yuliani mengatakan...

Semangat Ibu luar biasa, smg lolos P3K.

SUKARNO mengatakan...

Salam kenal bu Ratna,
15 tahun yang lalu,
Saya pernah jadi guru di karang tinggi selama 12 tahun sebelum ke jawa

Semoga amal baik ibu ratna dalam pengabdian menghantarkan ibu berhasil dalam seleksi PPPK. Semangat bu, semoga Sukses

Marsela mengatakan...

Tetap semangat bik walaupun tidak bisa ikut CPNS masih ada P3K. Semoga Allah mempermudah jalan bibik untuk lolos P3K nanti�� semangat terus bik pasti bisa������

Devitri utami mengatakan...

Guru terbaik yg pernah ada, semangat trs buk. Semoga lulus p3k dan selalu diberikan kesehatan. Amiiin

Devitri utami mengatakan...

Guru terbaik yg pernah ada, semangat trs buk. Semoga lulus p3k dan selalu diberikan kesehatan. Amiiin

Usman Alamsyah mengatakan...

Semangaaat....

daily-rofiana mengatakan...

Insyaallah nanti Ibu akan lulus seleksi p3k nya ya..

Usman Alamsyah mengatakan...

🀝🀝🀝πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

Usman Alamsyah mengatakan...

🀝🀝🀝πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

Usman Alamsyah mengatakan...

amin🀝🀝πŸ’ͺπŸ’ͺ

Usman Alamsyah mengatakan...

aminn🀝🀝πŸ’ͺπŸ’ͺ

Usman Alamsyah mengatakan...

aminnπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

STRUKTUR ORGANISASI KANTOR CAMAT

  STRUKTUR ORGANISASI KANTOR CAMAT   1.       CAMAT v   Bertanggung jawab atas seluruh operasi kantor camat. v   Memimpin rapat dan ...