Sabtu, 18 April 2020

GURU IMPIANKU

GURU IMPIANKU

Guru sebagai seseorang yang mendidik,
mengajarkan, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan seterusnya adalah
orang yang memiliki kemuliaan. Sebab seorang guru adalah sebaik--baiknya orang yang tidak pelit akan ilmu yang dimilikinya. Wawasan dan ilmu yang dimilikinya selalu dia bagikan kepada
murid--muridnya.

Guru Teladan adalah cita--citaku semenjak kecil. Karena guru adalah kerja yang paling
mulia dibenakku. Guru adalah manusia cantik, lemah lembut, harum, disayangi murid itulah kesimpulan yang ada menurutku semenjak aku kenal dengan guru kelas satuku di SDN 07 Talang
Babungo.Guru kelas satu SD adalah guru yang luar biasa buatku. Beliau yang mengajarkan aku bagaimana menanamkan kepercayaan diri untuk
mampu berteman dengan teman yang baru aku kenal dan lingkungan baru.Beliaulah yang berhasil mengantarkan aku pada gerbang awal pengetahuan mengapa tidak beliau mengajarkan aku membaca, menulis dan berhitung. Pelukan hangat yang selalu beliau berikan kepadaku selalu menghangatkan tubuhku sampai aku bisa menggapai cita-citaku.

Menjadi guru, sosok yang digugu dan ditiru adalah impianku, beberapa tahun berjalan tak ada aku berpaling dari cita -- cita menjadi seorang guru, ketika aku sekolah SD, SLTP dan SMA kalau
ditanya apa cita-citanya pasti jadi guru yang teladan.Alhamdulilah Allah mendengar semua cita-cita muliaku tahun 2005 kuterima selembar kertas itulah ijazah PGSD DII dari UNP. Nah
dengan modal ijazah itu aku berani menawarkan diri untuk menjadi guru honorer dan suka rela di sebuah SD di daerah tempat aku dilahirkan.

Mengajar dan mendidik bukanlah suatu yang gambang seperti apa yang dilihat dengan kasat mata bagi aku sebagai guru baru. Begitu banyak rintangan dan halangan yang mengujiku diawal aku
honor.Guru senior selalu memberi ujian yang sulit untukku,mulai dari mengajar dengan jam penuh dari Senin sampai Sabtu tanpa ada waktu luang untukku sampai aku sempat sakit karena kelelahan.Gaji yang tidak cukup untuk beli lontong, dan banyak lagi yang tidak bisa aku ceritakan satu persatu sampai aku sempat mengeluh untuk berhenti honor. Tapi alhamdulilah suamiku selalu mendukungku untuk tidak berhenti honor.

Sepuluh tahun berlalu aku jadi guru honor,
dengan modal Cita-cita dan dukungan suami segala rintangan dan halangan dapat aku lalui. Sampailah saatnya ada panggilan untuk menjadi seorang CPNS. Berita kelulusan membuat aku menangis sejadi-jadinya sambil berteriak "Suamiku aku lulus" tapi sayang suamiku sudah
pergi untuk selama-lamanya sudah empat belas hari. Pengorbanannya yang luar biasa, membuatku tak bisa berhenti untuk menangis.Air mata ini turun dengan sangat derasnya bila ingat pengorbanannya.Isak tangisku bisa aku bendung saat anak-anakku memelukku dengan ucapan "selamat bunda, bunda lulus" terimakasih nak tanpa kalian bunda mungkin tak bisa bertahan".itulah
kata-kata yang sempat terucap saat itu.

Kelulusanku membuat aku lebih bersemangat untuk menggapai cita-citaku menjadi guru impian seperti guru kelas satuku dulu. Begitu banyak perjalanan yang kulalui sampai aku terus berlatih dan berlatih jadi guru. Ikut pelatihan
seperti saat sekarang ini.Alhamduliilah, hari ini aku ikut pelatihan BIMTEK Penyusunan Buku Bahan Ajar dan Buku Pengayaan KSM/KOGTIK/K3S Kecamatan Hiliran Gumanti yang diadakan tanggal 27 sampai dengan tanggal 31 Desember 2019 Di SDN 09 Talang Babungo.Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat.

Oh ya Namaku adalah Radya Nisma,S.Pd.SD aku mengajar di SDN 14 Talang Babungo semenjak 2004.Aku mengajar di kelas 1 sudah tujuh tahun
belakangan. Aku terinspirasi dari guruku dulu ingin jadi guru yang ramah, manis dan lembut. Guru kelas satu adalah guru yang paling baik menurutku karena selalu menciptakan kesenangan yang luar biasa di hati anak didiknya.Kami memulai acara BIMTEK hari Sabtu tanggal 27 Desember 2019 yang dibuka oleh bapak Bupati yang diwakili oleh bapak Zulkisar .S.Pd.MM sebagai Kadis Disdikpora Kabupaten Solok. Acara berjalan sesuai rencana dengan suasana yang terbuka dan menyenangkan. Acara diawali dengan beberapa kejutan dari EPSON dengan berbagai hadiah yang dijanjikan
berupa printer dan lainnya.Materi berlanjut dengan bagaimana menerbitkan sebuah buku dari bapak Edi.S.Mulyanta,S.Si.M.T. Materi ini sangat menarik, mengapa saya bilang menarik karena dari dulu sampai sekarang saya belum pernah bertemu
langsung dengan seorang penerbit buku.Tapi sekarang aku bertemu dengan seorang pimpinan penerbit buku yang sudah terkenal.

Begitu banyak materi yang beliau sajikan
sampai tulisan kita bisa kita terbitkan. Wah senang sekali bila tulisan kita lolos ke
penerbit besar dan terkenal. Sebab kita tak
perlu keluar uang dan malah dapat uang.
Hari ini Minggu tanggal 29 Desember
pertemuan kedua BIMTEK Penyusunan Buku Ajar Dan Buku Pengayaan. Acara diawali dengan senyuman dan beberapa lagu dari peserta Bimtek. Acara dilanjutkan dengan beberapa motivasi
dari seorang ibu Dra.Betti Risnaleni,M.Pd yang berasal dari Bukit Tinggi yang mana kisah beliau sungguh sangat menginspiratif kami yang ada
dipelatihan itu. Mengapa tidak perjalanan hidup beliau dari dari kecil sampai beliau berhasil sampai sekarang ini. Beliau telah bisa mendirikan sebuah sekolah yang besar dari bawah dengan bermodal sendiri, sungguh luar biasa beliau di mata aku. Jadi ingin punya sekolah sendiri.

*( Review dari Bukunya Om Jay : Catatatan Harian Seorang Guru Blogger )*

Pereview

Usman Alamsyah

Tidak ada komentar:

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...