Sekolahku Yang Terharu di Buat Bahagia

Saya Dinas di daerah terpencil ,Sekolah tempat saya tugas boleh dikatakan Dibawa kata layak. Dinas di Daerah terpencil banyak pelajaran yang saya dapat .Saya berusaha mengubah kekurangan menjadi kelebihan, karena tempat saya  Dinas masyarakat pada umumnya dengan mata pencaharian 90% Petani…hmmmmmm

Bercerita tentang kekurangan,Akses jalan baru di bangun,selama ini jalan setapak,jaringan internet susah.Jumlah murid dikit,karena sekolah baru mekar dari dusun menjadi Desa.Guru-Guru 70% honor.

Saya adalah Kepala Sekolah SD Kategori Terpencil.Kebetulan di daerah tersebut Sumber Daya Alamnya sangat melimpah.Saya Memanfaatkan sumber daya alam yang ada.Dengan melihat situasi tersebut ternyata ada peluang  yang bisa menambah penghasilan.Saya mengamati di Lingkungan Sekolah banyak terdapat : seperti kopi ,jahe .Kunyit
dan lain-lain.Akhirnya selain Kepala sekolah saya menekuni usaha jual beli Kopi.

Sebenarnya Jiwa dagang saya,sudah tumbuh dari usia 7 Tahun.Saya Dagang Karena keterpaksaan yang berujung kepada hobi ,dimana awal Pergerakan saya karena terlahir dari anak yatim semenjak lahir ,membuat diri saya Menggeluti Dunia dagang . Terlahir dari anak yatim sangat menyedihkan. Ibu berwatak keras sehingga tidak ada kata-kata memanjakan anak. Pada Usia 7 Tahun  (kelas 1 SD) kalau ingin belanja, Ibu tidak serta-merta memberi saya uang. Ibu hanya mengunjungi kebun di sana ada batang kopi silakan jika ingin belanja membeli baju atau mainan Petiklah buah kopi tersebut ,jemur sampai kering. karena pada saat itu namanya juga anak kelas 1 SD hasil memetik kopi pun tidak terlalu banyak .Metik (mutir) sekitar 3 hari dapat 1 karung Pop , itu sudah maksimal setelah dapat 1 karung dijemur lah secara mandiri lalu dijual ke warung dari hasil tersebut bisalah untuk membeli baju dan mainan.
Dari keadaan itulah Tertanam dari jiwa mandiri  , Tegar ,tidak mengenal kata mengeluh dan kata manja.Mandiri gitu lho he…he…

Jalani hidup seperti air sungai yang mengalir ,dengan terus mengalir  suatu saat akan menemukan Muara.

Kesimpulannya:
1).Di balik kekurangan ada kelebihan
2).Di balik kesukaran ada kemudahan
3).Tetap semangat demi anak Bangsa