Senin, 04 Mei 2020

Aktifitas di Saat Puasa Kesebelas


Puasa hari kesebelas,seperti hari hari biasa sang istri menyiapkan makanan saur,baik dengan mencuci beras lalu memasukkannya ke magixcom.Sambil menunggu Nasi masak,sang istri menyiapkan menu untuk saur,baik dengan memasak sayur,menggoreng ikan dan lain sebagainya.Setelah semua siap kamipun saur berdua.Di mulai dari membaca niat berpuasa.Lalu kamipun makan saur.Saya makan saurnya dengan lahap sekali sampai sampai nambah menjadi satu setengah piring,saur kami pun selesai. Kebiasaan setelah selesai makan saur sang istri menyiapkan segelas kopi hitam, lengkaplah sudah proses saur pada pagi ini. .


Sambil menunggu waktu sholat subuh. tidak lupa ngutak ngatik handpone. mengecek tugas tugas menulis di group Wa yang di selenggarakan Om Jay,jika semua tugas biasa meresume sudah selesai semua.Saya biasa melirik blog temen temen sambil memberi komentar karena dengan sering melihat tulisan blog temen temen seketika ide untuk menulis akan muncul.ATM (Amati,Tiru dan Modifikasi )walau kadang kadang seni menulis kita tidak bisa di rubah.akan terasa anggel jika tulisan di blog kita Plagiat dan merasa tidak puas.sangat berbeda kalau menulis dengan ciri khas kita sendiri.tak terasa  waktu subuhpun tiba,Sholat subuh deh....Setelah selesai Sholat subuh,terus di lanjukan lagi membaca,membaca dan membaca lagi tulisan temen temen di blog.sampai terbitnya matahari.



Waktu pagi pun tiba,saya langsung mandi.Saya ambil gayung lalu saya guyur air keseluruh tubuh.terasa dingin" ih..ih.ih".peroses mandipun selesai.Sambil ganti pakaian,saya ambil handpone lalu  telp Satker Dana Bos Dikbud,menanyakan apakah antrian masih banyak untuk pencairan dana Bos ?,jawab Satker Bos "sudah sepi sekitar tiga sekolah yang belum mencairkan dana Bos " termasuk Sekolah saya.O,Ya perlu di ketahui karena pandemi covid-19 Dikbud mengeluarkan peraturan pencairan Dana Bos/hari hanya melayani sepuluh sekolah perhari,tidak boleh lebih itupun duduk saat antri sangat jauh.Harus memakai Masker.harus cuci tangan pakai sabun yang sudah di siapkan di depan Rungan Dikbud,Tes Suhu Tubuh jika 38 drajat keatas dengan berat hati tidak di layani.Karena hari ini memang rencana saya mengurus pencairan Dana Bos..Lalu apa yang saya llakukan ?


Saya Bergegas berangkat Ke Kantor Dikbud. O,ya tidak lupa saya telp Bendahara Bos "Hallo Pak Is di mana sekarang ?"jawab Pak Is "di Rumah Pak !!"jawab saya "langsung ke kantor Dikbud aja Pak Is karena hari ini kita pencairan dana Bos !".Kebetulan Bendahara Bos Sekolah saya ,tinggalnya tidak jauh dari Kantor Dikbud. Sampai Kantor Dikbud, berkas  yang di perlukan sudah di siapkan. Diantaranya : Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( RKAS ),Rencana 
Penggunaan Dana Bos ( RPD ),Rincian Biaya Per  Bulan,Surat Pernyataan Kepala Sekolah dan Bendahara,Surat Pernyataan Kepala Sekolah dan Buku Rekening Bos..O,ya temen temen pembaca lupa,mungkin temen temen pembaca bingung tentang apa yang saya ceritakan,aha..ha...aaa!!saya Kepala Sekolah SD di Daerah Terpencil.Maaf ya bukan maksud Pamer...🙏🙏🙏

  
Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah 
( RKAS )
    
   Rencana Penggunaan Dana Bos ( RPD )
           
               Rincian Biaya Per  Bulan

Surat Pernyataan Kepala Sekolah dan Bendahara
                  
        
        Surat Pernyataan Kepala Sekolah 


                        Buku Rekening 

Sedangkan berkas terakhir yang perlu di siapkan yaitu : Surat Perjanjian Pemberian Bantuan.yang ini agak rumit.Pertama harus menghadap Satker Bos.beliau mengecek per Item,jika ada yang tidak sesuai di silang ( x) ,jika sesuai di Conteng . (√) kalau di silang harus ketik ulang lagi, sampai semua Item di Conteng.Yang Kedua menghadap Pak Kabid,ada sedikit paraf dari Pak Kabid dan.Yang ketiga menghadap Ketua Tim Program Bos dimana ketua Timnya Pak Sekdis,setelah di tanda tangan Ketua Tim langsung bisa ke Bank untuk proses pencairan.Sampai di Bank cek ricek oleh Pegawai Bank,setelah berkas di cocokkan di anggap sesuai, proses pencairan langsung bisa di lakukan Selesai deh...

      Surat Perjanjian Pemberian Bantuan

Setelah selesai,mengurus Dana Bos di lanjut dengan mengambil SK Tks Guru ,Tks (Tenaga Suka Rela ) kebetulan Sekolah saya ada enam  orang tenaga  Tks.Langsung saya ambil Sk Tks,di iringi  Tanda Tangan Kepala Sekolah yaitu tanda tangan saya,di dalamnya yang menyatakan bahwa Sekolah sudah mengambil Sk Tks.Akhirnya saya meninggalkan Kantor Dikbud. Dikbud ( Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ).


                      SK Tks Guru

Lama juga aktifitas hari ini,mutar mutar dengan Mobil,akhirnya jam 17.30 sampai di Rumah .Setelah sampai  di Rumah langsung saya mandi seraya menunggu waktu berbuka Puasa.Selang beberapa menit,waktu berbuka tiba.Saya dan sang istri langsung menuju Ruang Makan,duduk berdua langsung Berdoa.Setelah selasai berdoa buka puasa,langsung minum Air Putih"seeer reeek "terasa seger air masuk ke kerongkongan "Alhamdulillah Puasa kesebelas bisa di selesaikan"ucapku dalam hati.Semoga kita semua dalam menghadapi Pandemi Covid -19  masih bisa melaksanakan ibadah Puasa Full Satu bulan..aminn


3 komentar:

BenakAcak mengatakan...

Aamiin... Semoga selalu sehat dan bisa menulis ya, Pak Usman.

Salam,
Nadiya

Usman Alamsyah mengatakan...

Amin Makasih Bu sudah mampir di blog saya🤝🤝🤝

Usman Alamsyah mengatakan...

https://kepalasekolahdanbisnis.wordpress.com/2020/05/05/aktifitas-di-saat-puasa-kesebelas/

STRUKTUR ORGANISASI KANTOR CAMAT

  STRUKTUR ORGANISASI KANTOR CAMAT   1.       CAMAT v   Bertanggung jawab atas seluruh operasi kantor camat. v   Memimpin rapat dan ...