MODUL PEMBELAJARAN
SMP
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Kelas VII ...
MODUL VII.1.02
BOLA VOLI
PENULIS : SABAR MULJANA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTUR JENDRAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH
DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
2020
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI 1
DAFTAR GAMBAR 2
I . PENDAHULUAN 3
A. Deskripsi 3
B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 3
C. Petunjuk Belajar 4
D. Peran Guru dan Orang Tua 5
II . KEGIATAN BELAJAR 6
A . Inti 6
1. Indikator Pencapain Kompetensi 6
2. Uraian Materi Permainan Bola Voli 6
3. Aktivitas Pembelajaran Permainan Bola Voli 8
4. Tugas Terstruktur / Latihan 15
B . Penutup 16
1. Rangkuman 16
2. Tes Akhir Modul 16
3. Daftar Pustaka 18
III . LAMPIRAN 19
A . Glosarium 19
B . Kunci Jawaban 20
DAFTAR GAMBAR
Daftar Gambar 2.1. Lapangan Bola Voli dengan penempatan pemain 7
Daftar Gambar 2.2. Keterampilan dasar passing bawah 9
Daftar Gambar 2.3. Keterampilan menyambut bola dalam Passing Bawah 9
Daftar Gambar 2.4. Melakukan Keterampilan dasar passing bawah sendiri 10
Daftar Gambar 2.5. Melakukan Keterampilan dasar passing bawah berpasangan 10
Daftar Gambar 2.6. Melakukan Keterampilan dasar passing bawah berkelompok 11
Daftar Gambar 2.7. Melakukan Keterampilan dasar passing atas 11
Daftar Gambar 2.8. Melakukan variasi Keterampilan dasar passing atas 12
Daftar Gambar 2.9. Melakukan variasi sederhana bermain passing atas 12
Daftar Gambar 2.10. Melakukan Keterampilan dasar gerakan servis bawah 13
Daftar Gambar 2.11. Variasi Keterampilan dasar servis bawah dengan melewati net 13
Daftar Gambar 2.12. Aktivitas pembelajaran bermain bola voli yang dimodifikasi 14
Daftar Gambar 2.13. Aktivitas pembelajaran bermain bola voli dengan sentuhan ganda 15
PENDAHULUAN
Deskripsi
Selamat datang dan salam olahraga ! Sumber belajar yang paling utama di SMP Terbuka adalah modul. Melalui modul ini ananda diharapkan dapat mempelajari setiap mata pelajaran secara mandiri maupun kelompok. Jika ananda pernah menyaksikan pertandingan bola voli antar klub profesional liga pro bola voli di lapangan atau di layar televisi pasti ananda akan melihat keterampilan-keterampilan permainan yang begitu bagus yang diperagakan oleh para pemain-pemain bola voli. Nah, pada modul ini ananda akan mempelajari beberapa keterampilan dasar permainan bola voli dan diharapkan setelah mempelajari modul ini ananda dapat menerapkannya dalam permainan di tempat tinggalmu.
Dengan mempelajari modul ini, diharapkan ananda dapat membiasakan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, selalu berusaha secara maksimal, tawakal dengan hasil akhir, membiasakan berperilaku baik, bersikap sportif dalam berolahraga dan bermain, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain.
Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan modul VII.1.1.02 ini adalah 9 x 40 menit belum termasuk untuk menyelesaikan tugas-tugas. Ingat, pelajari dulu petunjuk dan langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum mempelajari modul ini. Dan jangan lupa harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan pembelajaran agar tidak terjadi cedera otot.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Inti (KI.1) Sikap Spiritual / Keagamaan
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Inti (KI.2) Sikap Sosial
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif dan proaktif, sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi Inti (KI.3) Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Inti (KI.4) Keterampilan
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
KOMPETENSI DASAR 3 (PENGETAHUAN)
3.1. Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
KOMPETENSI DASAR 4
(KETERAMPILAN)
4.1. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
Petunjuk Belajar
Amati dan cari informasi tentang variasi dan kombinasi keterampilan dasar bola voli seperti keterampilan permainan bola voli, manfaat bermain bola voli, dari modul ini atau sumber buku lain seperti menonton pertandingan bola voli dilayar televisi atau kepada teman ananda yang sedang bermain bola voli.
Secara bergantian ananda saling bertukar pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan dasar bermain bola voli seperti manfaat keterampilan dasar passing atas, passing bawah, servis bola voli, dan manfaat permainan bola voli bagi kesehatan tubuh kita.
Dalam mempelajari modul ini agar diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Belajar dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan ananda dalam memahami dan mematuhi langkah-langkah belajarnya.
Belajar dengan modul dapat dilakukan secara mandiri atau kelompok, baik di TKB atau di luar TKB.
Langkah-langkah yang perlu ananda ikuti secara berurutan dalam mempelajari modul ini adalah sebagai berikut:
a. Usahakan ananda memiliki buku paket Pendidikan Jasmani Kelas VII sebagai bahan pengayaan atau pendalaman materi, karena dalam modul ini diutamakan pada materi esensial/materi pokok/materi utama.
b. Baca dan pahami benar-benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan materi pokoknya dan uraian materinya.
c. Bila dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan, diskusikan dengan teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya ananda tanyakan pada guru pamong di TKB atau guru bina pada waktu tatap muka.
d. Setelah ananda merasa memahami materi pelajaran tersebut, kerjakanlah tugas-tugas yang tercantum dalam modul ini, dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku tulis ananda.
e. Periksalah hasil penyelesaian tugas tersebut melalui kunci yang tersedia. Dan bila ada jawaban yang belum betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan. Bila semua kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik ananda berhak mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru bina atau guru pamong.
Peran Guru dan Orang Tua
Peran Guru sebagai
Korektor, pemeriksa yang adil dan obyektif.
Inspirator.
Motivator
Pembimbing
Peran Orang tua
Memiliki peran pengganti guru di rumah.
Fasilitator dalam proses belajar di rumah.
Sebagai motivator, memberikan semangat dan dukungan.
Sebagai pengarah.
SELAMAT BELAJAR !
KEGIATAN BELAJAR
Inti
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik Passing/mengumpan dan Servis dalam permainan bola voli.
3.1.2. Menjelaskan gerak spesifik Passing/mengumpan dan Servis dalam permainan bola voli.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan gerakan Passing/mengumpan dan Servis dalam permainan bola voli.
Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
4.1.1. Melakukan gerak spesifik Passing/mengumpan dan Servis dalam permainan bola voli.
4.1.2. Menggunakan gerak spesifik Passing/mengumpan dan Servis dalam bentuk permainan bola voli yang dimodifikasi.
Uraian Materi Pemainan Bola Voli
Pengertian permainan bola voli adalah olah raga yang dimainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net. Tujuan dari permainan adalah melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai lawan. Setiap tim dapat memainkan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola, melambungkan dan memantulkan bola ke udara harus mempergunakan bagian tubuh mana saja (asalkan sentuhan/pantulannya harus sempurna), Jumlah pemain dalam 1 regu adalah 6 orang.
Permainan bola voli mulanya dimainkan untuk aktivitas rekreasi, untuk para usahawan. Permainan bola voli kemudian berkembang dan menjadi populer di daerah pariwisata dan dilakukan di lapangan terbuka, tepatnya di Amerika Serikat pada musim panas tiba. Selanjutnya berkembang ke Kanada. Menggunakan gerakan internasional YMCA, permainan bola voli meluas ke negara lainnya, yaitu Kuba (tahun 1905), Puerto Rico (tahun 1909), Uruguay (tahun 1912), dan Cina serta Jepang (tahun 1913).
Permainan bola voli pertama kali diciptakan tahun 1895 oleh William G. Morgan. Beliau adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Man Christian Association (YMCA) di kota Hollyoke, Massachusset, Amerika Serikat. Permaianan ini asal mulanya disebut dengan ”Mintonette:, dimana bentuk permainannya menyerupai badminton dan jumlah pemain tidak dibatasi, karena sesuai dengan tujuan dari permainan itu untuk mengembangkan kesegaran jasmani.
Tahun 1900 permainan bola voli sudah di kenal di India yang di bawa oleh seorang ahli pendidikan jasmani dari YCMA yang bernama De Gray. Sedangkan di Indonesia sudah dikenal sejak tahun 1928 yang dibawa oleh guru-guru Belanda yang mengajar di H.B.S dan A.M.S. Sejak PON II di Jakarta tahun 1951 dan sampai sekarang bola voli termasuk cabang olah raga yang resmi di pertandingkan.
Induk organisasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) yang kongres I dilaksanakan di Jakarta, tanggal 30 Mei 1955. Namun PBVSI didirikan pada tanggal 22 Januari 1955 bersamaan dengan dilangsungkan kejuaran bola voli yang pertama.
Bahan : kulit
Keliling : 65-67 cm
Sumber: Ensiklopedi Olahraga, 2003 Berat : 200-280 gram
Tekanan : 294,3-318,82 hpa
` Gambar 2.1 : Lapangan Bola Voli dengan penempatan pemain
Permainan bola voli merupakan olahraga beregu yang terdiri dari dua regu yang masing-masing regu berjumlah 6 orang.
Prinsip permainan bola voli adalah :
Melambungkan bola ke udara sebanyak-banyaknya 3 kali dalam satu regu yang kemudian diteruskan ke lapangan lawan melewati net.
Arah putaran servis searah dengan jarum jam
Servis dilakukan di luar garis belakang
Tinggi net putra: 2,43 meter; putri: 2,24 meter,
Point untuk setiap setnya 25.
Keterampilan dasar permainan bola voli adalah :
Passing Bawah
Passing Atas
Servis Bawah
Servis Atas
Smash / Spike
Blok / Membendung
Aktivitas Pembelajaran Pemainan Bola Voli
Permainan bola voli merupakan permainan bola besar beregu yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Kerja sama yang terjalin akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik pula. Tanpa kerja sama mustahil sebuah kemenangan akan didapatkan. Untuk itu diperlukan gerak spesifik permainan yang beragam, baik individu maupun tim. Jadi, bagaimanakah cara mempelajari gerak spesifik permainan bola voli yang benar ?
Gerak spesifik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Gerak spesifik permainan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya antara lain: passing bawah / atas, servis bawah / atas, smash / spike, dan bendungan.
Passing adalah mengoperkan bola kepada teman seregunya dengan gerakan tertentu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan.
Aktivitas Pembelajaran Passing Bawah .
Passing bawah dalam permainan bola voli adalah salah satu keterampilan bola voli yang sangat penting untuk dipelajari dengan baik. Passing bawah merupakan serangkaian keterampilan dengan saling mengoper bola antar teman dalam mempertahankan diri dari serangan lawan.
Selain itu, passing bawah juga dilakukan sambil menyusun strategi untuk melakukan serangan yang tepat ke area lawan. Meskipun terlihat sederhana, namun passing bawah harus dilakukan dengan tepat agar tidak merugikan tim sendiri.
Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa cara melakukan passing bawah yang tepat:
Posisi siap
Sebelum menerima passing bola dari teman, lakukan posisi siap terlebih dahulu. Posisi siap dalam permainan bola voli adalah dengan membuka kaki selebar bahu, lalu tekukkan kaki sedikit dan condongkan badan agak ke depan. Posisi siap seperti ini akan membantu menopang tubuh untuk menerima dorongan dari passing bola nantinya.
Posisi lengan
Rapat kan kedua lengan hingga kepalan tangan. Pastikan posisi kedua ibu jari sudah sejajar agar tangan siap menerima lemparan bola.
Gambar 2.2 : Keterampilan dasar passing bawah
Menyambut bola
Pastikan kedua lengan tetap sejajar. Ayunkan kedua lengan ke arah datangnya bola dan pukul bola tepat di atas pergelangan tangan atau bagian prosimal lengan.
Gambar 2.3 : Keterampilan menyambut bola dalam Passing Bawah
Tak hanya mensejajarkan posisi lengan, tapi juga pastikan kaki dalam keadaan lurus. Ubah posisi kaki yang tadinya sedikit ditekuk menjadi lurus ketika melakukan pukulan bola ke arah teman satu tim.
Selalu pastikan untuk memperhatikan gerakan bola saat melakukan pukulan passing bawah. Pukul bola agak jauh dari badan agar pukulan tepat mengenai lengan tangan. Lakukan pukulan atau passing dengan tetap mengepalkan kedua tangan dengan kuat.
Posisi lanjutan
Setelah melakukan passing bawah, jangan langsung melakukan posisi rileks. Tetap pertahankan posisi siap dan kembali tekukkan kaki sedikit. Perhatikan kembali kedatangan bola yang harus segera disambut dengan baik.
Gerakan passing bawah dapat dilakukan dengan cara: melakukannya sendiri, berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan passing bawah, ananda diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran passing bawah antara lain berikut ini.
gerakan memantulkan bola ke lantai kemudian melambungkan bola dengan kedua tangan permainan bola voli berikut ini. Berdiri tegak, kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang. Pantulkan bola ke lantai. Pada saat bola melambung, lalu bola tersebut dipassingkan dengan kedua tangan. Poros atau pusat gerakan berada pada kedua bahu.
Gambar 2.4 : Melakukan Keterampilan dasar passing bawah sendiri
Gambar 2.5 : Melakukan Keterampilan dasar passing bawah berpasangan
Gambar 2.6 : Melakukan Keterampilan dasar passing bawah berkelompok
Itulah berbagai contoh aktivitas pembelajaran bola voli yang dapat dilakukan sendiri, berdua, bertiga ataupun berkelompok, Lakukan pembelajaran ini secara berulang-ulang di tempat dan dilanjutkan dengan gerakan maju-mundur serta menyamping.
Aktivitas Pembelajaran Passing Atas.
Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran passing atas antara lain berikut ini :
Sikap awal :
Berdiri tegak dengan lutut agak ditekuk seperti hendak melangkah.
Sikap tangan di depan atas muka dengan ujung jari-jari tangan saling berhadapan membentuk seperti mangkok.
Gerakannya :
Sebelum menyentuh bola posisi kaki agak dibengkokkan / jongkok.
Saat bola tersentuh serta tangan lurus ke atas bersamaan dengan tungkai diluruskan.
Lecutan pergelangan tangan setelah melepaskan bahu harus ada.
Gambar 2.7 : Melakukan Keterampilan dasar passing atas
Gerakan passing atas dapat dilakukan dengan cara: melakukannya sendiri, berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan passing atas, ananda diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin.
Bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran passing atas antara lain sebagai berikut ini :
Ananda berbaris 3-4 orang saling berhadapan di depan net voli, lalu melakukan passing atas setelah melakukan ananda berlari ke seberang net untuk berdiri di belakang temannya.
Gambar 2.8 : Melakukan variasi Keterampilan dasar passing atas
Bermain bola voli dengan peraturan permain yang disederhanakan sekali yaitu ananda saling berhadapan dan langsung bermain bola voli dengan hanya menggunakan Keterampilan passing atas saja.
Gambar 2.9 : Melakukan variasi sederhana bermain passing atas
Aktivitas Pembelajaran Keterampilan Dasar Servis Bawah
Servis Bawah adalah servis yang sangat sederhana dan diajarkan terutama untuk pemain pemula. Gerakannya lebih alamiah dan tenaga yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
Ananda diminta untuk mengamati dan meragakan cara melakukan gerakan servis bawah permainan bola voli berikut ini :
Berdiri dengan kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang.
Bola dipegang oleh tangan kiri.
Kemudian lambungkan bola setinggi bahu.
Lalu pada saat yang bersamaan lengan kanan diayunkan ke belakang, seterusnya pukul bola dengan tangan kanan.
Perkenaan bola tepat pada tangan, dan telapak tangan mengahadap ke arah bola.
Pukulan dilakukan dengan tangan dalam keadaan mengepal.
Setelah bola dipukul, diteruskan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan.
Gambar 2.10 : Melakukan Keterampilan dasar gerakan servis bawah
Ananda diminta untuk mengamati dan meragakan gerakan servis bawah menggunakan atas net atau tali yang dipasang melintang. Untuk tahap pertama dari jarak 3 meter (garis serang). Tahap kedua dari jarak 6 meter. Tahap terakhir dari belakang garis lapangan permainan bola voli berikut ini.
Bentuklah regu setiap regu terdiri dari 3-4 orang.
Berdiri berhadapan dengan jarak 9 meter dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan kedua lutut sedikit ditekuk.
Lakukan pukulan servis bawah dan temanmu menangkap bola tersebut.
Gambar 2.11 : Variasi Keterampilan dasar servis bawah dengan melewati net
Jika sudah lancar melakukan servis bawah dengan jarak 3 meter, maka ananda dapat menambah jarak 6 meter dan 9 meter.
Kegiatan Pembelajaran Bermain Bola Voli Yang Dimodifikasi
Tujuan permainan bola voli adalah memperagakan gerak spesifik dan taktik memainkan bola di lapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. Gerak spesifik memainkan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya adalah passing bawah, passing atas, dan servis.
Bentuk-bentuk variasi-variasi bermain bola voli antara lain berikut ini :
Aktivitas pembelajaran bermain bola voli dengan melewati net / tali.
Ananda diminta untuk mengamati dan meragakan aktivitas bermain bola voli dengan melewati tali berikut ini.
bentuklah regu, setiap regu terdiri dari 3-4 orang.
Pasanglah seutas tali/net di tengah lapangan dengan ketinggian 1,5 – 2 meter.
Kemudian kedua regu saling berhadap-hadapan.
Mula-mula regu ananda melempar bola ke lapangan lawan.
Kemudian regu lawan berusaha menangkapnya dan melemparkannya kembali ke lapangan lawan.
Bola tidak boleh sampai menyentuh tali.
Bila bola menyentuh net atau terjatuh di tanah, regu lawan mendapat satu angka kemenangan.
Regu yang menang ialah yang lebih dulu mencapai 15 angka (dengan selisih kemenangan paling sedikit 2 angka).
Selama pembelajaran, ananda diminta saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temannya.
Gambar 2.12 : Aktivitas pembelajaran bermain bola voli yang dimodifikasi
Selanjutnya ananda diminta untuk mendiskusikan hasil pengamatan, baik dengan teman maupun guru. Bandingkan gerakan yang ananda lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah dilakukan. Diskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.
Kegiatan pembelajaran memainkan bola dengan sentuhan ganda.
Ananda mengamati dan meragakan aktivitas bermain bola voli dengan memainkan bola dengan sentuhan ganda berikut ini :
Ananda diminta untuk mencari teman 4 atau 6 orang.
Pasanglah seutas tali/net di tengah lapangan dengan ketinggian 1,5 – 2 meter.
Kemudian kedua regu saling berhadap-hadapan.
Permainan dimulai dengan mengoperkan bola terlebih ke teman seregumu.
Setelah pukulan kedua, bola tersebut harus dipassingkan ke lapangan lawan.
Dalam permainan bola dapat disentuh dengan pukulan ganda.
Bila bola ditangkap atau dilempar berarti ananda membuat kesalahan.
Regu yang paling dulu mencapai 15 angka dinyatakan sebagai pemenang.
Selama pembelajaran, ananda diminta saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temannya.
Gambar 2.13 : Aktivitas pembelajaran bermain bola voli dengan sentuhan ganda
Ananda diminta untuk membuat kesimpulan dan catatan tentang materi pembelajaran permainan bola voli yang telah dipelajari dalam buku catatannya. Tugas tersebut dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Tugas Terstruktur / Latihan
Siapakah nama pencipta permainan bola voli ?
Sebutkan Induk Organisasi Bola Voli di Indonesia !
Lakukan langkah-langkah dalam melakukan passing atas !
Lakukan passing bawah sendiri dengan gerakan bebas mengikuti arah bola !
Penutup
Rangkuman
Tes Akhir Modul
Tes Pengetahuan
No
Aspek dan Soal Uji Tulis
Jawaban
1
2
Fakta
Sebutkan berbagai gerak spesifik passing bawah permainan bola voli.
Sebutkan berbagai gerak spesifik servis bawah permainan bola voli.
3
4
Konsep
Jelaskan berbagai gerak spesifik passing bawah permainan bola voli.
Jelaskan berbagai gerak spesifik servis bawah permainan bola voli.
5
6
Prosedur
Jelaskan cara melakukan berbagai gerak spesifik passing bawah permainan bola voli.
Jelaskan cara melakukan berbagai gerak spesifik servis bawah permainan bola voli.
Tes Keterampilan
Instrumen Penilaian
Lembar pengamatan proses gerak dasar Passing/mengumpan dan Servis dalam permainan bola voli.
Keterampilan penilaian dengan Uji Unjuk Kerja, Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran.
Ananda diminta untuk melakukan gerakan Passing/mengumpan dan Servis dalam permainan bola voli yang dilakukan berpasangan, berkelompok atau dalam bentuk bermain.
Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek () pada kolom yang sudah disediakan, setiap ananda menunjukkan atau menampilkan gerak yang diharapkan.
Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak Spesifik
No
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik
Cukup
Kurang
(3)
(2)
(1)
1
Sikap awalan melakukan gerakan
2
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
3
Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Maksimal (9)
Daftar Pustaka
Ma`mun, Amung dan Subroto, Toto. 2004. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Permainan Bolavoli: Konsep dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Olahraga.
Muhajir, 2016, Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Kemendikbud
https://calonatlet.com/voli/Keterampilan-dasar-bola-voli/attachment/passing-atas/
http://desyyunitautami.blogspot.com/2017/05/makalah-ketrampilan-dasar-bola-voli.html
https://Keterampilandasar-olahraga.blogspot.com/2017/03/Keterampilan-dasar-passing-atas-pada.html
https://www.freedomsiana.id/cara-melakukan-passing-atas-dan-bawah-bola-voli-yang-benar/
https://www.pustakabelajar.com/2018/07/materi-pembelajaran-permainan-bola-besar-melalui-permainan-bola-voli.html
LAMPIRAN
Glosarium
Abstrak
adalah benda yang kasat mata, tidak jelas, dan tidak terdefinisi
Afektif
adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.
Blok
Adalah membendung serangan bola lawan di atas net voli
Cedera
luka atau disfungsi tubuh karena suatu paksaan atau tekanan fisik
Efektif
cara mencapai suatu tujuan dengan waktu yang cepat
Efisien
cara mencapai tujuan dengan sumber daya minimal namun hasil
Faktual
kejadian yang bersifat nyata
fasilitas
sarana untuk melancarkan pelaksanaan
Fundamental
bersifat mendasar
Gotong royong
bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan
Inspirator
memberikan ilham atau petujuk
Kognitif
kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual.
Kombinasi
menggabungkan beberapa obyek
Konkrit
nyata
Konseptual
sebuah fakta atau data yang sudah di proses agar lebih mudah di fahami
Korektor
pemeriksa yang adil dan obyektif
Modifikasi
merubah sesuatu agar lebih menarik
Modul
paket belajar yang berisi satu unit materi pembelajaran
Motivator
memberikan dorongan agar lebih semangat dalam belajar
Passing
adalah gerakan mengumpan dengan cara melempar bola kepada rekan
Prosedural
sifat bahan yang kembali dengan sendirinya ke bentuk semula
Psikomotor
menitikberatkan kepada kemampuan fisik dan kerja otot
Ranah
Bagian atau elemen
Rileks
Santai tidak kaku
Servis
adalah pukulan pertama untuk mengawali permainan bola voli
Smash/Spike
adalah gerakan memukul bola dengan keras dan menukik tajam
Sportif
bersifat ksatria, jujur
Teloransi
saling menghormati dan menghargai
Kunci Jawaban
Tugas Terstruktur / Latihan
William G. Morgan
PBVSI
Keterampilan passing atas
Sikap awal :
Berdiri tegak dengan lutut agak ditekuk seperti hendak melangkah.
Sikap tangan di depan atas muka dengan ujung jari-jari tangan saling berhadapan membentuk seperti mangkok.
Gerakannya :
Sebelum menyentuh bola posisi kaki agak dibengkokkan / jongkok.
Saat bola tersentuh serta tangan lurus ke atas bersamaan dengan tungkai diluruskan.
Lecutan pergelangan tangan setelah melepaskan bahu harus ada.
Keterampilan passing bawah
Sikap awal :
Berdiri dengan salah satu kaki di depan dan kedua lutut di tekuk.
Lengan dirapatkan hingga siku.
Kedua tangan dirapatkan mengepal dengan ibu jari diatas posisi sejajar.
Gerakannya :
Jika tanpa bola : ayunkan lengan dari bawah ke atas dengan posisi harus lurus setinggi bahu.
Lakukan dengan bola, sumber gerakan dari pangkal bahu hingga kedua kaki lurus.
Tes Akhir Modul Pengetahuan
Pedoman penskoran
Penskoran
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
Pengolahan skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan ananda: SP
Nilai sikap yang diperoleh ananda: SP/24 X 100
Tes Akhir Modul Keterampilan
Pedoman Penskoran
Sikap Awalan Melakukan Gerakan
Skor baik jika : Ambil posisi sikap siap normal, pada saat tangan akan dikenakan pada bola, segera tangan dan juga lengan diturunkan, tangan dan lengan dalam keadaan terjulur ke bawah depan dan lurus.
Skor Sedang jika : Hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : Hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar
Sikap Pelaksanaan Melakukan Gerakan
Skor baik jika : Berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut direndahkan rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan.
Skor Sedang jika : Hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : Hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Sikap Akhir Melakukan Gerakan
Skor baik jika : Pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola, badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki lengan yang mempassing bola berada di depan dengan posisi badan rileks.
Skor Sedang jika : Hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : Hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
Pengolahan skor
Skor maksimum : 9
Skor perolehan ananda : SP
Nilai keterampilan yang diperoleh ananda : SP/9 X 100
Lembar pengamatan penilaian hasil gerak spesifik passing bawah dan servis bawah dalam permainan bola voli.
Penilaian hasil gerak passing bawah
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk gerak spesifik passing bawah dilakukan ananda selama 30 detik dengan dengan cara:
Ananda berdiri dengan memegang bola. Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” ananda mulai mempasingkan bola setinggi 242 centimeter. Petugas menghitung ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukan oleh ananda. Jumlah ulangan/pantulan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan Nilai
Predikat Nilai
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… ≥ 17 kali
…… ≥ 15 kali
86
- 100
Sangat Baik
14 – 16 kali
12 – 14 kali
71
- 85
Baik
11 – 13 kali
9 – 11 kali
56
- 70
Cukup
........ ≤ 10 kali
........ ≤ 8 kali
.....
≤ 55
Kurang
Penilaian hasil gerak spesifik servis bawah
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk gerak spesifik servis bawah dilakukan ananda selama
30 detik dengan dengan cara:
Ananda berdiri di belakang lapangan dengan memegang bola.
Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” ananda mulai servis bawah sebanyak enam kali servis. Petugas menghitung bola yang dapat melewati net yang dilakukan oleh ananda. Jumlah bola yang dapat melewati net yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan Nilai
Predikat Nilai
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… ≥ 18 angka
…… ≥ 15 angka
86 - 100
Sangat Baik
15 – 17 angka
12 – 14 angka
71 - 85
Baik
12 – 14 angka
9 – 11 angka
56 - 70
Cukup
........ ≤ 11 angka
........ ≤ 8 angka
........ ≤ 55
Kurang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar