Sabtu, 17 Oktober 2020

PERENCANAAN PENDIDIKAN ( RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER )

Pada Hari ini kami mengikuti perkulihan tatap muka di kelas B .Bertempat SMP 11 Rejang Lebong,Alamat Dusun Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding.Dengan Mata Kuliah "Perencanaan Pendidikan"


Ada pun materi yang di Sampaikan :

Description: D:\fisika komputasi\latihan\html\logo_unib1.png

UNIVERSITAS BENGKULU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PEDIDIKAN

JURUSAN ILMU PENDIDIKAN

PROGRAM MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

Rumpun MK

SKS

SMT

Tgl Penyusunan

PERENCANAAN  PENDIDIKAN

AP - 503

Mata Kuliah Kemampuan Khusus

3-0

1

15 Agustus  2018

OTORISASI

Pengembang RP

Koordinator RMK

Ka PRODI

Dr. Sumarsih, M.Pd.

Prof. Dr. Rohiat, M.Pd.

Dr. Manap Somantri, M.Pd

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL:

Menguasai konsep dasar dan praktis perencanaan pendidikan

( 1.h )

( 1.i )

( 2.a )
( 3.d )

( 4.a )

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik calon perencana pendidikan.

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang perencanaan pendidikan secara mandiri.

Menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan.

Mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang perencanaan pendidikan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin.

Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk jenjang pendidikan yang se level.

 

CP-MK

 

M1

M2

M3

M4

M5

M6

M7

 

M8

M9

M10

M11

M12

M13

M14

M15

M16

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar perencnaan pendidikan, antara lain meliputi: (pengertian, prinsip, dan ruang lingkup perencanaan pendidikan);

Mahasiswa mamapu mengelaborasi prasarat dan proses perencanaan pendidikan

Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa pendekatan dalam perencanaan pendidikan

Mahasiswa mampu mengelaborasi azas-azas perencanaan pendidikan

Mahasiswa mampu mengelaborasi model pendekatan sistem dalam perencanaan pendidikan

Mahasiswa mampu mengembangkan perencanaan penganggaran pendidikan atau Planning Programming  Budgetting System (PPBS) for Education.

Ujian Tengah Semester

Mahasiswa mampu mengelaborasi perencanaan strategis satuan/bidang garapan pendidikan.

Mahasiswa mampu mengembangkan rencana operasional satuan/bidang garapan pendidikan.

Mahasiswa mampu menggunakan berbagai teknik proyeksi dalam penyusunan rencana peningkatan/ pengembangan pendidikan (Analisis Proyeksi, Analisis Kohort, Peramalan/Kecenderungan, teknik delfi)

Mahasiswa mampu memanfaatkan teknik statistik untuk perencanaan peningkatan/pengembangan pendidikan

Mahasiswa mampu mengembangkan rencana pengembangan satuan pendidikan/sekolah/kelembagaan.

Mahasiswa dapat menghitung kebutuhan penyiapan kepala sekolah.

Ujian  Akhir Semester

 

Diskripsi Singkat MK

Mata kuliah perencanaan pendidikan mengandung materi tentang konsep dasar, tujuan, jenis, prinsip, pendekatan perencanaan pendidikan, alternatif pendekatan dalam perencanaan, langkah-langkah perencanaan pendidikan, dan beberapa teknik dalam perencanaan pendidikan.

 

Bahan Kajian/ Materi Pembelajaran

1.     Pengertian, prinsip, dan ruang lingkup perencanaan pendidikan.

2.     Pentingnya perencanaan pendidikan

3.     Proses perencanaan pendidikan.

4.     Beberapa pendekatan dalam perencanaan pendidikan.

5.     Azas-azas perencanaan pendidikan.

6.     Pendekatan sistem dalam perencanaan pendidikan

7.     Perencanaan strategis kelembagaan.

8.     Perencanaan operasional kelembagaan.

9.     Mampu merancang dan menganalisis Planning, Programming, and  Budgeting System  (PPBS) untuk sektor Pendidikan

10. Metode statistik dalam perencanaan pendidikan.

11. Analisis proyeksi dan kecenderungan dalam pengelolaan pendidikan.

12. Proyeksi penuntasan wajib belajar dan peningkatan mutu pendidikan.

13. Proyeksi kebutuhan penyiapan kepala sekolah dan Pengawas Sekolah

14. Studi kasus pengembangan kelembagaan pendidikan.

 

Pustaka

Utama

Manap Somantri. (2014). Perencanaan Pendidikan. Bogor, IPBPress.

Trull & Banghart. (2010). Educational Planning. National Institute of Educational Planning and Administration. Naurang Rai, Conspt Publishing Company.

Pendukung :

Gaffar, Fakry. 1987.Perencanaan Pendidikan: teori dan Metodologi. Jakarta: Depdikbud, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Group Traning Cource In Educational Planning and The Application of the Educational Simulation Model. 1974. Pre Cource Corespondence Programme. UNIT I -8. Unesco Regional Office for Education in Asia, Bangkok 1974.

Deddikbud. (1998) Pedoman dan Mekanisme Penentuan Lokasi Sekolah. Deddikbud dan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta.

Pidarta, Made. 1990. Perencanaan Pendidikan Partisipatori. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Raza, Monis. 1986. Educational Planning a Long Term Perspective. National Institute of Educational Planning and Administration. Naurang Rai, Conspt Publishing Company.

Sauvageot, Claude. 1997. Indicator for educational Planning: A Practical Guide. IIEP-Unesco. Http://www.unesco.org/iiep.

Scheerens, Jaap. 2008. Improving Shool Effektiveness. IIEP-Publication. UNESCO. / Web site: http://www.unesco.org/iiep

Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4 ed. Boston. Pearson.

Media Pembelajaran

Perangkat lunak :

Perangkat keras :

Spread Sheet & Aplikasi MS Office, Zoom Meeting, dan Aplikasi

Laptop, Camera, Andorid, LCD, Projector, e-Library, dan

Dan Aplikasi Lainnya.

Peramgkat penunjang lainnya

Team Teaching

Prof. Dr. Rohiat, M.Pd.

Dr. Manap Somantri, M.Pd.

Dr. Sumarsih, M.Pd.

Dr. Zakaria, M.Pd.

Mata kuliah syarat

Anatomi Manajemen Pendidikan

Mg Ke

 

(1)

Sub-CP-MK

(sebagai kemampuan akhir yang diharapkan)

(2)

Indikator

 

(3)

Kriteria & BentukPenilaian

 

(4)

Metode Pembelajaran

[ Estimasi Waktu]

(5)

Materi Pembelajaran

[Pustaka]

(6)

Bobot Penilaian (%)

(7)

1,2

1.   Mampu mendeskripsi-kan konsep dasar pe-rencanaan pendidikan dan aplikasinya.

 

Ketepatan menjelaskan Pengertian,  prinsip, ruang lingkup, karakteristik, dan proses perencanaan pendidikan.

 

Kreteria :

·  Ketepatan dan pengisian lembar kerja.

·  Partisipasi & Presentasi

 

·  Kuliah dan diskusi

·   [TM: 2x (3x50”)]

Tugas 1: menyusun ringkasan tentang pengertian, prinsip-prinsip perencanaan pendidikan.

·  [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

·  Tugas 2 : Pengembangan peta konsep dan ruang lingkup perencanaan pendidikan.

[BT+BM: ((1+1) x (2x60)”)]

 

 

1.    Pengertian perencanaan

2.    Prinsip-prinsip perencanaan

3.    Pengertian perencanaan  pendidikan

4.    Pentingnya perencanaan pendidikan

5.    Prinsip-prinsip perencanaan pendidikan

6.    Ruang lingkup perencanaan pendidikan

7.    Kondisi dan karakteristik perencanaan pendidikan

8.    Proses perencanaan pendidikan

9.    Data dasar dalam perencanaan pendidikan

10

3

Mahasiswa mampu meng analisis beberapa pende- katan dalam  perencanaan pendidikan.

·  Ekspalasi pen-dekatan dalam perencanaan pendidikan.

 

· Penjelasan diagram alir evolusi perencanaan pendidikan.

 

Kreteria :

·  Membandingkan antar pendekatan dalam perencanaan pendidikan

·  Mendisain evolusi perencanaan unit atau bidang garapan/

·  Kuliah dan diskusi

·   [TM: 2x (2x50”)]

·  Tugas 1: studi kasus satu model perenca-naan pendidikan

·  [BT+BM: ((1+1) x (2x60)”)]

·  Tugas 2 : menbuat peta konsep kasus proses perenc. pendidikan

[BT+BM: ((1+1) x (2x60)”)]

 

 

Pendekatan dan Evolusi Proses Perencanaan Pendidikan, meliputi:

1.     Pendekatan tuntutan sosial

2.     Pendekatan ketenagakerjaan

3.     Pendekatan untung rugi

4.     Pendekatan keefektifan biaya

5.     Evolusi proses perencanaan pendidikan.

5

4

Mahasiswa mampu mengelaborasi azas- azas dalam perencanaan penidikan.

Ketepatan mengelaborasi azas-azas dalam perencanaan pendidikan

 

Kreteria :

·  Membedakan kajian antar azas dalam perenca-naan pendidikan

 

 

·  Kuliah dan diskusi

·   [TM: 2x (2x50”)]

·  Tugas 1: mengelaborasi azas- azas perencanaan pendidikan

·  [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

·  Tugas 2 : menilai keterpenuhan azas dalam perencanaan pendidikan.

[BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

 

 

Aspek Kajian Perencanaan Pendi-dikan, meliputi :

1.    Azas sosiologis

2.    Azas pedagogis

3.    Azas demografis

4.    Azas ekonomis

5.    Azas efektif

6.    Azas efisien

7.    Azas akuntabel

 

 

5

5

Mahasiswa mampu meng-elaborasi pendekatan sistem dlm perencanaan pendidikan.

 

 

 

Ketepatan mengelaborasi pendekatan sistem dalam perencanaan pendidikan pendekatan sistem dalam perencanaan pendidikan

Kreteria :

·  Ketepatan dalam mengelaborasi  pendekatan sistem.

·  Kuliah dan diskusi

·   [TM: 2x (2x50”)]

·  Tugas 1: mengelaborasi pen- dekatan sistem dalam perencanaan pendidikan.

·  [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

·  Tugas 2 : mengembangkan power poin model pendekatan sistem perenc. pendidikan

[BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

 

 

Pendekatan Sistem dalam Perencanaan Pendidikan:

1.    Definisi pendekatan system

2.    Manfaat pendekatan system

3.    Kontribusi pemecahan masalah melalui elaborasi pendekatan system dalam perencanaan pendidikan

4.    Konsep operasional dari pendekatan sistem

 

15

6

Mahasiswa mampu mengembangkan model perencanaan strategis kelembagaan

Akurasi pengembangan Perencanaan strategis

Kreteria :

·  Ketepatan dan sistematika dalam perencanaan pendidikan,

 

·  Kuliah dan diskusi

·   [TM: 2x (2x50”)]

·  Tugas 1:

mengembangkan model perencanaan strategis kelembagaan

·  [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

 

 

Perencanaan Strategis

1.    Konsep dasar perencanaan strategis

2.    Proses dan substansi dalam perencanaan strategis

3.    Visi, Misi, tujuan, dan program organisasi sebagai wujud dokumen rencana strategis

15

7

Mahasiswa mampu mengembangkan model perencanaan operasional kelembagaan .

Akurasi pengembangan  Perencanaan operasional.

Kreteria :

·  Ketepatan dan sistematika dalam perencanaan operasional.

 

·  Kuliah dan diskusi

[TM: 2x (2x50”)]

Tugas 1:

mengembangkan model perencanaan operasional kelem-bagaan

Perencanaan operasional

4.    Konsep dasar perencanaan operasional.

5.    Proses dan substansi dalam perencanaan operasional

6.    Visi, Misi, dan tujuan lembaga dalam mengembangkan rencana operasional

 

15

8

Evaluasi Tengah Semester

9

Mahasiswa mampu menjelaskan akuntabi-litas perencanaan pendidikan

Ketepatan menjelaskan  akuntabilitas perencanaan pendidikan.

Kreteria :

·  Ketepatan dalam mengelaborasi akuntabilitas perencanaan pendidikan.

 

·  Kuliah dan diskusi

[TM: 2x (2x50”)]

Tugas 1:

Identifikasi akunta-bilitas dalam peren-canaan pendidikan.

 

Akuntabilitas dalam perencanaan pendidikan:

1.    Pandangan humanisme dalam akuntabilitas

2.    Bagaimana memanfaatkan akuntabilitas dalam pendidikan

 

5

10,11

Mahasiswa  mampu mengembangkan sistem perencanaan, pemro-graman, penganggaran dan pembiayaan pendidikan.

 

Ketepatan  dalam perencanaan dan penganggaran pendidikan.

Kreteria :

·  Alokasi anggaran sesuai kebutuhan program pembia-yaan pendidikan

·  Kuliah dan diskusi

 [TM: 2x (2x50”)]

Tugas 1: mendisain program pengang-garan pembiayaan pendidikan

·  [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

Planning Programming Budgetting System (PPBS)

1.    Perencanaan (Planning)

2.    Pemrograman (Programming)

3.    Pembiayaan (Budgetting) 

4.    Manfaat mengembangkan PPBS.

10

12

Mahasiswa mampu memanfaat teknik2 sta-tistik sederhana dalam mengembangkan perencanaan pendidikan.

Statistik dalam perencanaan pendidikan

Kriteria:

Pemanfaatan teknik statistik dalam perencanaan pendidikan.

 

·  Kuliah dan diskusi

·   [TM: 2x (2x50”)]

·  Tugas 1: Teknik statistik dan proyeksi kebutuhan pengem-bangan pendidikan.

·  [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

  Pemanfaatan Statistik untuk PP:

1.      Metode Proyeksi/Peramalan

2.      Proyeksi Penduduk

3.      Proyeksi Siswa Baru

4.      Analisa Proyeksi/Kohort

5.      Proyeksi Kebutuhan Kepsek

 

10

13

Mahasiswa mampu menerapkan metode analisis cohort/perkem-bangan

 

Metode analisis perkembangan Cohort

 

Kreteria :

·  Dapat mengaplika-sikan teknik analisis kohort.

 

 

·  Kuliah dan diskusi

·   [TM: 2x (2x50”)]

·  Tugas 1: studi kasus analisis kohor kelembagaan.

·  [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

Analisis kohort satuan pendidikan.

 

10

15

Mahasiswa mampu mengelaborasi Peta dan Pemetaan Pendidikan suatu wilayah.

 

Peta dan Pemetaan Pendidikian

Kreteria :

·  Memaknai Peta Pendidikan

·  Mengelaborasi Pemetaan Pendi-dikan.

 

·  Kuliah dan diskusi

·   [TM: 2x (2x50”)]

·  Tugas 1: Elaborasi konsep pemetaan pendidikan.  

·  [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

·  Tugas 2 : menyusun pemetaan pendidikan [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)]

1.      Peta dan Pemetaan Pendidikan

2.      Tujuan Pemetaan Pendidikan

3.      Kriteria lokasi sekolah

4.      Mekanisme penentuan

 

15

16

Evaluasi Akhir  Semester

Catatan:

(1)   TM: Tatap Muka, BT: Belajar Terstruktur, BM: Belajar Mandiri

(2)   (TM : 2x (2x50”). Dibaca: kuliah tatap muka 2 kali (minggu)x 2 sksx 50 menit = 200 menit (3,33jam)

(3)   (BT + BM : (2+ 2)x (2x60”). Dibaca: Belajar terstruktu 2 kali (minggu) dan belajar mandiri 2 kali (minggu)x 2sksx 60 menit = 480 menit (8 jam)

(4)   Mahasiswa mampu merancang pengembangan atau peningkatan mutu institusi atau substansi pendidikan.  

(5)   Daftar pustaka menggunakan salah satu standar: style APA

(6)   RPS: Rencana Pembelajaran Semester, RMK: Rumpun Mata Kuliah, Prodi: Program Studi

 

 


Tidak ada komentar:

HUBUNGAN KEPOLISIAN DAN PEMERINTAH DAERAH

  HUBUNGAN KEPOLISIAN DAN PEMERINTAH DAERAH   Hubungan Kepolisian dan Pemerintah Daerah sangat penting dalam menjaga keamanan dan keter...