Pada Hari ini kami mengikuti perkulihan tatap muka di kelas B .Bertempat SMP 11 Rejang Lebong,Alamat Dusun Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding.Dengan Mata Kuliah "Perencanaan Pendidikan"
Ada pun materi yang di Sampaikan :
|
UNIVERSITAS BENGKULU FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PEDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM MAGISTER
ADMINISTRASI PENDIDIKAN |
||||||||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
|||||||||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
Rumpun MK |
SKS |
SMT |
Tgl Penyusunan |
||||||||||||
PERENCANAAN PENDIDIKAN |
AP - 503 |
Mata Kuliah Kemampuan Khusus |
3-0 |
1 |
15 Agustus 2018 |
||||||||||||
OTORISASI |
Pengembang RP |
Koordinator RMK |
Ka PRODI |
||||||||||||||
Dr. Sumarsih, M.Pd. |
Prof. Dr. Rohiat, M.Pd. |
Dr. Manap Somantri, M.Pd |
|||||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL: |
Menguasai konsep dasar dan praktis perencanaan
pendidikan |
|||||||||||||||
( 1.h ) ( 1.i ) ( 2.a ) ( 4.a ) |
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik calon perencana pendidikan. Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang perencanaan pendidikan secara mandiri. Menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan. Mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang perencanaan pendidikan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin. Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk jenjang pendidikan yang se level.
|
||||||||||||||||
CP-MK |
|
||||||||||||||||
M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7
M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 M15 M16 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar
perencnaan pendidikan, antara lain meliputi: (pengertian, prinsip, dan ruang
lingkup perencanaan pendidikan); Mahasiswa mamapu mengelaborasi prasarat
dan proses perencanaan pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa
pendekatan dalam perencanaan pendidikan Mahasiswa mampu mengelaborasi azas-azas
perencanaan pendidikan Mahasiswa mampu
mengelaborasi model pendekatan sistem dalam perencanaan pendidikan Mahasiswa mampu mengembangkan
perencanaan penganggaran pendidikan atau Planning Programming Budgetting System (PPBS) for Education. Ujian Tengah Semester Mahasiswa mampu mengelaborasi
perencanaan strategis satuan/bidang garapan pendidikan. Mahasiswa mampu mengembangkan rencana
operasional satuan/bidang garapan pendidikan. Mahasiswa mampu menggunakan berbagai
teknik proyeksi dalam penyusunan rencana peningkatan/ pengembangan pendidikan
(Analisis Proyeksi, Analisis Kohort, Peramalan/Kecenderungan, teknik delfi) Mahasiswa mampu memanfaatkan teknik
statistik untuk perencanaan peningkatan/pengembangan pendidikan Mahasiswa mampu mengembangkan rencana
pengembangan satuan pendidikan/sekolah/kelembagaan. Mahasiswa dapat menghitung kebutuhan
penyiapan kepala sekolah. Ujian Akhir Semester |
||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK |
Mata kuliah perencanaan
pendidikan mengandung materi tentang konsep dasar, tujuan, jenis, prinsip, pendekatan perencanaan
pendidikan, alternatif pendekatan dalam
perencanaan, langkah-langkah perencanaan pendidikan, dan beberapa teknik dalam perencanaan
pendidikan.
|
||||||||||||||||
Bahan Kajian/ Materi Pembelajaran |
1.
Pengertian, prinsip, dan ruang lingkup
perencanaan pendidikan. 2.
Pentingnya perencanaan pendidikan 3.
Proses perencanaan pendidikan. 4.
Beberapa pendekatan dalam perencanaan
pendidikan. 5.
Azas-azas perencanaan pendidikan. 6.
Pendekatan sistem dalam perencanaan
pendidikan 7.
Perencanaan strategis kelembagaan. 8.
Perencanaan operasional kelembagaan. 9.
Mampu merancang dan menganalisis Planning, Programming,
and Budgeting System (PPBS) untuk
sektor Pendidikan 10. Metode
statistik dalam perencanaan pendidikan. 11. Analisis
proyeksi dan kecenderungan dalam pengelolaan pendidikan. 12. Proyeksi
penuntasan wajib belajar dan peningkatan mutu pendidikan. 13. Proyeksi
kebutuhan penyiapan kepala sekolah dan Pengawas Sekolah 14. Studi
kasus pengembangan kelembagaan pendidikan.
|
||||||||||||||||
Pustaka |
Manap Somantri. (2014). Perencanaan
Pendidikan. Bogor, IPBPress. Trull & Banghart. (2010).
Educational Planning. National Institute of Educational
Planning and Administration. Naurang Rai, Conspt Publishing Company. |
||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||
Gaffar, Fakry. 1987.Perencanaan
Pendidikan: teori dan Metodologi. Jakarta: Depdikbud, Direktorat jenderal
Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga
Kependidikan. Group Traning Cource
In Educational Planning and The Application of the Educational Simulation
Model. 1974. Pre Cource Corespondence Programme. UNIT I -8.
Unesco Regional Office for Education in Asia, Bangkok 1974. Deddikbud.
(1998) Pedoman dan Mekanisme Penentuan Lokasi Sekolah. Deddikbud dan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta. Pidarta, Made. 1990. Perencanaan Pendidikan
Partisipatori. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. Raza, Monis. 1986. Educational Planning a
Long Term Perspective. National Institute of Educational Planning and
Administration. Naurang Rai, Conspt Publishing Company. Sauvageot,
Claude. 1997. Indicator for educational Planning: A Practical Guide.
IIEP-Unesco. Http://www.unesco.org/iiep. Scheerens,
Jaap. 2008. Improving Shool Effektiveness. IIEP-Publication. UNESCO. / Web
site: http://www.unesco.org/iiep Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planing, Conducting, and Evaluating
Quantitative and Qualitative Research. 4 ed. Boston. Pearson. |
|||||||||||||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat lunak : |
Perangkat keras : |
|||||||||||||||
Spread Sheet & Aplikasi MS
Office, Zoom Meeting, dan Aplikasi |
Laptop, Camera,
Andorid, LCD, Projector, e-Library, dan |
||||||||||||||||
Dan Aplikasi Lainnya. |
Peramgkat penunjang lainnya |
||||||||||||||||
Team Teaching |
Prof. Dr. Rohiat, M.Pd. Dr. Manap Somantri, M.Pd. Dr. Sumarsih, M.Pd. Dr. Zakaria, M.Pd. |
||||||||||||||||
Mata kuliah syarat |
Anatomi Manajemen Pendidikan |
||||||||||||||||
Mg Ke
(1) |
Sub-CP-MK
(sebagai
kemampuan akhir yang diharapkan) (2) |
Indikator
(3) |
Kriteria & BentukPenilaian
(4) |
Metode Pembelajaran [ Estimasi Waktu] (5) |
Materi
Pembelajaran [Pustaka] (6) |
Bobot Penilaian (%) (7) |
|||||||||||
1,2 |
1.
Mampu mendeskripsi-kan konsep dasar pe-rencanaan
pendidikan dan aplikasinya.
|
Ketepatan menjelaskan Pengertian,
prinsip, ruang lingkup, karakteristik,
dan proses perencanaan pendidikan.
|
Kreteria : · Ketepatan dan pengisian
lembar kerja. · Partisipasi & Presentasi
|
· Kuliah dan diskusi · [TM: 2x
(3x50”)] Tugas 1: menyusun ringkasan tentang pengertian, prinsip-prinsip
perencanaan pendidikan. · [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)] · Tugas 2 : Pengembangan peta konsep dan ruang
lingkup perencanaan pendidikan. [BT+BM:
((1+1) x (2x60)”)]
|
1. Pengertian perencanaan 2. Prinsip-prinsip
perencanaan 3. Pengertian
perencanaan pendidikan 4. Pentingnya perencanaan
pendidikan 5. Prinsip-prinsip perencanaan
pendidikan 6. Ruang lingkup
perencanaan pendidikan 7. Kondisi dan
karakteristik perencanaan pendidikan 8. Proses perencanaan
pendidikan 9. Data dasar dalam
perencanaan pendidikan |
10 |
|||||||||||
3 |
Mahasiswa mampu meng analisis beberapa pende- katan dalam perencanaan pendidikan. |
·
Ekspalasi
pen-dekatan dalam perencanaan pendidikan.
· Penjelasan
diagram alir evolusi perencanaan pendidikan.
|
Kreteria : · Membandingkan antar
pendekatan dalam perencanaan pendidikan · Mendisain evolusi
perencanaan unit atau bidang garapan/ . |
· Kuliah dan diskusi · [TM: 2x
(2x50”)] · Tugas 1: studi kasus satu model perenca-naan
pendidikan · [BT+BM: ((1+1) x (2x60)”)] · Tugas 2 : menbuat peta konsep kasus proses
perenc. pendidikan [BT+BM:
((1+1) x (2x60)”)]
|
Pendekatan dan Evolusi Proses
Perencanaan Pendidikan, meliputi: 1. Pendekatan tuntutan sosial 2. Pendekatan ketenagakerjaan 3. Pendekatan untung rugi 4. Pendekatan keefektifan
biaya 5. Evolusi proses
perencanaan pendidikan. |
5 |
|||||||||||
4 |
Mahasiswa mampu mengelaborasi azas-
azas dalam perencanaan penidikan. |
Ketepatan mengelaborasi
azas-azas dalam perencanaan pendidikan
|
Kreteria : · Membedakan kajian antar
azas dalam perenca-naan pendidikan
|
· Kuliah dan diskusi · [TM: 2x
(2x50”)] · Tugas 1: mengelaborasi azas- azas perencanaan
pendidikan · [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)] · Tugas 2 : menilai keterpenuhan azas dalam
perencanaan pendidikan. [BT+BM:
(1+1) x (2x60)”)]
|
Aspek Kajian Perencanaan
Pendi-dikan, meliputi : 1. Azas sosiologis 2. Azas pedagogis 3. Azas demografis 4. Azas ekonomis 5. Azas
efektif 6. Azas efisien 7. Azas
akuntabel
|
5 |
|||||||||||
5 |
Mahasiswa mampu meng-elaborasi
pendekatan sistem dlm perencanaan pendidikan.
|
Ketepatan
mengelaborasi pendekatan sistem dalam perencanaan pendidikan pendekatan sistem dalam perencanaan pendidikan |
Kreteria : · Ketepatan dalam mengelaborasi
pendekatan sistem. |
· Kuliah dan diskusi · [TM: 2x
(2x50”)] · Tugas 1: mengelaborasi pen- dekatan sistem dalam
perencanaan pendidikan. · [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)] · Tugas 2 : mengembangkan power poin model
pendekatan sistem perenc. pendidikan [BT+BM:
(1+1) x (2x60)”)]
|
Pendekatan Sistem dalam Perencanaan Pendidikan: 1. Definisi pendekatan
system 2. Manfaat pendekatan
system 3. Kontribusi pemecahan
masalah melalui elaborasi pendekatan system dalam perencanaan pendidikan 4. Konsep operasional dari
pendekatan sistem
|
15 |
|||||||||||
6 |
Mahasiswa mampu mengembangkan model perencanaan
strategis kelembagaan |
Akurasi pengembangan Perencanaan strategis |
Kreteria : · Ketepatan
dan sistematika dalam perencanaan pendidikan,
|
·
Kuliah dan diskusi ·
[TM: 2x (2x50”)] ·
Tugas 1: mengembangkan model
perencanaan strategis kelembagaan ·
[BT+BM: (1+1)
x (2x60)”)]
|
Perencanaan Strategis 1.
Konsep dasar perencanaan strategis 2.
Proses dan substansi dalam perencanaan
strategis 3.
Visi, Misi, tujuan, dan program
organisasi sebagai wujud dokumen rencana strategis |
15 |
|||||||||||
7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan model perencanaan
operasional kelembagaan . |
Akurasi pengembangan Perencanaan operasional. |
Kreteria : · Ketepatan
dan sistematika dalam perencanaan operasional.
|
·
Kuliah dan diskusi [TM: 2x (2x50”)] Tugas 1: mengembangkan model
perencanaan operasional kelem-bagaan |
Perencanaan operasional 4.
Konsep dasar perencanaan operasional. 5.
Proses dan substansi dalam perencanaan
operasional 6.
Visi, Misi, dan tujuan lembaga dalam
mengembangkan rencana operasional
|
15 |
|||||||||||
8 |
Evaluasi Tengah Semester |
||||||||||||||||
9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan akuntabi-litas perencanaan pendidikan |
Ketepatan menjelaskan akuntabilitas perencanaan pendidikan. |
Kreteria : · Ketepatan
dalam mengelaborasi akuntabilitas perencanaan pendidikan.
|
·
Kuliah dan diskusi [TM: 2x (2x50”)] Tugas 1: Identifikasi akunta-bilitas
dalam peren-canaan pendidikan.
|
Akuntabilitas dalam
perencanaan pendidikan: 1.
Pandangan humanisme dalam
akuntabilitas 2.
Bagaimana memanfaatkan akuntabilitas
dalam pendidikan
|
5 |
|||||||||||
10,11 |
Mahasiswa mampu
mengembangkan sistem perencanaan, pemro-graman, penganggaran dan pembiayaan
pendidikan.
|
Ketepatan dalam
perencanaan dan penganggaran pendidikan. |
Kreteria : · Alokasi
anggaran sesuai kebutuhan program pembia-yaan pendidikan |
·
Kuliah dan diskusi [TM: 2x (2x50”)] Tugas 1: mendisain program
pengang-garan pembiayaan pendidikan ·
[BT+BM: (1+1)
x (2x60)”)] |
Planning Programming Budgetting
System (PPBS) 1.
Perencanaan (Planning) 2.
Pemrograman (Programming) 3.
Pembiayaan (Budgetting) 4.
Manfaat mengembangkan PPBS. |
10 |
|||||||||||
12 |
Mahasiswa mampu memanfaat teknik2 sta-tistik sederhana
dalam mengembangkan perencanaan pendidikan. |
Statistik dalam perencanaan
pendidikan |
Kriteria: Pemanfaatan teknik statistik
dalam perencanaan pendidikan.
|
·
Kuliah dan diskusi ·
[TM: 2x (2x50”)] ·
Tugas 1: Teknik statistik dan proyeksi kebutuhan pengem-bangan
pendidikan. ·
[BT+BM: (1+1)
x (2x60)”)] |
Pemanfaatan Statistik untuk PP: 1.
Metode Proyeksi/Peramalan 2.
Proyeksi Penduduk 3.
Proyeksi Siswa Baru 4.
Analisa Proyeksi/Kohort 5.
Proyeksi Kebutuhan Kepsek
|
10 |
|||||||||||
13 |
Mahasiswa
mampu menerapkan metode analisis cohort/perkem-bangan
|
Metode analisis perkembangan Cohort
|
Kreteria : · Dapat
mengaplika-sikan teknik analisis kohort.
|
·
Kuliah dan diskusi ·
[TM: 2x (2x50”)] ·
Tugas 1: studi kasus analisis kohor kelembagaan. ·
[BT+BM: (1+1)
x (2x60)”)] |
Analisis kohort satuan
pendidikan.
|
10 |
|||||||||||
15 |
Mahasiswa mampu mengelaborasi
Peta dan Pemetaan Pendidikan suatu wilayah.
|
Peta dan Pemetaan Pendidikian |
Kreteria : · Memaknai
Peta Pendidikan · Mengelaborasi
Pemetaan Pendi-dikan.
|
·
Kuliah dan diskusi ·
[TM: 2x (2x50”)] ·
Tugas 1: Elaborasi konsep pemetaan pendidikan. ·
[BT+BM: (1+1)
x (2x60)”)] ·
Tugas 2 : menyusun pemetaan pendidikan [BT+BM: (1+1) x (2x60)”)] |
1.
Peta dan Pemetaan Pendidikan 2.
Tujuan Pemetaan Pendidikan 3.
Kriteria lokasi sekolah 4.
Mekanisme penentuan
|
15 |
|||||||||||
16 |
Evaluasi Akhir Semester |
Catatan:
(1) TM: Tatap
Muka, BT: Belajar Terstruktur, BM: Belajar Mandiri
(2)
(TM : 2x
(2x50”). Dibaca: kuliah tatap muka 2 kali (minggu)x 2 sksx 50 menit = 200 menit
(3,33jam)
(3)
(BT + BM :
(2+ 2)x (2x60”). Dibaca: Belajar terstruktu 2 kali (minggu) dan belajar mandiri
2 kali (minggu)x 2sksx 60 menit = 480 menit (8 jam)
(4)
Mahasiswa
mampu merancang pengembangan atau peningkatan mutu institusi atau substansi
pendidikan.
(5)
Daftar
pustaka menggunakan salah satu standar: style APA
(6)
RPS: Rencana
Pembelajaran Semester, RMK: Rumpun Mata Kuliah, Prodi: Program Studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar