Pada hari ini merupakan pertemuan pertama.Perkuliahan kami di semester 2 Jurusan Magister Administrasi Pendidikan.Di mana Dosen hari ini Dr. Manap S.M.Pd yang akrap kami panggil Pak Manap.Pak Manap merupakan salah satu Dosen Universitas Bengkulu,yang kini menjabat sebagai ketua Program Study Jurusan Magister Administrasi Pendidikan (S2 MAP ).Sebelum perkuliahan di mulai,Bu Asti membagi Link Zoom Meeting agar mahasiswa bisa bergabung dan mengikuti perkuliahan secara Online.Perkuliahan secara Online pun kami ikuti.
Pemaparan Pak Manap Somantri :Menurut beliau Deskripsi Mata kuliah Supervisi Pendidikan, Monitoring dan Evaluasi Program adalah mata kuliah wajib ditempuh dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji materi tentang konsep dasar, prinsip – prinsip, model dan pendekatan, tehnik, prosedur dan metodologi dalam melakukan supervisi pendidikan, monitoring dan evaluasi program dalam bidang pendidikan dalam mendesain tercapainya tujuan pendidikan secara akuntabel, transfaran dan memenuhi standar mutu pendidikan.
Supervisi Merupakan aktivitas dan kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh seorang profesional untuk membantu guru dan tenaga pendidikan lainnya dalam memperbaiki bahan, metode dan evaluasi pengajaran dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara kontinyu agar guru menjadi lebih profesional dalam meningkatkan pencapaian tujuan sekolah.
Monitoring (bahasa Indonesia: pemantauan) adalah pemantauan yang dapat dijelaskan sebagai kesadaran (awareness) tentang apa yang ingin diketahui, pemantauan berkadar tingkat tinggi dilakukan agar dapat membuat pengukuran melalui waktu yang menunjukkan pergerakan ke arah tujuan atau menjauh dari itu. Monitoring akan memberikan informasi tentang status dan kecenderungan bahwa pengukuran dan evaluasi yansg diselesaikan berulang dari waktu ke waktu, pemantauan umumnya dilakukan untuk tujuan tertentu, untuk memeriksa terhadap proses berikut objek atau untuk mengevaluasi kondisi atau kemajuan menuju tujuan hasil manajemen atas efek tindakan dari beberapa jenis antara lain tindakan untuk mempertahankan manajemen yang sedang berjalan (egha ketiup nda ).
Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program./ Memantau perubahan, yang fokus pada proses dan keluaran. Monitoring menyediakan data dasar untuk menjawab permasalahan, sedangkan evaluasi adalah memposisikan data-data tersebut agar dapat digunakan dan diharapkan memberikan nilai tambah. Evaluasi adalah mempelajari kejadian, memberikan solusi untuk suatu masalah, rekomendasi yang harus dibuat, menyarankan perbaikan. Namun tanpa monitoring, evaluasi tidak dapat dilakukan karena tidak memiliki data dasar untuk dilakukan analisis, dan dikhawatirkan akan mengakibatkan spekulasi, oleh karena itu Monitoring dan Evaluasi harus berjalan seiring.
Evaluasi program adalah suatu unit atau kesatuan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang merealisasi atau mengimplementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang guna pengambilan keputusan. Evaluasi program bertujuan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yang telah dilaksanakan.
Kita tidak bisa hanya melakukan evaluasi, atau hanya melakukan monitoring, Seperti contohnya pada sebuah program monitoring, tidak boleh dirancang tanpa diketahui bagaimana data dan informasi akan dievaluasi dan tepat guna, sebab ketidakmampuan dalam mengumpulkan dan menyimpan data yang akan digunakan. Monitoring adalah kegiatan yang berkesinambungan.
Tujuan Mata kuliah
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa :
1. Mampu mendeskripsikan konsep dasar supervisi Pendidikan.
2. Mampu membedakan model, pendekatan dan tehnik supervisi Pendidikan
3. Mampu menganalisis tahapan supervisi Pendidikan
4. Mampu melaksanakan praktik supervisi pendidikan
5. Mampu mendeskripsikan konsep monitoring dan evaluasi program
6. Mampu mengidentifikasi komponen dan indikator program pendidikan
7. Mampu menyusun kisi-kisi dan instrumen evaluasi program
8. Mampu menganalisis data evaluasi program
9. Mampu menyusun proposal evaluasi program pendidikan
strategi perkuliahan
Strategi perkuliahan yang dikembangkan agar tujuan mata kuliah ini tercapai adalah bersifat andragogi, menyenangkan, mengembangkan kemandirian dan kreatifitas dengan metode ceramah, presentasi, diskusi, praktik dan pemberian tugas individual dan kelompok melalui pembelaran daring.
Media
1.Media yang digunakan:
2.Laptop
3.Jaringan internet ( zoom meeting, wa, dll)
Sistem Penilaian
a).Kehadiran dan partisipasi perkuliahan (5%)
b).Penugasan (30%):
a. Membuat chapter report
b. Merancang Program Supervisi
Pendidikan
b. Merancang proposal evaluasi
program pendidikan
c).UTS (30%)
d).UAS (35%)
Sumber Bacaan:
1.Alfonso, Robert, J Fith and Neviliie . Instructional Supervision : A Behavior System. Boston: Allyn and Bacon.Inc.
2.A Piet Sahertian, Konsep Dasar dan T eknik Supervisi, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta, 2008
3.Segiovanni, 1982. Supervision of Teachingh, Washington:ASCD.
4.Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2010, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
5.Farida yusuf T. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi dan Penelitian, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta
6.Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs.Washington: Jossey-Bass Publisher
Materi Perkuliahan
1. Konsep dasar Supervisi Pendidikan
2. Jenis Supervisi Pendidikan
3. Model, pendekatan dan Tehnik supervisi Pendidikan
4. Tahapan Supervisi Pendidikan
5. Permasalahan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan
6. Progam Supervisi Pendidikan
7. Konsep Dasar Monitoring dan evaluasi program
8. Komponen dan indikator program pendidikan
9. Kreteria dan Analisis Data Evaluasi Program
10. Model Evaluasi Program
11. Perencanaan evaluasi program pendidikan
12. Laporan Evaluasi Program
Itulah beberapa materi yang di paparkan oleh Pak Manap Sumantri,Selaku Dosen Matu Kuliah"Supervisi Pendidikan, Monitoring dan Evaluasi Program".Semoga bermanfaat bagi Seluruh Kepala Sekolah.Se-Indonesia,sebagai Dasar Ilmu Manajerial yang harus di kuasai oleh seorang Kepala Sekolah.
Salam Literasi
Usman Alamsyah
2 komentar:
Mantap tulisannya Pak..
Terima Kasih💪💪💪💪✍️✍️✍️✍️
Posting Komentar