Malam ini Sehabis Pulang dari liburan keluarga badan terasa sangat letih,lelah dan lesu.Karena sambil menyetor Bukti Pembayaran SPP semester 2 Kuliah S2 Jurusan MAP di Universitas Bengkulu,sang Istri dan dan kedua Anak mau ikut sambil jalan-jalan.Laju dua hari ini jalan-jalan sehingga capeknya sangat terasa.Tetapi jemari ingin sekali memainkan keyboar Laptop,karena melihat materi malam ini sangat menarik "Tips memasarkan Buku Era Pandemi Covid-19".Sebelum saya memainkan jari jemari untuk menulis,terlebih dahulu "sayng istri menyiapkan kopi hitam di atas meja"supaya sambil menulis mata bisa cerah menghadap Laptop.Asyiiiik..
Memasarkan adalah Menjual ke tengah-tengah masyarakat atau menyebar luaskan ke tengah-tengah masyarakat
Narasumber malam ini adalah Bapak Agustinus Subardana, Selaku Direktur Pemasaran Penerbit Andi.Pak Agus bercerita mengenai pemasaran buku saat pandemi memasuki tahun 2021.SIndustri Buku di Pasar Global Bertumbuh, di saat pandemi , Bagaimana dengan Indonesia?
Data yang Ia peroleh bahwa Di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat pandemi Covid-19, industri penerbitan buku justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjulan buku di global hingga akhir pekan di bulan Juli 2020 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.Masih merujuk data tersebut, genre buku yang mengalami kenaikan adalah genre “Food & Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya, pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1 juta Euro), genre Leisure & Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro), genre Personal Development tumbuh 11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Children & Young Adult Non-Fiction tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro).Lantas, bagaimana dengan Indonesia?
Diungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Rosidayati Rozalina, seperti yang Ia kutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.
Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun.
Kendati demikian, tidak semua penerbitan buku mengalami penurunan penjualan. Ada sejumlah penerbitan buku di Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang signifikan selama pandemi di 2020. Alhamdulilah puji syukur ,Penerbit Andi Offset masih bisa bertahan dan bertumbuh... Dan tahun 2021 ini.Penerbit Andi akan membuka cabang representative... (Stokis) sebanyak 120 titik di kota & kabupaten di indonesia..
Fenomena menarik di industri penerbitan buku pada masa pendemi adalah bertumbuhnya penjualan di kanal online..Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
Pertama
Faktor mikro yaitu perantara pemasok pesaing dan masyarakat
Kedua
Faktor makro yaitu demografi ekonomi politik hukum teknologi fisik dan sosial budaya
Saat ini dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang Penerbit Andi terus menjalankan faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di kunjungi ke website kami : www.andipublisher.com ).
Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
Pertama
Strategi pemasaran buku serangan udara atau online,Harus melihat betapa pentingnya transformasi digital Kenapa demikian dampak dari pandemi covid 19 telah mengubah dunia menjadi error log ekonomi atau era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau lhotak /Klotok dan keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor sektor industri terutama sektor industri perbukuan.Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja,cara belajar mengajar kehidupan keluarga,hingga aktivitas sosial yang terutama yang kita pakai adalah Digital marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku.
Penjualan buku lewat online. ini kita harus terus pro aktif untuk terus promosi supaya kita dapat menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial.Dan juga mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.Lalu menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar sedang lesu.Selanjutnya menaikkan penjualan dan profit tentunya dengan sistem online ini dan mengembangkan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing. Kita juga harus tahu itu dan membentuk citra produk di benak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan,supaya mengubah tingkah lagu atau minat beli terhadap produk kita sehingga menjadi tertarik untuk membeli dengan suatu persepsi dan juga manfaat keunggulan dari produk kita.
Kedua
Strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ).Adapun manfaat Digital marketing antara lain itu biasanya biaya lebih murah,terjangkau atau mudah dalam jangkauan,jangkauan sangat luas,mudah menentukan target pasar,buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori. yang kemudian juga komunikasi dengan konsumen lebih mudah dan lebih cepat populer Karena melakukannya di media sosial dengan cara itu lebih tepat. kita dapat populer dan sangat membantu meningkatkan penjualan dampak yang dari pakai Digital marketing ini dan mudah dievaluasi dan bisa tepat kita kembangkan.
Untuk strategi pemasaran buku lewat serangan offline atau serangan darat.Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dari penerbitan Andi dalam hal ini mempunyai penetrans di pasar buku,lewat jalur darat atau offline. ini dengan memetakan wilayah dengan membuka tiap-tiap cabang kota besar ataupun kota kabupaten yang potensial sehingga tahun ini Penerbit Andi akan buka topsis representative di 120 kabupaten atau kota di Indonesia sehingga saat ini yang sudah ada 42 cabang. ini akan gencarkan lewat membuka Toki stokis tersebut.
Strategi Pemasaran Buku lewat komunitas.ini tentunya sangat berpengaruh sekali,Jika kita mempunyai komunitas masing-masing sesuai dengan kapasitas. Untuk membentuk komunitas dan relasi contoh kalau kita punya komunitas jaringan komunikasi lewat guru dengan group-group yang ada,tentunya itu juga sarana promosi untuk juga kita bisa menawarkan menjual buku lewat komunitas ini. kita akan lebih aktif dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi. penjualan buku yang kita tawarkan kunci Kita Harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas yang kita sudah ada jaringannya.Dan Juga dapat menjaga integritas pribadi kita.Pak Agus sebagai penerbit Andi juga terus mengadakan pro aktif di komunitas pemasaran. lewat komunitas ini dengan mengadakan webinar.Mengadakan Terus aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan konsumen lewat juga channel YouTube TV Andi dan juga kita ada tema-tema yang menarik lewat komunitas-komunitas ini dengan sistem kita memberikan diskon khusus dan sebagainya.
Selanjutnya Jangan lupa Pnerbit Andi punya jaringan toko buku di Indonesia lewat Toko Buku Gramedia dan non Gramedia.Gramedia yang ada di Indonesia,ada sekitar 127 Gramedia di Indonesia.Penerbit Andi juga distribusi ke sana.Jenis Gramedia yang ada, Gunung Agung ,Togamas dan juga toko-toko buku yang lainnya.Penerbit Andi membagi menjadi 3 tentang Toko Buku ini yaitu: toko buku modern,toko buku semi modern dan,toko buku tradisional.Toko buku modern seperti toko buku Gramedia. semi modern seperti Togamas dan juga toko-toko yang sudah secara online yang sudah bisa Penerbit Andi lihat dari dampak penjualannya.Sedangkan Toko Buku tradisional itu biasanya masih tradisional karenanya mereka masih kecil tentang administrasinya yang akreditasi biasa saja tidak memakai sistem online dan segala macam katagori tradisional ini adalah tokoh-tokoh kecil yang ada di Indonesia.
Marketing di toko buku Biasanya Penerbit Andi harus bisa memenangkan display buku yang lebih menonjol dan juga harus bisa memenangkan promosi tentang potongan harga dan juga harus aktif selling di dalam toko tersebut yaitu proaktif karena dengan kondisi pandemi ini jarang orang-orang pergi ke toko buku.Tapi begitu orang tersebut masuk ke toko buku Berarti itu adalah orang yang benar-benar kepingin sekali membeli buku sehingga itulah Penerbit Andi akan proaktif melakukan penawaran langsung ke konsumen yang datang ke Toko dan juga Biasanya juga ada banner sebagai sarana promosi,ada juga semacam akrilik yang bisa di tonjolkan dan sebagainya. Itu adalah bagian-bagian promosi di dalam toko buku dan juga tak kalah penting biasanya ada informasi tentang promo-promo buku yang sedang IN saat ini. contoh yang baru berjalan saat ini di toko buku Penerbit Andi ada program promo tentang soal-soal CPNS masuk ke pegawai negeri maupun masuk ke TNI Polri. itu ada program khusus potongan harga di Gramedia dan juga ada program tentang buku-buku yang sekiranya sedang IN yaitu tentang buku-buku AKM yaitu assessment kompetensi minimum demikian yang ada saat ini di dalam toko buku.
Menurut Agus,Kita juga terus mengembangkan sistem Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
-Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
-Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
-Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Cara menentukan tema yang update (agar buku yang ditulis ) sesuai dengan keadaan pasar..
Kita bisa Memakai tema tentang Google trens. Google trens produk yang sedang IN itu apa,di situ akan ketahuan jadi dengan Google terans tersebut kita bisa menentukan tema yang cocok pada saat ini.untuk bisa menulis buku dan itu sangat baik sekali karena Google tren ini akan memberikan penjelasan yang sangat detail mengenai momen-momen atau tren pasar yang saat ini berkembang. contohnya yang saat ini sedang pasar yang sedang berkembang dan ini baru banyak diperlukan itu adalah tentang buku-buku literasi dan numerasi yaitu tentang asesmen kompetensi minimum.coba tulis tentang itu Misalkan mata pelajaran bahasa Indonesia silakan menulis tentang asesmen kompetensi minimum untuk bahasa Indonesia.
Kategori jenis buku yang sedang booming di Indonesia sehingga bisa menjadi referensi dalam membuat buku.Misalnya :lagi booming saat ini adalah buku-buku tentang pertamanan.nah ini pertamanan atau jenis-jenis tanaman ini lagi IN karena masa pandemi saat ini.Tentu banyak sekali keluarga orang-orang yang senang memelihara tanaman dan juga sekarang di toko buku banyak buku tanaman lagi Laku keras.juga lagi booming tentang masakan, buku masakan ini masih tetap kita booming.lalu yang lagi booming di tempat kita adalah cooking-cooking kecil. ini produknya produk masak-masakan yang sangat sederhana tetapi gampang di ikuti.juga masakan-masakan adalah masakan IN yang saat ini sedang digeluti oleh kaum perempuan muda khususnya untuk saat di rumah masa pandemik ini.
Trik - trik khusus supaya buku kita laku keras di pasaran.triknya untuk memasarkan produk supaya triknya bagus
Pertama
Dari sisi judul-judulnya harus menarik,trik trik tentang buku bisa fenomenal yaitu dari sisi judulnya harus marketable dunia.judulnya harus menarik perhatian konsumen dengan membaca buku tersebut.di sisi lain adalah desain cover dan segala macam. itu juga harus Kita sesuaikan kan.
Kedua
Sistem online media sosial,gerakan seluruh media sosial terus juga jangan lupa,pasarkan,promosikan ke komunitas-komunitas yang ada. dari komunitas tersebut bisa secara efektif mempromosikan brand ,supaya buku laku dan laris.
Cara memesan Buku di Penerbir Andi :
Kalau memakai dana BOS bisa masuk ke situs CV Andi offset lewat belanja.com .Nah kalau langsung pembelian langsung bisa lewat the marketing Penerbit Andi,nanti ke nomor Tim marketing.Bisa juga lewat online online di andipublisher.com.Tetapi kalau memakai dana BOS alangkah baiknya masuk ke siplah marketplace yaitu blanja.com. di situs langsung ketik CV Andi offset akan masuk di situ banyak produk Penerbit Andi.
Strategi yang paling jitu di media sosial agar bisa di lirik oleh Masyarakat atau Pembeli sehingga membuat Buku Laris di Pasaran :
Pertama
Memiliki Blog pribadi,zaman sekarang tentu dengan Blog pribadi dipandang sangat bagus untuk memasarkan produk sehingga dengan konten di blog tersebut akan banyak orang akan mencari untuk mendapatkan informasi dari produk yang di pasarkan tersebut jadi jangan lelah untuk melakukan penulisan promo di Blog pribadi.
Kedua
Upload di goodread karena banyak penulis Kondang yang mengupload cover bukunya di thread ini,sebagai salah satu part form dan aplikasi review dan rekomendasi buku terbesar di dunia.Goodread para penulis menjadikan sebagai sarana promosi yang cukup efektif ketika cover buku sudah terupload maka orang-orang yang memiliki akun di goodread bisa memberikan ranting penilaian berupa bintang dan juga bisa merekomendasikan kepada orang lain.Semakin bagus rantingnya tentu buku itu semakin disukai dan bermanfaat bagi pembaca ini yang bisa menjadi tolak ukur Untuk menggarap buku yang bisa laris.
Ketiga
Harus bisa bekerjasama dengan blogger,dengan bekerjasama dengan blogger ini Tentunya nanti kegiatan promosi buku yang di sampaikan itu akan semakin cepat tersebar sehingga postingan-postingan tersebut akan semakin banyak dan juga gratis.Di situlah Salah satu pengunjung pasti akan langsung menanggapinya.
Keempat
Sebar Melalui Instagram,ini juga saat ini sangat menentukan. jadi bisa para books Instagram bekerjasama dan juga bisa juga kerjasama dengan para reseller.Para reseller yang ada itulah nanti akan biasanya membantu untuk mengupload di media sosial yang ada dan mereka sudah punya komunitas.
Keempat
Beriklan di Facebook,ini juga sangat bagus Facebook sangat relatif cepat tersebar.
Kelima
jangan lupa mengadakan giveaway.Giveaway ini terbilang Salah satu cara yang cukup efektif untuk mempromosikan buku.Banyak orang tentu ingin mendapatkan buku gratis tanpa mengeluarkan uang sepersen pun.kita bisa membagikan 1 atau 2 buku gratis kepada orang yang beruntung.Nah seorang yang memenangkan giveaway ini secara sukarela akan merekomendasikan buku itu kepada orang lain.
Mendapat materi malam ini,merupakan Ilmu baru bagi Penulis pemula,karena bisa menjadi Patokan untuk bahan tulisan,sehingga kita tahu apa yang lagi IN atau ngeterens atau yang menjadi bahan perbinjangan yang membuat Buku Tulisan akan laku dan laris pasaran.Mudah-mudahan Penulis pemula seperti saya bisa menulis Buku yang lagi ngeterens atau BOOMING.
Salam Literasi
Usman Alamsyah
2 komentar:
resume yang lengkap, enak dibacanya
semangat berkarya, semangat menginspirasi
Terima Kasih sudah mampir💪💪💪✍️✍️✍️✍️
Posting Komentar