Selasa, 23 Februari 2021

Tips Memperkenalkan Game melalui"CODING"Terhadap Anak Usia Dini




Pada pagi hari ini mengikuti Webinar yang di adakan oleh Penerbit Andi dan Andi Academi yang sangat menarik,berikut ulasannya:

Selamat pagi assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera untuk anda semua.Kembali lagi bertemu dalam program Andi Academy sebuah program dari penerbit Andi untuk anda dapat bersama-sama berbagi ilmu pengetahuan serta informasi yang bermanfaat bagi kemajuan Nusa dan Bangsa.Pada pagi hari ini penerbit Andi kembali mendapat kehormatan untuk bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia dan KOGTIK PGRI menyelenggarakan event daring yang akan membahas tema yang amat sangat menarik tentang "bagaimana memperkenalkan coding pada anak-anak sejak usia dini"Pagi ini kembali Andi Academy akan mengajak anda bapak/ibu guru dan saudara yang hadir dalam acara ini untuk bersama-sama mencermati dan belajar bersama tentang perkembangan dunia anak-anak anda termasuk secara khusus adalah bagaimana mereka menghadapi adaptasi teknologi yang begitu cepat saat ini.Jika belasan atau bahkan puluhan tahun yang lalu coding atau Pemprograman adalah konsumsi orang dewasa mungkin anda baru mempelajarinya di bangku SMA atau bahkan di bangku perkuliahan.Zaman kini atau hari-hari kini sudah mulai banyak mendapati anak-anak anda belajar coding atau bahkan menghasilkan aplikasi dan game-game yang luar biasa.Mungkin banyak diantara anda yang masih terkejut atau heran "Bagaimana di usia mereka yang begitu mudah, mereka sudah begitu Mahir untuk bermain coding bahkan menghasilkan aplikasi dan game.


Pada hari ini Penerbit Andi dan Andi Academi akan memperbincangkannya bersama,akan sharing dan akan berbagi.Untuk itu Andi Academy akan mendatangkan dan menyambut seorang ibu yang telah lebih dari 25 tahun mengabdikan dirinya untuk mengajari anak-anak Indonesia tentang "ilmu komputer". Beliau adalah Ibu Maria Magdalena Sumakul.


Ibu Maria Magdalena Sumakul sudah menyempatkan untuk hadir bersama anda semua secara daring.Pada sesi yang sangat menarik ini,Ibu Maria ini seperti yang di ketahui bersama,sudah memiliki pengalaman mengajar yang luar biasa.Ibu Maria Magdalena Sumakul sudah mengajar lebih dari 25 tahun berbagi ilmu pengetahuan khususnya bidang ilmu komputer kepada anak-anak.Beliau sudah mengajar saat ini di SMP Tarakanita 3 dan SMP Tarakanita 5 Jakarta dan juga SD Regina caeli Cileungsi.Kemudian sebelumnya Beliau juga pernah mengajar di SD Tarakanita Gading Serpong,TK SD Tarakanita 13,kemudian SD Mather They Pamulang PKS,SD Santa Ursula BSD juga beliau aktif dalam pelatihan anak autis Pelangi Harapan di Pulomas.kemudian juga pernah mengajar di TK SD tirtamarta BPK Penabur.kemudian juga pernah mengajar di SD Pangudi Luhur Jalan Haji Nawi.Pengalaman beliau mengajar selama ini selain juga beliau telah berhasil membawa anak-anak didiknya untuk memenangkan berbagai macam kompetisi dan perlombaan skala nasional maupun internasional di bidang teknologi informasi. Diantaranya adalah menjuarai Kejuaraan tingkat internasional memenangkan juara 3 SD Tarakanita pada tahun 2012,kemudian juga dua kali memenangkan Indonesia information and communication teknologi Awards juara I.Pada tahun 2009 dan 2010 sebagai juara 2 kemudian juga membawa Tim SD Tarakanita 1 memenangkan juara 1 I Need A pada tahun 2013.Anda bapak/ibu guru bisa melihat luar biasa prestasi dari tim-tim yang pernah beliau bimbing dalam memenangkan berbagai kejuaraan atau kompetisi.


Pada pagi hari ini semoga beliau bisa memulai sharing dan berbagi hal yang menarik dan bermanfaat bagi anda semua.selain Ibu Maria Magdalena sumakul,Andi Academy juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Bapak Bambang Soesatyo Yanto sebagai ketua KOGTIK PGRI.Andi Academy  juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wijayakusuma Selaku Sekjen KOGTIK PGRI.Andi Academy juga  ucapkan selamat datang kepada Bapak Joko Irawan mumpuni,Bapak Edi S mulyanta dan Bapak Agustinus sumber dana dari penerbit Andi.


Kata Sambutan dari Pak Bambang Setyanto sebagai ketua KOGTIK PGRI yaitu :

Terima kasih Assalamualaikum Warahmatullih wabarkatu,Salam sejahtera buat kita semua,Yang selalu dilindungi Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Kami dari komunitas KIGTIK PGRI,Sangat mendukung.Semoga pembelajaran tetap Lancar sampai Covid-19 hilang.Itu harapan kita semua.Bu Maria dan teman-teman semua yang mungkin tidak bisa di Sebutkan satu persatu mudah-mudahan acara berlangsung dengan baik,bersama kita pahami untuk Guru SD kurang Launcing di pelatihan KOGTIK.Pelatihan untuk Guru SD waktu dan tempat yang baik bekerjasama dengan KOGTIK dengan teknik  hari apa,pada umumnya, yang lain juga bisa mengikuti seperti SMP dan SMA pada umumnya.Kenapa guru SD di utamamakan,Karena guru SD masih banyak yang belum tahu dan belum mengerti apa saja yang perlu diberikan ke anak didiknya.Perlu di ketahui KOGTIK itu di kelas 4,5 dan 6 umumnya bisa di ajarkan,mudah-mudahan bapak/ibu guru yang mengajar di SD bisa mengikuti acara tersebut berlangsung berlanjut untuk Event-event pelatihan .Om Jay yang mengatur untuk acara tersebut.Saya dan teman-teman KOGTIK  untuk Guru-guru SMP dan SMA juga latihan mempromosikan.Kalau bisa nanti latihan setiap hari,apakah KOGTIK yang mengajar atau TV Andi,saya selalu Ketua KOGTIK PGRI mendukung acara tersebut.Ini salah satu cara Launchinng yang bagus.Terima kasih banyak dan saya kemarin juga sudah memberikan yang khusus juga,untuk mengikuti acara ini.mohon Maaf semoga acara ini berlangsung dengan bersama-sama membantu dari belakang saja.Wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Kata Sambutan dari Pak Joko Mumpuni yaitu :

Terima kasih atas waktunya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,Selamat pagi salam sejahtera untuk kita semua,yang saya hormati Ibu Maria Magdalena Sumakul, terima kasih sudah berkenan menjadi narasumber,yang kami hormati juga dan Pak Bambang sahabat saya,ini kita lihat beliau tampak lebih muda padahal Lockdown di rumah, tampak lebih mudah dan  segar begitu.Semoga kawan-kawan peserta semua sehat-sehat.Pada pagi hari ini Bapak dan Ibu guru mendidik anak-anak sejak dini di tiga bidang yang penting yaitu bidang literasi,numerasi dan Coding .Coding sangatlah penting,nah pagi ini memperkenalkan Coding pada anak-anak adalah hal yang menarik.Bentuknya dengan melatih anak-anak ini,anak-anak kita akan terbiasa dengan berpikir logis,berpikir sistematis dan kreatif,sehingga kelak, jika anak-anak ini menghadapi persoalan masalah dalam hidupnya,maka anak-anak ini akan menyelesaikan dengan algoritma yang baik dengan hasil yang pasti.Anak-anak akan menjadi anak-anak yang mudah dan sukses, anak-anak yang suka bermain tidak bisa ditekan sedemikian rupa.Oleh sebab itu hari ini akan sangat bermanfaat untuk kita semua karena apa yang akan kita diskusikan "memperkenalkan Coding yang menyenangkan untuk anak-anak sejak dini". jadi akan sangat menarik karena itu saya,ucapkan Selamat mengikuti webinar hari ini.Semoga bermanfaat,mohon maaf jika ada kekurangan dalam pelayanan kami dari saya TV Andi, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Bagaimana memperkenalkan coding pada anak-anak di usia dini?

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menulis kode atau skrip dalam bahasa pemrograman.Coding merupakan kegiatan yang di mana memberitahukan komputer apa yang harus Komputer kerjakan..


Untuk kesempatan ini Ibu Maria bisa sharing untuk anda bapak/ibu guru,baik guru SD ataupun guru SMP atau guru SMA,terlebih orang tua yang saat ini,memang belum mengerti apa sih coding itu? Pengalaman beliau waktu memperkenalkan Coding memang awalnya,anak-anak mendengar kata pemprograman itu sedikit agak "jelimet"(rumit/sulit).Mereka berpikiran bahwa pemrograman itu,terlalu sulit karena kalau anda melihat penulisannya.Kalau dulu belum ada istilah "coding".Bahasa Coding itu baru terkenal beberapa tahun ini.kalau waktu zaman Bu Maria memperkenalkan dengan anak-anak saat itu mereka masih mengenalnya dengan istilah  "pemrograman".jadi buat anak SD itu pemrograman adalah suatu hal yang rumit/sulit apalagi waktu Mereka melihat istilah coding.


Untuk itu supaya mereka mau belajar coding.Bu Maria berusaha,memperkenalkan dengan anak didiknya dengan memperlihatkan beberapa game yang ada di internet,seperti pada saat itu game yang di senangi terutama "Flappy Bird".ini gamenya sangat sederhana tapi disukai banyak orang.Game ini mudah,Bu Maria Perkenalkan kepada anak didiknya.Lalu beliau buka ada yang di ambil gambarnya,beliau kasih lihat ke anak didiknya.Ada beberapa game yang waktu itu yang anak didik bu Maria suka. Gamenya banyak.Ada game tembak-tembakan.Nah dari situ bu Maria perlihatkan ke anak didiknya.ini sangat menarik buat anak didik beliau sehingga anak didiknya bicara"Ibu juga tahu ya game Kyak gini"" ya Ibu tahu game ini". karena anak didik Bu Maria berpikir,Nggak mungkin Ibu Maria main game seperti itu.


Pada saat itu anak didiknya bu Maria berpikiran bahawa Ibu Maria orangnya serius karena mereka lihat dari tampilan beliau tegas dan serius ke mereka ,mereka nggak berpikir bahwa Bu Maria pun juga melihat perkembangan anak didiknya saat itu melalui game-game yang ada dan ibu Maria ikut main "Iya Ibu main,ibu lihat tapi Ibu main untuk bersenang-senang"Ibu bilang "ibu main Hanya ibu melihat,ini gamenya buatnya Seperti apa",akhirnya beliau bilang ke anak-anak didiknya "sebetulnya anak-anak pun bisa membuat game seperti ini".Nah dari situ Bu Maria memperkenalkan anak didiknya dan  mengajak mereka untuk perkenalan game,Beliau ceritakan ke anak didiknya. Akhirnya beliau mengajarkan,mengajak anak didiknya untuk belajar coding.Bu Maria mencari beberapa coding  untuk anak didiknya.


Ibu Maria melihat bahwa coding yang ada memang terlalu sulit buat anak didik karena memang anak-anak tidak bisa dipaksa,apalagi untuk berbuat.Contoh mereka menulis aja kadang malas,apalagi anda guru-guru menyuruh mereka untuk membuat sintaks(Perintah-perintah dalam bahasa coding).Akhirnya Bu Maria mencari waktu.Saat itu Elis.Kebetulan bu Maria juga ikut dalam program,waktu itu dengan Oracle.Beliau melihat dan mencoba belum membukannya tidak bisa-bisa.Ada beberapa anak memang bisa tapi belum mahir atau kurang.Akhirnya beliau diperkenalkan teman dengan satu program yang unik.karena ada permainan gambar sehingga di situ bu Maria pelajari dan Kebetulan beliau Perkenalkan ke anak dari anak kelas 1 SD.Bu Maria mencoba memperkenalkan dan mereka senang.Awal-awal memang bu Maria mengajarkan ke anak didiknya kalau mau membuat game.Anak didiknya tidak langsung bisa membuat game tapi ada tahapan "step by stepnya" yang harus mereka pelajari.Dari situ bu Maria merangsang anak didiknya untuk mau belajar game.Belajar membuat game pertama belajar animasi dulu,setelah di ajarkan animasi kemudian "step by step"(bertahap).setelah mahir terus baru di masukkan Skor sederhana.jadi game yang hanya sampai skor dulu.itu pun anak didiknya sudah seneng nya minta ampun.Kata anak didiknya " Loh ternyata aku bisa buat game".Anak didik Bu Maria senang banget.Setelah itu anak didiknya mencoba sendiri.Kata Motivasi bu Maria ke anak didiknya"Kamu pasti bisa,nggak mungkin nggak bisa karena ini semuanya kalau kamu mau pelajari pasti bisa".jadi akhirnya anak didik bu Maria belajar membuat game,awalnya di perkenalkan game mencari jejak. 


Setelah itu anak didik beliau saling mencoba.Bu Maria bilang ke anak didiknya "untuk lebih menariknya lagi anak-anak harus membuat game yang lebih seru lagi,Pertama memang skor tapi selain itu anak-anak harus ada Games seperti "lewat di sini"jika bisa ada hadiah yang bisa diambil.terus lebih bagusnya lagi anak-anak harus ada tantangan".anak didiknya di tuntun "step by step". jadi setelah membuat skor terus juga di buat tantangannya.kalau kena ini berarti nilai berkurang jadi semakin banyak variasinya game yang di buat.Games anak didik bu Maria semakin menarik akhirnya anak didik Seneng,terus temennya di ajak "Ayo dong,Tolong dong,Coba kirim aku,ini dong".jadi kelas yang hidup anak didik berusaha membuat game yang menurut mereka unik karena memang bu Maria selalu mengajarkan ke anak-anaknya."ini Ibu hanya memberi contoh,tapi anak-anak harus membuat sesuai dengan keinginan anak-anak atau pikiran anak-anak jangan contoh Ibu secara utuh,ini maksudnya kalian jangan benar-benar ambil sesuai contoh ibu tapi dikembangkan oleh kalian,Kalian harus mengembangkan dan mempunyai imajinasi sendiri ,kalau ibu bikin seperti ini kamu coba dengan bentuk seperti ini tapi kamu berimajinasi sendiri".Ungkap bu Maria.


Beberapa anak yang akhirnya buat Gamenya,sedikit keras.Nah di situlah peran sebagai seorang guru.Suruh anak-anak mencoba membuat game yang ada manfaatnya.Membuat game berkelahi tidak dilarang tapi di sarankan lebih baik anak-anak membuat game yang bersifat mengajak teman-teman untuk bersih lingkungan atau saling mengasihi.Nah dari situlah anda guru-guru bisa sebetulnya dalam membuat anak didik melalui game menanamkan nilai-nilai lebih kepada anak,nilai-nilai karakter mereka sehingga mereka nantinya menjadi seorang anak gamer yang baru.Mereka benar-benar menciptakan game yang bermanfaat buat banyak orang,bukan hanya untuk dirinya sendiri ,bukan hanya kepuasan dirinya sendiri tetapi juga buat orang lain dan teman-teman sekelilingnya .sebetulnya anak SD sudah mampu.Anda sebagai Guru  memang harus mengajarkan Coding.Bu Maria melihat dari referensi-referensi buku luar negeri,bahkan di Amerika ,Kanada India,dari TK sudah di ajarkan Coding.Di  Indonesia yang terbelakang sampai saat ini belum ada sekop .


Ternyata untuk membangkitkan minat anak belajar coding ini,Bu Maria memancing rasa penasaran anak didiknya sehingga  antusiasme,penasaran mereka,dari hal-hal yang mereka di sukai terlebih dahulu.kemudian dicarikan oleh Bu Maria formula atau pendekatan bahasa pemrograman juga pengembangan algoritma yang paling sederhana.Ibu Maria mendorong dalam penyampaian yang sangat sangat sederhana,namun bisa diterima oleh anak-anak dengan mudah tentang memperkenalkan coding sehingga tidak lagi rumit seperti di pelajari di bangku perkuliahan.


Bagaimana cara orang tua atau guru hal-hal yang harus di perhatikan Sebelum anak-anak belajar coding.Apakah ada persiapan tertentu yang harus dipersiapkan dari Sisi anak-anak atau anak didik Sebelum mengajari mereka coding ?kalau untuk anak-anak itu mereka hanya mempersiapkan diri mereka ,lebih banyak ke gurunya.sebetulnya kalau gurunya bisa memilih siapa anak itu.Dari sisi guru dan orang tua yang akan menyampaikan harus siap lebih dahulu.Bagaimana bisa membuat atau menyampaikan coding,memperkenalkan coding dengan penyampaian bahasa anak.jadi semuanya yang menyenangkan,mungkin bagi anak agar lebih terpacu di Sisi expirednya dari pada rasa ketakutan karena melihat Coding yang rumit.Nah kalau tadi berbicara dari siapa yang harus diperhatikan ternyata justru bukan dari sisi anaknya tapi lebih banyak dari sisi orang tua atau guru yang akan mengajarkan nya.


Kalau dari sisi usia,Apakah ada usia ideal yang mungkin bisa menjadi semacam pertimbangan atau rekomendasi Guru dan Orang Tua sebelum memperkenalkan Coding ?

Menurut pengamatan bu Maria pengalaman beliau yang sudah mempunyai kelas komputer.jadi setelah anak didik selesai sekolah,ada di sediakan kelas komputer untuk anak-anak untuk benar-benar belajar komputer. nah di situ di kelas komputer mengajarkan coding di usia kelas 3 atau sekitar usia 8 atau 9 tahun,di mana mereka sudah lebih memiliki rasa tanggung jawab termasuk juga dalam hal belajar.walaupun juga di usia yang lebih dini untuk anak-anak tertentu yang Codingnya sudah berkembang seperti amerika,kanada tidak menutup kemungkinan sudah bisa disampaikan materi Coding.


Syarat minimal usia untuk belajar coding ini apakah ada syarat-syarat lain yang harus di perhatikan sebelum menyampaikan pengenalan coding ,terhadap anak-anak mungkin dari sisi kesiapan bahasa seperti yang di ketahui.Untuk programming atau Coding lebih banyak sejauh ini bahasanya  English.Dalam bahasa Inggris apakah ada syarat syarat minimal yang sebaiknya Anak sudah menguasai terlebih dahulu sebelum di memperkenalkan Coding ?Dari sisi kesiapan bahasa sebetulnya bisa dibilang tidak ada masalah karena bahasa pemrograman yang dipakai dalam hal ini Diskripsi bisa di alihkan bahasa sendiri termasuk bahasa Indonesia.Walaupun memang di prioritaskan atau di sarankan tetap dengan bahasa aslinya (bahasa inggris) agar nantinya anak mempelajari pemrograman tingkat lanjut,tidak perlu beradaptasi ulang terhadap bahasa pemrogramannya.


Kalau dari sisi hardware atau dari sisi kesiapan komputer atau laptop yang harus di persiapkan untuk anak belajar coding.Apakah ada spesifikasi minimal yang harus di persiapkan terlebih dahulu sebelum memberikan pengenalan coding kepada anak-anak ?sebetulnya spesifikasinya yang standar juga bisa karena Programnya ini codingnya gratis bisa didownload langsung di websitenya.Memang spesifikasinya itu kalau yang laptop lama agak lemot karena ada foto sendiri,program ada fitur agak sedikit tapi kalau nggak terlalu berat.kalau sekretnya tidak terlalu berat spesifikasinya yang standar sebetulnya bisa.standar sebetulnya tinggal di download tapi memang kalau laptop banyak programnya untuk menginstalnya sedikit agak susah.Memang ada beberapa program yang harus dihilangkan untuk mengajarkan ke anak.Spesifikasinya itu nggak ada ,bisa semua laptop ,semua komputer.


Sekarang masuk ke tentang pendampingan di masyarakat sendiri,Mungkin era kini terutama yang anak tersebut orang tuanya bukan dari latar belakang keilmuan Teknik Informatika  atau gurunya sendiri masih awam atau kurang paham tentang Coding.Bagaimana pola pendampingan terhadap anak didik ini kaitanya dengan kesiapan guru dan orang tua yang masih awam terhadap coding atau belum paham.Pertanyaan apakah untuk belajar coding harus selalu didampingi oleh guru atau orang tua lebih tentang pendampingan nya.?


Sebetulnya memang untuk belajar Coding tetap harus ada pendampingan dari orang tua maupun guru.Itu penting karena kalau tidak di dampingi anak-anak pasti ada hal-hal yang akan terjadi,untuk orang tua dan guru.Dari Ibu Maria sendiri sudah menyiapkan panduan buku untuk orang tua dan guru supaya bisa mendampingi siswanya atau anaknya untuk belajar coding.Nah kalau untuk orang tua sendiri Dia harus tahu kalau Coding itu seperti apa ?kadang memang anak-anak itu tetap harus di dampingi, terlebih awal-awal.harus di beri tahu.Jadi untuk anak  belajar coding memang sebaiknya selalu didampingi oleh orang tua atau guru.Kemudian untuk orang tua atau guru yang masih awam atau tidak paham tentang Codimg Nantinya juga akan ada buku yang sudah di persiapkan untuk dipelajari khusus untuk guru dan orang tua sebelum mendampingi anak-anak.Seperti yang bu Maria sampaikan agar tidak salah memberikan konten atau materi kepada anak karena ada banyak sekali materi dalam programming .


jangan semua langsung diberikan kepada anak Nanti anaknya langsung melihatnya itu rumit,Susah nanti malah langsung merasa tidak nyaman,malah nggak jadi tertarik ,malah takut untuk belajar Coding oleh karena itu nanti sudah ada semacam takaran atau menu atau bagian mana saja yang sebaiknya di perkenalkan pada anak.Materi apa saja yang harus di sampaikan termasuk di situ nanti sudah ada semacam pelatihan pembelajaran untuk Guru dan Orang Tua sebelum menyampaikannya kepada anak.kemudian juga Penerbit Andi menambahkan sedikit informasi untuk guru dan orang tua nantinya ,juga akan memberikan semacam webinar khusus ,Ada workshop khusus nanti di Selenggarakan khusus untuk mempersiapkan Guru dan Orang Tua tentang bagaimana mendampingi anak-anak belajar coding.



Tahapan anak belajar coding

1. Anak diperlihatkan beberapa game yang menarik

2. Anak yang sukses dalam coding

3. Anak diperkenalkan aplikasi coding yang akan digunakan

4. Anak diperkenalkan bagian-bagian dari aplikasi coding yang digunakan

5. Anak diperkenalkan beberapa block coding yang umum digunakan

6. Anak dilatih membuat animasi sederhana

7. Anak dilatih membuat game sederhana


Perkenalkan game yang lagi rame.anak didik akan bertukar pikiran,mereka nanti akan berbicara "Oh kayak gini,oke" nah baru anda guru bilang "anak-anak Gimana kalau jangan kita main aja,yuk kita buat game ya lebih baik,kita buat ,kita main siapa tahu game kita bermanfaat untuk teman-teman kita terutama untuk kita sendiri kan keren".Setelah itu di Perkenalkan beberapa game.Ini salah satu trik bu Maria ,untuk menjadi inspirasi .Menunjukkan gambar anak yang jago coding."bayangin dia Diva anak umur 11 tahun dalam beberapa jam bisa membuat aplikasi coding untuk membantu orang tuanya,Ia bisa menghasilkan uang dari game yang dibuat sendiri".Anak-anak akan berpikir "iya juga ya kalau kita buat gini kita juga bisa menghasilkan sesuatu".Meskipun itu masih bayangan hanya membuat mereka termotivasi tapi dengan memberikan referensi kepada mereka ternyata "ada loh anak Indonesia namanya Diva".Dia bisa menciptakan game dalam hitungan jam dan dia menjadi anak yang pertama di Indonesia yang pertama kebetulan memang anak tersebut Tinggalnya di Singapura.kalau di Australia Australia memang Coding sudah diajarkan dari TK dan orang tuanya kebetulan dari orang TIK makanya anaknya berhasil membuat coding.Karena memang anaknya sudah terbiasa dengan IT.setelah itu tahapannya di kenal kan aplikasi coding.Cara menggunakan aplikasi coding yang akan digunakan.Bu Maria memakai Street 2 tidak terlalu banyak ,tidak terlalu rame dan lebih sederhana dibanding stret 3.Kalau Street 3 terlalu banyak tombol-tombol dan penuh layarnya.Jadi kalau Street 2 untuk anak-anak SD lebih sederhana.setelah itu anak-anak diperkenalkan beberapa blog coding. hanya beberapa blog coding saja tidak semua blog.


Bu Maria tulis untuk buku,untuk tingkatan-tingkatan anak umur 8 dan 9 tahun.Anak didik  belajar awalnya belajar animasi,blog codingnya khusus untuk animasi,lebih fokus pergerakan membuat storytelling.Anak didik bisa animasikan storytelling bisa bercampur dengan Animasi.jadi ada yang keluar kalimat bisa juga di coding,ada suara. suaranya juga bisa pakai suara anak didik sendiri atau suara yang suara yang tersedia diskret.karena memang suaranya sudah banyak dan anak-anak bisa diperkenalkan.anak-anak akan dilatih,baru setelah mereka tahu animasi.Memperkenalkan beberapa blog.Mereka dilatih untuk membuat animasi setelah animasi sudah lumayan,baru di latih untuk membuat game Sederhana.itu pun hanya game sederhana dulu,jadi belum ada levelnya baru ada sponnya saja.itu aja mereka sudah seneng.


Sudah beberapa pertemuan,nggak bisa paksa harus 1 kali pertemuan harus jadi.bisa mabok anak karena sifatnya coding memberikan ke anak itu bersifat bermain,supaya mereka senang.setelah memberitahu Mereka mencoba kalau kayak gini gimana ya.nanti mereka akan tanya "Bu kalau begini gimana Bagus coba".Cuman nanti guru yang akan menambahkan "kalau menurut kamu ditambahin apalagi biar lebih bagus lagi"" apa si anak akan bilang kalau aku tambahin ini gimana ya ""udah kamu coba ".Baik nanti mereka akan bilang "Ibu Aku tambahin gini kayak,begini Bu kira-kira"" itu bagus Coba kamu tambahin lagi gini". jadi akhirnya nanti akan jadi game kreasi mereka sendiri Tanpa mereka sadari.


Bu Maria belajar coding karena terpaksa sebab beliau seorang guru.Bu Maria ingin anak didiknya bisa coding.Gimana caranya Ia belajar tapi kalau untuk anak-anak.Bu Maria  membangkitkan minat nya dulu ,terlebih anak-anak yang murid di Tarakanita.Jujur saja mereka anak-anak yang berada.Sering Anak berpikir dapat hadiah kecil,Kalau ikut lomba dapat hadiah cuman kecil.Sebagai seorang guru bu Maria memberi pengertian "beda kalau kalian dapat hadiah dengan usaha sendiri ".Kalimat Motivasi beliau ke anak didiknya.


Bu Maria sudah membagi dalam beberapa level,lebih tepatnya ada 4 level atau 4 kelas.Sebetulnya yang nanti bisa dipelajari anak-anak anda mulai dari yang paling sederhana adalah level 1 yang diperuntukkan mungkin lebih tepat untuk usia 8 atau 9 tahun,kalau untuk anak-anak di Indonesia.level 1,level 2 ,level 3 hingga level 4.Nantinya untuk anda bapak/ibu guru.nantinya ingin anak-anak mendapat pendampingan pada saat belajar buku ini di siapkan. selain pendampingan orang tua nantinya dari penerbit Andi melalui Andi Academy juga akan mengadakan online kelas untuk anak-anak dapat belajar bersama-sama tentang coding ini.jadi untuk anda bapak/ibu guru nantinya ada online kelas.


Kemudian untuk anak-anak sendiri juga nanti Andi Academi akan membuatkan online kelas.Bagimana anak-anak juga bisa belajar bersama-sama dengan Bu Maria.untuk belajar coding nantinya kelas-kelas ini akan di rencanakan mulai bulan Maret.untuk anda bapak/ibu  guru atau saudara yang mengikuti nantinya akan di persilahkan karena Andi academi sudah komitmen dengan Bu Maria untuk Bagaimana caranya anak-anak Indonesia bisa mengenal coding di usia yang lebih dini,sehingga mereka bisa bereksplorasi dan juga bisa membuat game-game dan aplikasi mereka sendiri.sehingga kedepannya game-game dan aplikasi buatan anak-anak Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negaranya atau bahkan bisa berkompetisi di Kancah internasional.


Sebelum Bu Maria masuk Mini workshop.Beliau menunjukkan karya anak didiknya ,salah satu pemenang lomba KOGTIK yang diselenggarakan oleh KOGTIK PGRI waktu terakhir. Penjelasan beliau ini anak kelas 4 SD ,Anaknya laki-laki .memang untuk cover depannya sederhana.Diciptakan sendiri oleh anak,jadi diskret itu sebetulnya anda Bapak/Ibu /orangtua murid,juga bisa menciptakan ,bukan hanya background atau teks yang disediakan oleh Secret tapi mereka juga bisa menciptakan sendiri.


Ibu Maria akan mendemonstrasikan atau mengaplikasikan sedikit materi kepada anda agar Memiliki gambaran.Kalau mungkin ada sebagian anda yang berpikiran bahwa coding untuk anak-anak terlalu susah karena itu menyangkut banyak sekali simptak dan lain-lain yang harus dibuat atau diketikkan nanti melalui Mini workshop ini anda Bapak/Ibu/saudara-saudara sekalian bisa melihat bahwa ternyata tidak seperti itu.Anda akan memakai bahasa pemrograman yang nantinya juga cukup mudah dimainkan atau diikuti oleh anak-anak yaitu street.Ibu Maria akan mendemonstrasikan agar anda semua bisa mengikuti dan mengetahui ternyata semudah apa sih pemrograman yang nantinya akan anda hantarkan untuk anak-anak.

Paparan Bu Maria dapat di tonton di Canel Youtube berikut:


https://youtu.be/asnhaErT7gA


Menurut Bu Maria Untuk mengajari anak Coding buatlah game yang sederhana dan menarik.Pembuatan game sederhana ini merupakan tips beliau .ternyata mengajari anak belajar "Coding"tidak serumit yang dibayangkan dengan istilahnya "Drag and drop "kemudian anda buat variabelnya yang menarik.untuk anda bapak/ibu/saudara yang berminat belajar sebelum mendampingi putra-putri anda nantinya bisa mengikuti online class atau kelas workshop.Andi Academi menurut rencana Mnyelenggarakan Webinar di bulan maret atau bulan yang akan datang.


Sangat Menarik Materi Coding siang ini.Saya berpikir tadi "Puding"..he...he...ternyata "Coding".Terima Kasih Bu Maria,Andi Academi,Pak Joko Mumpuni,Pak Bambang,terkhusus Om Jay.Webinarnya sangat bermanfaat dan sukses..







Salam Literasi


Usman Alamsyah





4 komentar:

daily-rofiana mengatakan...

Resume yang luar biasa mantapo dan lengkap...

Usman Alamsyah mengatakan...

Terima Kasih Bu sudah mampir

Mohamad Bajuri mengatakan...

Lengkap banget. Luar biasa

Usman Alamsyah mengatakan...

thanks Pak

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...