Selasa, 28 April 2020

Menyiapkan Guru dan Dosen di Era Revolusi Industri 4.0 Versi Om Jay

Menyiapkan Guru dan Dosen
di Era Revolusi Industri 4.0

oleh:Wijaya Kusumah,M.Pd


Menyiapkan guru dan dosen memasuki era revolusi industri 4.0 bukan perkara yang sangat mudah. Harus ada grand disain yang membuat calon guru memiliki keterampilan mumpuni di abad ini.


Om Jay dan teman temanya melayat ke rumah dosen mereka di ikip jakarta. Namanya pak Triday. Ketua jurusan yang baik hati. Dekat dengan mahasiswa dan banyak memberikan keteladanan. Sedikit bicara banyak bekerja. mahasiswa pun hormat kepadanya.


Beliau juga yang merekomendasikan Om Jay untuk menjadi guru di labschool. Padahal saat itu Om Jay belum lulus S1. Beliau meyakinkan dekan kami, Prof. Kusno bahwa Om Jay layak jadi guru komputer ketika itu.


Om Jay menjadi teringat dengan pemaparan para pakar dan ahli di bidang pendidikan hari itu. Dari pagi hingga sore hari  berdiskusi dan beliau menyimaknya dalam hati.Kata demi kata terekam dengan jelas dalam long time memori. Pak haji Rohandi merekamnya lewat live streaming yang direkam ke youtube.com.


Teman teman tentu sudah menonton siaran langsungnya. Aki tri di solo bercerita di wa group. Bagus sekali acara diskusinya.Rombongan Om Jay semua belajar dari para pakar tanpa keluar satu sen pun.Ketua umum pb pgri telah mengundang mereka ke gedung guru Indonesia.


Ini kuliah ilmu pendidikan satu semester.
Dikemas menjadi satu hari dan dibagi ke dalam dua sesi.Para guru besar, para praktisi dan kyai memberikan konsep konsep pemikirannya tentang
guru. Om Jay menambahkannya dengan dosen. Sebab menyiapkan guru dan dosen sama pentingnya.


Guru di sekolah dan dosen di perguruan tinggi.Keduanya saling terkait dalam memajukan dunia pendidikan.Om Jay tak mau panjang lebar menuliskannya.Beliau hanya ingin menuliskan intinya saja. Sebab anda bisa menonton siaran ulangnya di youtube.


Om Jay mulai merangkum intisari pertemuan  pagi itu. Konsep yang bagus kalau implementasinya tdk bagus akan menjadi seperti sekarang ini.Kita akhirnya saling menyalahkan. Dosen menyalahkan guru dan guru menyalahkan dosen.Orang tua jadi penonton yang terkadang lebih
galak dari pemain.


Solusinya adalah mari kita semua menyiapkan diri menjadi guru dan dosen yang mampu menjadi pemain di era revolusi industri 4.0.sebuah era dimana kaum kolonial harus banyak belajar kepada kaum milenial. Banyak mendengar dan sedikit bicara. Mulailah memberikan keteladanan, karena seharusnya semakin menua semakin bijaksana.


Om Jay sempat takjub ketika yang muda
diberikan kesempatan bicara. Sayangnya, para tetua sudah meninggalkan arena diskusi. Untunglah masih ada yang bertahan sampai acara selesai. Pak Munir contohnya. Usia lanjut masih aktif untuk belajar mendengar. Hari ini Om Jay belajar. Sungguh benar benar belajar. Beliau pikir kuliah S3 semakin pintar,tapi ternyata semakin bodoh. Sebab semakin banyak ilmu yang belum ketahui.Semoga ada rangkuman penting yang bisa disusun dengan kalimat yang efektif dari diskusi
hari ini.Sehebat apapun kita, ketika mati hanya selembar kain kafan yang dibawa ke liang kubur. Hanya amal kebaikan yang akan mengantarkan kita ke pintu surga.


Ada satu hal yang menarik untuk kita diskusikan bersama. Prof. Arief Rachman mengusulkan agar 8 standart nasional pendidikan ditambah standar kesehatan dan keamanan.Sehingga menjadi 10 standart nasional pendidikan. Sebab menjadi guru dan dosen itu harus sehat dan aman.Om Jay pun langsung setuju.Walaupun beliau tahu tidak mudah mewujudkannya.Diskusi hari ini di pgri membuat Om Jay lebih mawas diri untuk menjadi guru yang mampu memberikan teladan kepada sesama.Menyiapkan guru dan dosen memasuki era revolusi industri harus diimbangi dengan lptk yang modern dan sekolah berkarakter. Lain waktu
kita diskusikan bersama sama.




Pereview


Usman Alamsyah

2 komentar:

Wijaya kusumah mengatakan...

Wijaya kusumah. Kurang h

Usman Alamsyah mengatakan...

Oke Om Jay🙏🙏🙏

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...