Sejarah Olimpiade TIK Nasional (OTN) di Indonesia
SEJARAH OLIMPIADE TIK NASIONAL (OTN)

Oleh : Wijaya Kusumah,M.Pd

Banyak orang belum tahu sejarah diadakannya Olimpiade TIK Nasional yang disingkat OTN.Kegiatan ini alhamdulillah sudah memasuki tahun keempat. Tak terasa sudah mau keempat kali kegiatan OTN akan Rombongan Om Jay selenggarakan.

Kegiatan OTN diadakan dalam rangka keprihatinan Rombongan Om Jay (rombongan Guru Tik ) tentang dihilangkannya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kurikulum 2013. Kita sebagai bangsa mengalami kemunduran dalam bidang penguasaan TIK.


Hal itu dapat dengan mudah kita lihat. Banyak peserta didik yang tidak menguasai TIK dengan baik di sekolah. Kalaupun ada, hanya di sekolah sekolah mampu dan kota besar. Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengadakan kegiatan Olimpiade TIK Nasional . Tujuannya jelas, agar TIK dikuasai kembali anak negeri dengan konten yang berbeda. Kita harus tinggalkan materi TIK masa lalu, dan mulai mengembangkan materi TIK Masa depan.

Dari hasil rapat panitia OTN, mereka sepakati untuk kegiatannya dilaksanakan di kantor kementrian pendidikan dan kebudayaan, Jl.Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Pusat.Pak Sutan siap menjadi ketua panitia OTN yang pertama tahun 2016. Beliau bukan guru TIK, tapi kegigihannya dalam mendukung perjuangan guru TIK, jangan ditanya. Walaupun beliau guru olahraga, namun beliau melihat TIK ini sangat penting dikuasai oleh siswa Indonesia.

OTN pertama tahun 2016 berjalan sukses.Jujur harus diakui, masih banyak kekurangannya.Hal tersebut perbaiki di kegiatan OTN yang kedua tahun 2017. Pak Yoyon, guru bahasa Inggris siap menjadi Ketua Panitia. Beliau datang jauh
dari Cirebon, dan mau berkeringat demi suksesnya OTN di kantor kemendikbud. Terharu Om Jay kalau melihat videonya di http://youtube. com . OTN ketiga lebih seru lagi. Permintaan kawan-kawan di Indonesia bagian timur harus mereka ikuti. OTN ketiga  adakan di Denpasar, Bali.Pak Jojo guru multimedia siap menjadi ketua panitia OTN.

Rombongan Om Jay pun berangkat ke pulau dewata dengan semangat 45. Pengalaman jadi relawan OTN, sudah banyak Om Jay  tuliskan, biarlah jejak digital itu anda dapatkan dengan mengetik keyword OTN.

Kegiatan tidak hanya lomba untuk siswa, tapi juga seminar untuk guru. Tahun itu, mereka berharap banyak guru datang ke Jakarta Convemtion Center Senayan. Acara OTN didukung penuh oleh PGRI dan APKOMINDO. Kegiatannya bersaman dengan pameran komputer terbesar di
Asia. Namanya Indocomtech.Buat anda yang ingin tahu sejarah panjang Olimpiade TIK Nasional (OTN), sering-seringlah berkunjung ke blog guru blogger Indonesia. Dalam blog http://wijayalabs.comakan anda temukan sejarah kegiatan OTN hingga saat ini.Pak Youri ditunjuk sebagai ketua Panitia OTN yang keempat. Beliau bukan guru TIK, namun semangat untuk mengembalikan TIK sebagai mata pelajaran jangan ditanya lagi.

Mereka telah menyusun bukunya dengan nama INFORMATIKA.Kini TIK kembali ke dalam kelas dengan nama baru INFORMATIKA. Ayo belajar INFORMATIKA di kelas-kelas kita, dan pastikan kamu mampu menguasainya dengan baik.Ikatan guru TIK PGRI sedang menyusun bukunya agar dikuasai oleh siswa Indonesia. Rombongan Guru Tik akan terus memperbaikinya agar materinya tidak jadul dan mengikuti era milenial yang harus mampu menguasai literasi digital.Oleh karena itu, kegiatan workshop elarning akan terus mereka lakukan. Bulan ini mereka akan meluncur ke Belitung Timur.

Ibu Wiwin dan Ibu Betti mereka kirimkan ke sana untuk belajar dan berbagi ilmu Elearning.Mari kita ramaikan OTN yang keempat di JCC Senayan. Pstikan anda hadir dan mengajak teman lainnya di acara yang bergengsi ini. Kita ukir
prestasi tinggi di ajang lomba OTN dan temukan teman-teman baru di acara yang bersejarah ini.Mari ajak teman-teman kita untuk ikut OLimpiade TIK Nasional tahun ini.

Buat kawan kawan di seluruh tanah air. Ayo kita meriahkan kegiatan olimpiade tik nasional yang keempat. Tak ada dana dari apbn seperti olimpiade sains nasional atau OSN. Namun berkat kebersamaan alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar setiap tahunnya.Ratusan guru dari seluruh Indonesia hadir di acara seminar nasional dan ribuan siswa hadir mengikuti 10 lomba. Terima kasih ucapkan kepada Pengurus Besar PGRI yang telah mendukung kegiatan itu. Ayo jangan lewatkan kesempatan emas ini karena kegiatannya berbarengan dengan pameran komputer terbesar di
Asia.

Jangan lupa kirim donasinya ke rekening !
Pendaftaran OTN 2019
http://www.bit.ly/OTN2019

Surat undangan
http://www.bit.ly/UndanganOTN2019
Juknis OTN 2019
http://www.bit.ly/JuknisOTN2019
Semnas ICT untuk umum, Kamis, 31 Oktober 2019,
di JCC Senayan Jakarta, Donasi Rp. 100.507,-
Info wa 08159155515 bit.ly/SemnasICT



Pereview

Usman Alamsyah