Sabtu, 03 Oktober 2020

Secarik Untaian Kalbu Kepala Sekolah 3T

Tulisan saya di blogg membuat banyak tanggapan,mungkin ada yang prihatin,atau ada juga yang memangku kepentingan merasa tersinggung. Ada sebagian kawan mendukung mungkin ada sebagian juga tidak mendukung.Saya hanya bercerita isi hati karena ingin membuat sekolah saya lebih bagus dan lebih maju karena saya hanya berprinsip ,jika saya memajukan sekolah yang maju mungkin saya dianggap Pahlawan Kesiangan ,Tetapi kalau saya bisa memajukan  kan sekolah yang belum maju menjadi lebih baik dan lebih maju, mungkin itu suatu prestasi walaupun prestasi nya tidak begitu besar.

Beberapa tanggapan atau komen lewat Facebook yaitu:

1.Mbai ku dk nengo suara hati nga ukπŸ˜„πŸ˜„"kenapa aku tidak dengar suara hatimu πŸ˜„πŸ˜„"
 2. Habar be tetap Semangat menuju perubahan 
 "Sabar tetap Semangat menuju perubahan "
 3. Air nau letu nih ade smp terbuka ngindok smp blitar ku kepsek a ku tau situasi daerah tuh. ..Ya Allah luaskan lah rezeki doson air nau. .aamiin YRA πŸ™πŸ‘πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ
 "Desa Air nau dulu ada smp terbuka masih nginduk smp blitar aku kepseknya aku tau situasi daerah itu. ..Ya Allah luaskan lah rezeki desa air nau. .aamiin YRA πŸ™πŸ‘πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ
 4. judul lagunyo "nyanyian suara hati"πŸ˜€πŸ˜€
 5. Bangga punya sahabat yg sangat mencintai pekerjaannya. Truslah berbuat kawan, Insya Allah suara hati akan harapan muliamu ini akan di dengar oleh pemangku kepentingan.
 6. Semangat pak kepsek hebat..
 7. Mutasi aja bang ke Yogya sy terima, he, he, he.


lalu komen di Facebook yang menarik yaitu:komen Kepala Dikbud dan Kepala Bapedda yaitu:

Pak Ka Dikbud RL:
"Assalamualaikum,
Seperti nya hal ini sudah pernah didiskusikan
Bapak kepala sekolah yg kami hormati,
Sebelumnya kami apresiasi semangat dan perjuangan yg telah dilakukan,
Namun, saat ini sistem pembangunan khususnya bersumber dari DAK pengusulannya melalui aplikasi Data Pokok Pendidikan/DAPODIK (bukan hanya melalui proposal manual)
Sudah kami kroscek di dapodik sekolah ini ternyata belum pernah memperbaharui datanya sesuai ungkapan proposal kepala sekolah
Utk itu bapak kepala sekolah yg kami hormati, agar segera memperbarui / updating data sekolah di dapodik,Jika ada kendala koordinasi lah ke dinas melalui operator dapodik dinas
Atas atensi nya kami haturkan terima kasih"


Saya
"Pak Kadis Sebelum mohon maaf sudah perbaharui kita juga tahun kemaren juga menerima,pendapat Pak Sugeng...yang menjadi Pertanyaan kini bagaimana mengatur di Dapodik supaya sekolah kami mendapat Rehap..krn sudah kami Otak-atik krn saya sebelumnya juga Operator SekolahπŸ™πŸ™πŸ™

Kami kini mintak Solusi Pak Kadis,bukan maksud menyinggungπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ"

Pak Kadikbud RL
"Solusi nya datang ke dinas perbaharui data kondisi sarpras sekolah di dapodik
Temui pak sugeng dan ibu Mila ..."

Saya:" .Tahun Kemarin Mintak Petunjuk orang 2 itulah...PakπŸ™πŸ™πŸ™


Pak Kadikbud:
"langsung@Pak Sekretaris Redho Bermano, pak @deri Kabid SD Bu @mila pptk, operator pak @sugeng mungkin ada yg Miss pemahaman ...
Utk ditindak lanjuti

Saya:
"Aslm....
Apakah bisa di Dobrak lewat bapeda Bapak Asli Samin mohon BimbinganπŸ™πŸ™πŸ™"

Kepala Bappeda:
"bappeda selalu siap menindaklanjuti semua Usulan OPD."

Saya:
Pihak Bapeda yaitu kepala Bappeda Cik Asli Samin,supaya kita bisa cari solusi,pak kadis Khirdes Lapendo Pasju,bersama Pak sekdis
Redo,pak Kabid dan Bu Mila..kita bahas Bersama apakah ada Solusi πŸ™πŸ™πŸ™"


Itulah beberapa tanggapan tulisan saya di blog yang di share lewat Fb.Hanya satu yang saya harapkan ,selama saya memimpin SDN 163 Rejang Lebong ini yaitu Sekolah Negeri 163 Rejang Lebong ini menjadi lebih baik dari sebelumnya, mungkin suatu saat saya akan dipindahkan atau dimutasikan karena mungkin dianggap menyinggung perasaan pejabat tertentu, tapi itulah  konsekuensi yang dihadapi.Saya hanya ingin memajukan sekolah di daerah terpencil,supaya bisa menyamai sekolah yang berada di pinggir jalan besar. Apakah saya salah mempunyai cita-cita seperti itu yaitu memajukan sekolah yang belum maju menjadi lebih maju.Terasa berat perjuangan yang dihadapi karena sekolah saya  60% gurunya honorer sedangkan PNS 40% yang jumlah muridnya dikategorikan sedikit.Tahun kemarin Sekolah saya  terbantu karena mendapat tunjangan khusus tetapi tahun ini tidak tahu ceritanya. Padahal di SK Kementerian kami masih kategori Desa Terpencil.


Menurut cerita desas-desus dari Operator Dinas. Dana daerah khusus itu sudah ada di Dinas kabupaten, tetapi tidak disalurkan karena apa ?Karena tahun ini banyak yang tidak layak karena kriteria dari Kementerian yang dikategorikan daerah khusus banyak di pinggir jalan karena alasan itulah Kabupaten tidak menyalurkan dana tersebut. Tapi hal tersebut berdampak kepada sekolah kami yang benar-benar sekolah daerah khusus (3T).


Perasaan saya kini berkecambuk di satu sisi karena tulisan saya mencurahkan Isi Hati bahwa keinginan untuk mendapat bangunan yang layak dan juga gambar yang saya letakkan di blog saya yang menui banyak persepsi.Perasaan saya kini ada sedikit kalut, merasa diri ini lemah tak berdaya hanya bisa menorehkan lewat tulisan.Di kesendirian malam ini di mana suara jangkrik mulai bernyanyi,hembusan angin yang begitu menggigil membuat hati terasa cemas, was-was karena seolah-olah keinginan ini terlalu berlebih .Saya hanya bisa mencurahkan kan isi hati ini lewat tulisan terasa tidak ada tempat mengadu berbagi, terasa menemukan jalan buntu.


Tadi melalui posting saya di blog.Pertama yang komen banyak kawan-kawan bersedih,kemudian ditanggapi oleh Kepala Dinas yang menyatakan bahwa bantuan bangunan  diperoleh melalui Dapodik, sedangkan saya bersama operator sudah mengutak-atik sampai di profil sekolah.Profil SDN 163 Rejang Lebong ,sudah saya buat bangunan yang tidak layak di foto profilnya di tahun kemarin, sudah diutak-atik saya bersama operator, tapi belum juga menimbulkan hasil, tetapi atas tulisan di blog saya hari ini .Pak Kadis menyatakan bahwa kesalahan di Dapodik tetapi saya tidak tahu mana yang benar, karena kami sudah berusaha membuat  kerusakannya diatas 70% .Sudah di turuti jangan dibuat 100% sudah dibuat, tetapi nyatanya sampai kini bantuan untuk rehab gedung Sekolah Dasar Negeri 163 Rejang Lebong masih juga belum mendapat bantuan:



Ada perasaan mengebu-gebu,seolah-olah melayang-layang ke langit ketujuh .Peristiwa yang menarik pada hari ini yaitu tanggapan dari ketua PGRI pusat yaitu ibu Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd.Melalui WA.ingin dibuat Berita Satu yang ingin mengangkat Tema "Guru Daerah Terpencil (Gudaci)
Begini Percakapan dengan Ibu Unifah melalui WA:

Saya: "Aslm....
Maaf Bu Guru dari DaerahπŸ™πŸ™πŸ™"

Ibu Unifah Rosyidi: "Tks πŸ™"

Ibu Unifah Rosyidi: "Sangat tertarik. Nanti teman2 pelajari ya. Saya sdg ada rapat"

Saya:"Terima Kasih Banyak BuπŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ™πŸ™πŸ™"

Ibu Unifah Rosyidi: "Prihatin dan terharu"

Ibu Unifah Rosyidi: "Namanya siapa pak?"

Saya: "Usman Alamsyah Bu"

Ibu Unifah Rosyidi: "Saya kirimkan ke TV Berita Satu ya, sdg cari lipitan Gurdacil"

Ibu Unifah Rosyidi: "Siapa tahu rejekibya bapak"

Saya: "Iya BU sebelumnya ,terima kasih banyak🀝🀝🀝"

Lalu pesan pesan Wa dari nomor baru yaitu:

Ibu Yana Berita 1 PGRI: 
"Selamat sore Pak Usman Alamsyah, perkenalkan saya yana dari beritasatu tv. Saya dpt kontak Bapak dari Bu Unifah Rosyidi. Pak Usman mau tanya kalau di SD 163 Rejang Lebong menggunakan metode pembelajaran dgn tatap muka atau pembelajaran jarak jauh Pak."

Saya:"Dengan Pemberian Tugas,karena jaringan susah di tambah,kemampuan orang Tua untuk beli hp,mereka lebih mengutamakan Beras ketimbang beli Laptop dan Hp anak yang memiliki HP android dari Kelas 1-6 hanya 6 orang...Guru 60% Honor"

Ibu Yana Berita 1 PGRI: "Berarti mau gak mau diadakan pembelajaran tatap muka yaa Pak".

Saya:"Kalau untuk saat ini itu yang di harapkan.wl sekarang generasi Milenial,utk Daerah Terpencil susah menerapkan dearing.Faktor kemampuan orang Tua dan jaringan yg belum medukung".

Saya:"Sebenarnya Kl jaringan mendukung,anak di beri Fasilitas.Pembelajaran lewat Zoom dan Youtube itu sangat bagus...minimal 30% tatap muka 70 (pemberian tugas,Zoom dan Youtube)"

Ibu Yana Berita 1 PGRI: "Jadi saat ini di SD 163 belajarnya tatap muka yaa Pak Usman.


Saya:"Pemberian Tugas,
1.Memanggil Siswa satu-persatu untuk mengambil tugas kesekolah
2.Guru datang Kerumah Siswa"
 
Ibu Yana Berita 1 PGRI: "Yaa ampun Pak sangat memprihatinkan. berarti guru2nya sebagian stand by di sekolah & ada yg dtg kerumah siswa yaa utk memberikan pembelajaran.

Saya:" Iya"

Ibu Yana Berita 1 PGRI:" Pak Usman Hari senin ada siswa yg dtg ke sekolah untuk pengambilan tugas tidak.

Saya:" Ada"

Itulah peristiwa hari ini"Ya Allah ya Tuhanku dari hati yang paling dalam kumohon padamu Izinkanlah aku bisa menciptakan inovasi di SD Negeri 163 Rejang Lebong menjadi sekolah yang layak bagi siswaku  untuk belajar ,sehingga bisa menciptakan generasi yang cerdik dan berprestasi.Ya Allah izinkan aku menumbuhkan semangat guru-guruku ,untuk mendidik anak SDN 163 Rejang Lebong Karena merekalah ujung tombak sekolah apresiasi juga kuucapkan kepadaa guru-guru di sekolah  Dasar Negeri 163 Rejang Lebong karena mereka 60% masih berstatus guru honorer .Ya Allah kabulkanlah doaku aminn."...


Salam  Penulis

Usman Alamsyah

Tidak ada komentar:

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...