Senin, 16 November 2020

CARA MUDAH DALAM PJJ ( PEMBELAJARAN JARAK JAUH )


Cara Mudah dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Sekedar Berbagi saja_Boleh di coba atau tidak

Di abad 21 saat sekarang ini banyak sekali metode/media yang bisa kita pakai untuk pembelajaran di masa PJJ sekarang ini. Ada yang bertanya kepada saya, media apa yang saya pakai  pada saat pembelajaran jarak jauh. saya menggunakan whatsApp Group, google form, lalu powerPoint saya jadikan video/PDF menurut saya ini salah satu media yang paling simpel dan mudah cara menggunakannya, sebenarnya masih banyak media / cara cara lain yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran jarak jauh.

langkah langkah yang saya gunakan dalam PJJ saat ini yaitu.

1. Bentuk dulu WhatsApp Group.

2. Saya membuat absen online menggunakan google form.

3. Saya menggunakan Power Point yang berisikan materi pembelajaran lalu saya jadikan video.

4. Saya menggunakan Power Point yang berisikan materi pembelajaran lalu saya ubah ke bentuk PDF.

5. Saya membuat kuis atau pertanyaan-pertanyaan yang berisikan materi yang telah saya sampaikan melalui google form, yang bertujuan sejauh mana pemahaman peserta didik tentang materi yang telah disampaikan.

6. Semua itu saya share ke dalam grup yang sudah dibuat.

7. Cara memantau nya nanti kita tinggal buka spreadshseet di googleform yang kita buat.

8. Saya juga membuat Panduan cara belajarnya, jadi bagi orang tua ataupun Siswa kita yang tidak paham bisa membaca panduan tersebut terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran.


Saya yakin cara seperti ini banyak kelebihan dan kekurangan nya, di awal sempat di ragukan juga apakah saya pakai metode ini di respon atau tidak. Setelah saya coba respon nya luar biasa, walaupun saya tidak tahu siapa yang mengerjakannya, setidaknya ada kepedulian orang tua atau siswa tentang pembelajaran.

# Bagi yang tidak punya HP/whatsapp, saya sudah menyediakan Foto copyan nya untuk di jemput ke sekolah.

# Indahnya Berbagi

Tidak ada komentar:

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...