Selasa, 25 April 2023

BAB III MEMAHAMI CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

BAB III

MEMAHAMI CAPAIAN PEMBELAJARAN



Pada Modul Kurikulum Merdeka, kita sudah mempelajari mengenai Capaian Pembelajaran yaitu:

"Kompetensi Pembelajaran (CP) yang harus dicapai oleh peserta didik dalam SATU FASE"

Capaian Pembelajaran ini ditetapkan oleh pemerintah, namun,untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari,

" CP perlu diuraikan menjadi tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkrit"

Perencanaan Pembelajaran ini merupakan bagian dari

"Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.''

Proses berpikir dalam merencanakan Pembelajaran dapat digambarkan menjadi 4 tahap yaitu:

 

1)     Memahami CP

2)     Merumuskan Tujuan Pembelajaran

3)     Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

4)     Merancang Pembelajaran

Pada bahasan ini kita akan mempelajari tahap Pertama yaitu: Memahami CP

"Capaian Pembelajaran disusun dalam fase,1 fase terdiri dari 1-3 tahun"Jadi, fase tidak sama dengan kelas.

Fase merupakan kompetensi,sedangkan kelas menunjukkan kelompok berdasarkan usia. Oleh karena itu, dalam merencanakan pembelajaran untuk satu fase,pendidik hendaknya melakukan kolaborasi dan komunikasi

dengan rekan pendidik yang sama-sama mengajar pada satu fase yang sama.Sebagai

Contoh:

CP pada Fase D berlaku untuk kelas VII,VIII dan IX.Saat merancang pembelajaran Pendidikan kelas VII hingga kelas IX,perlu duduk bersama untuk menentukan rencana batasan kompetensi di setiap jenjang ,dengan begitu kompetensi pembelajaran yang akan dicapai peserta didik dapat dipelajari secara berkesinambungan.

Pendidik juga dapat saling menyatakan informasi terkait karakteristik peserta didik di setiap jenjang atau informasi lain yang dibutuhkan dalam merancang pembelajaran.

Untuk memahami Capaian Pembelajaran ada 4 langkah yaitu:

1)     Memahami RASIONAL

2)     Memahami TUJUAN Mata Pelajaran

3)     Mempelajari KARAKTERISTIK dan

4)     Mempelajari CAPAIAN PER FASE

 

Tahap 1

1.     Rasional : pentingnya mempelajari sebuah mata pelajaran dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila

Untuk membantu memahami bagian ini, kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:

Ø  Mengapa peserta didik perlu belajar mata pelajaran ini?

Ø  Apa Fokus utama yang ingin dicapai dari mapel ini?

Ø  Bagaimana mapel ini berperan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ?

Tahap 2

2.      Tujuan: Kemampuan atau kompetensi yang dituju peserta didik di mata pelajaran.

Tujuan menjelaskan kemampuan atau kompetensi yang dituju setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran tersebut secara keseluruhan.

Untuk membantu memahami bagian ini, kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:

*     Kompetensi apa saja yang perlu dimiliki peserta didik untuk sampai di Capaian Pembelajaran akhir fase?

Tahap 3

3.     Karakteristik : menjelaskan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut serta elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran

Bagian karakteristik apa yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut serta elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran.

Untuk membantu memahami bagian in, kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:

 

*     Apakah karakter serta elemen dari mata pelajaran ini?

Tahap 4

4.     Capaian Per fase: kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase

Bagian ini berisi kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase.

Untuk membantu memahami bagian ini, kita dapat menggunakan pertanyaan seperti berikut:

Ø  Apa yang akan dipelajari di Fase ini?

Ø  Kata-kata kunci apa yang penting dalam CP?

Untuk belajar memahami Capaian Pembelajaran, pendidik juga bisa membentuk komunitas belajar di satuan pendidikannya,bergabung dengan komunitas belajar yang sudah ada atau belajar dari contoh-contoh CP pada mata pelajaran lain.Karena pada dasarnya,CP disusun dengan prinsip yang sama.

"Pemahaman terhadap CP sangat penting untuk memberikan layanan pembelajaran yang mendalam dan bermakna bagi peserta didik."

Ibu dan Bapak Guru, memahami CP adalah langkah pertama yang sangat penting, karena tentunya kita sebagai pendidik perlu memahami apa yang akan kita ajarkan.

Dengan berkolaborasi untuk memahami CP maka Ibu Bapak akan lebih siap dalam melaksanakan langkah selanjutnya, yaitu: menerapkan Tujuan Pembelajaran, Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran dan Mengembangkan Modul Ajar.

"Pemahaman kita terhadap apa yang harus dicapai menentukan cara kita untuk mencapainya".

Tidak ada komentar:

HARI YANG DINANTI, TAPI SALAH KOSTUM

DI BALIK SENG DAN JENDELA KACA Di bawah langit siang yang panas membakar, angin tak peduli, seng mengerang dalam bisik keluh kesah. Adik ipa...