BAB III
MEMAHAMI CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada
Modul Kurikulum Merdeka, kita sudah mempelajari mengenai Capaian Pembelajaran
yaitu:
"Kompetensi
Pembelajaran (CP) yang harus dicapai oleh peserta didik dalam SATU FASE"
Capaian
Pembelajaran ini ditetapkan oleh pemerintah, namun,untuk memandu kegiatan
pembelajaran sehari-hari,
"
CP perlu diuraikan menjadi tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan
konkrit"
Perencanaan
Pembelajaran ini merupakan bagian dari
"Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan.''
Proses
berpikir dalam merencanakan Pembelajaran dapat digambarkan menjadi 4 tahap
yaitu:
1)
Memahami
CP
2)
Merumuskan
Tujuan Pembelajaran
3)
Menyusun
Alur Tujuan Pembelajaran
4)
Merancang
Pembelajaran
Pada
bahasan ini kita akan mempelajari tahap Pertama yaitu: Memahami CP
"Capaian
Pembelajaran disusun dalam fase,1 fase terdiri dari 1-3 tahun"Jadi, fase
tidak sama dengan kelas.
Fase
merupakan kompetensi,sedangkan kelas menunjukkan kelompok berdasarkan usia.
Oleh karena itu, dalam merencanakan pembelajaran untuk satu fase,pendidik
hendaknya melakukan kolaborasi dan komunikasi
dengan
rekan pendidik yang sama-sama mengajar pada satu fase yang sama.Sebagai
Contoh:
CP
pada Fase D berlaku untuk kelas VII,VIII dan IX.Saat merancang pembelajaran Pendidikan
kelas VII hingga kelas IX,perlu duduk bersama untuk menentukan rencana batasan
kompetensi di setiap jenjang ,dengan begitu kompetensi pembelajaran yang akan
dicapai peserta didik dapat dipelajari secara berkesinambungan.
Pendidik
juga dapat saling menyatakan informasi terkait karakteristik peserta didik di
setiap jenjang atau informasi lain yang dibutuhkan dalam merancang
pembelajaran.
Untuk
memahami Capaian Pembelajaran ada 4 langkah yaitu:
1)
Memahami
RASIONAL
2)
Memahami
TUJUAN Mata Pelajaran
3)
Mempelajari
KARAKTERISTIK dan
4)
Mempelajari
CAPAIAN PER FASE
Tahap 1
1.
Rasional
: pentingnya mempelajari sebuah mata pelajaran dan kaitannya dengan Profil
Pelajar Pancasila
Untuk
membantu memahami bagian ini, kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti
berikut:
Ø
Mengapa
peserta didik perlu belajar mata pelajaran ini?
Ø
Apa
Fokus utama yang ingin dicapai dari mapel ini?
Ø
Bagaimana
mapel ini berperan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ?
Tahap 2
2.
Tujuan: Kemampuan atau kompetensi yang dituju
peserta didik di mata pelajaran.
Tujuan
menjelaskan kemampuan atau kompetensi yang dituju setelah peserta didik
mempelajari mata pelajaran tersebut secara keseluruhan.
Untuk
membantu memahami bagian ini, kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik
seperti berikut:
Kompetensi apa saja yang perlu
dimiliki peserta didik untuk sampai di Capaian Pembelajaran akhir fase?
Tahap 3
3.
Karakteristik
: menjelaskan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut serta
elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran
Bagian
karakteristik apa yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut serta
elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran.
Untuk
membantu memahami bagian in, kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti
berikut:
Apakah karakter serta elemen dari
mata pelajaran ini?
Tahap 4
4.
Capaian
Per fase: kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase
Bagian
ini berisi kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase.
Untuk
membantu memahami bagian ini, kita dapat menggunakan pertanyaan seperti
berikut:
Ø
Apa
yang akan dipelajari di Fase ini?
Ø
Kata-kata
kunci apa yang penting dalam CP?
Untuk
belajar memahami Capaian Pembelajaran, pendidik juga bisa membentuk komunitas
belajar di satuan pendidikannya,bergabung dengan komunitas belajar yang sudah
ada atau belajar dari contoh-contoh CP pada mata pelajaran lain.Karena pada
dasarnya,CP disusun dengan prinsip yang sama.
"Pemahaman
terhadap CP sangat penting untuk memberikan layanan pembelajaran yang mendalam
dan bermakna bagi peserta didik."
Ibu
dan Bapak Guru, memahami CP adalah langkah pertama yang sangat penting, karena
tentunya kita sebagai pendidik perlu memahami apa yang akan kita ajarkan.
Dengan
berkolaborasi untuk memahami CP maka Ibu Bapak akan lebih siap dalam
melaksanakan langkah selanjutnya, yaitu: menerapkan Tujuan Pembelajaran,
Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran dan Mengembangkan Modul Ajar.
"Pemahaman
kita terhadap apa yang harus dicapai menentukan cara kita untuk
mencapainya".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar