BAB IV
CONTOH (1)
MEMAHAMI CAPAIAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari cara memahami naskah Capaian Pembelajaran (CP)
sekarang,mari
kita coba praktikkan pada salah satu mata pelajaran.
Pada
pembahasa ini,kita akan praktik memahami Capaian Pembelajaran dengan contoh
mata pelajaran IPAS di fase B.
Perlu
diingat bahwa,contoh ini juga bisa diterapkan pada mata pelajaran lain, karena
prinsip dan proses berpikir yang digunakan tetap sama.
Mari
mulai dengan melakukan langkah pertama yaitu:
Tahap 1
1.
Memahami
RASIONAL
Dimulai
dari memahami:
"Mengapa
peserta didik perlu mempelajari mata pelajaran ini "?
Rasional
Mata Pelajaran terdiri atas definisi mapel ,fungsi dan ruang lingkup
"Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji
tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan
mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial
yang berinteraksi dengan lingkungannya.
Secara
umum,ilmu pengetahuan diartikan sebagai bahasa Indonesia, 2016). Pengetahuan
ini melingkupi pengetahuan alam dan pengetahuan sosial.
Pendidikan
IPAS memiliki peran dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran
ideal profil peserta didik Indonesia. lPAS membantu peserta didik menumbuhkan
keingintahuan terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya. Keinginan tahun ini
dapat memicu "
Dari
teks ini dapat ditarik kesimpulan bahwa mapel IPAS menjadi penting untuk
dipelajari,karena ruang lingkup materi yang dibahas dalam mapel IPAS merupakan
topik yang memiliki keterkaitan dengan keseharian hidup kita baik sebagai
individu,maupun sebagai makhluk sosial.
Selanjutnya memahami:
"Apa
Fokus utama yang ingin dicapai dari mata pelajaran ini ?"
Dalam
paragraf ini terlihat bahwa
Sebagai
Negara Yang kaya akan budaya dan kearifan lokal, melalui IPAS diharapkan peserta
didik menggali kekayaan kearifan lokal
terkat IPAS termasuk menggunakannya dalam memecahkan masalah.Oleh karena itu,
Fokus utama yang ingin dicapai dari pembelajaran IPAS di SD/MI/Program Paket A
bukanlah pada seberapa banyak konten materi yang dapat diserap oleh peserta
didik, akan tetapi dari seberapa besar kompetensi peserta didik dalam
memanfaatkan Pengetahuan yang dimiliki.Dengan mempertimbangkan bahwa anak usia
SD/MI/Program Paket A masih melihat segala sesuatu secara apa adanya, utuh dan
terpadu maka pembelajaran IPA dan IPS disederhanakan menjadi satu mata
pelajaran yaitu IPAS. Hal ini juga dilakukan dengan pertimbangan anak usia
SD/MI/Program Paket A masih dalam tahap berpikir konkrit/sederhana, holistik,
komprehensif, dan tidak detail.
Fokus utama pembelajaran IPAS adalah
"Fokus
utama yang ingin dicapai dari pembelajaran IPAS di SD/MI/Program Paket A
bukanlah pada seberapa banyak konten materi yang dapat diserap oleh peserta
didik, akan tetapi dari seberapa besar kompetensi peserta didik dalam
memanfaatkan Pengetahuan yang dimiliki"
Tentang
bagaimana peserta didik mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki untuk bisa
menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap fenomena yang terjadi di sekitar.
Artiny,
kompetensi yang diharapkan bukan sebatas pengetahuan saja
Pertanyaan
selanjutnya adalah:
"Bagaimana
mapel ini dapat berperan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ?"
Dengan
berbagai topik yang dibahas dalam mapel IPAS diharapkan akan dapat menumbuhkan
rasa ingin tahu para peserta didik terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya
Keingintahuan
ini juga diharapkan dapat menumbuhkan sikap akhlak mulia terhadap
dirinya,terhadap alam, juga mengasah daya nalar peserta didik untuk menjadi
lebih kritis kreatif dan juga Mandiri.Dan ini merupakan salah satu wujud Profil
Pelajar Pancasila.
Selanjutnya,
kita ke
Tahap 2
2.
Memahami
TUJUAN Mata Pelajaran
"
Kompetensi apa saja yang perlu dimiliki peserta didik untuk sampai di Capaian
Pembelajaran akhir fase?"
Ibu
Bapak bisa coba cari kata kerja
operasional dalam kalimat-kalimat ini:
Ø
Mengembangkan
ketertarikan
Ø
Berperan
aktif
Ø
Mengembangkan
keterampilan Inkuiri
Ø
Mengerti
siapa dirinya
Ø
Memahami
persyaratan
Ø
Mengembangkan
pengetahuan dan pemahaman konsep
Dengan
begitu,akan lebih mudah bagi Bapak Ibu Guru untuk mengetahui kompetensi apa
saja yang ingin dicapai
Seperti:
mengembangkan diri, berperan aktif, mengembangkan keterampilan inkuiri,mengerti
siapa dirinya, memahami persyaratan, mengembang- kan,dan pengetahuan dan pemahaman konsep dan sebagainya
.
Tahap 3
3.
Mem
pelajari KARAKTERISTIK Mata Pelajaran
"Apa
sajakah karakter dan elemen yang terdapat dalam Mata Pelajaran?"
A).
Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Seiring
dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan juga senantiasa mengalami
perkembangan.Apa yang kita ketahui sebagai pergeseran di masa kini maupun masa
depan.Itu sebabnya ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan merupakan sebuah upaya
trus
Pembelajaran
IPAS memiliki karakter yang dinamis dan senantiasa berkembang berdasarkan
penelitian terbaru.
Artinya
pendidik juga perlu terus memperbarui wawasan dan keilmuannya.
Kemudian,
ada 2 elemen utama dalam pembelajaran IPAS:
a)
Pemahaman
IPAS
b)
Keterampilan
Proses
Elemen
pemahaman IPAS,
membuat
penjelasan mengenai peran pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dalam
penyelesaian masalah di kehidupan sehari-hari
Sedangkan
pada elemen "Keterampilan Proses", Kita dapat mempelajari mengenai
peran keterampilan inkuiri dalam pendidikan sains.
Elemen
keterampilan proses menjadi kompetensi yang perlu dimiliki oleh murid untuk
menunjang pemahaman sains.
Artinya,pendidik
bisa menggunakan 6 keterampilan ini sebagai siklus pembelajaran untuk mencapai
elemen pemahaman IPAS.
Jadi,
setiap mempelajari ruang lingkup materi apapun, Peserta didik selalu melalui
proses sebagai berikut:
1)
Mengamati
2)
Mempertanyakan
dan Memprediksi
3)
Merencanakan
dan Melakukan penyelidikan
4)
Memproses
dan menganalisis data dan informasi
5)
Mengevaluasi
dan refleksi
6)
Mengkomunikasikan
hasil
Hal
inilah yang menjadi karakteristik mata pelajaran IPAS dan semua kelompok mata
pelajaran IPA dan IPS.
Mata
pelajaran lainnya tentu akan memiliki karakteristik dan elemen yang
berbeda.namun,pendekatan inkuiri seperti keterampilan proses ini bisa juga diterapkan
dalam perencanaan pembelajaran lainnya.
Tahap 4
4.
Mempelajari
CAPAIAN PER FASE
Falam
bagian ini kita bisa mencari tahu mengenai:
A.
"Apa
yang akan dipelajari di Fase ini?"
B.
"Kata-kata
kunci apa yang penting dalam CP?"
Ibu
Bapak bisa mempelajari fase yang di mana Ibu Bapak mengajar dan menandai
kata-kata kunci yang membuat kompetensi dan ruang lingkup yang akan dipelajari.
Misalnya:
Dalam
kalimat ini disebutkan peserta didik akan mempelajari keterkaitan antara
pengetahuan IPAS dengan konsep-konsep yang ada di lingkungan sekitar.
Artinya
pembelajaran mengenai konsep IPA dan IPS
"Pembelajaran
harus bersifat kontekstual dan dikaitkan dengan keseharian murid".
Kemudian
murid perlu menunjukkan pemahamannya dengan menyelesaikan tantangan yang
dihadapi dalam kehidupan sehari-hari
l.Pada
tabel elemen
Elemen:
Pemahaman
IPAS (sains dan sosial)
Capaian
Pembelajaran:
Peserta
didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada
manusia (pancaindra). Peserta didik dapat......
Pada
tabel elemen, kita bisa melihat lebih rinci kompetensi dan ruang lingkup yang
akan dipelajari di fase tersebut.
jika
diperlukan, pendidik bisa mempelajari juga fase sebelum atau setelahnya untuk
membantu melihat kesinambungan antar fase.
Dengan
memahami CP IPAS ini,pendidik bisa mengetahui diantaranya:
Mapel
IPAS tidak berfokus pada banyaknya pengetahuan yang diserap peserta didik tapi
bagaimana peserta didik menerapkan pengetahuannya.
Mapel
IPAS menekankan pada keterampilan proses atau inkuiri pada siklus belajarnya.
Hal
ini sangat mempengaruhi pada perencanaan belajar nantinya.
Hal-hal
ini tidak akan diketahui oleh pendidik jika ia tidak membaca dan mempelajari CP
nya masing-masing.
Perlu
Bapak Ibu ketahui,bahwa proses merumuskan Capaian Pembelajaran ini juga
melibatkan para guru,maka sebagai orang yang terlibat langsung di
lapangan,umpan balik dari kita sangat dibutuhkan oleh pemerintah.
Dengan
memahami CP, merumuskan TP dan menyusun ATP sampai modul ajar, maka Ibu Bapak
juga kelak dapat memberikan masukan kepada pemerintah terkait CP ini.
Sekarang,
"
Silahkan Ibu Bapak melanjutkan mempelajari CP masing-masing atau menyimak
contoh-contoh lain jika diperlukan"
"Memahami
tujuan, karakteristik, serta ruang lingkup mata pelajaran membantu pendidik
membuat perencanaan pembelajaran yang lebih baik."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar