Selasa, 25 April 2023

BAB IV CONTOH (1) MEMAHAMI CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

BAB IV

CONTOH (1)

 MEMAHAMI CAPAIAN PEMBELAJARAN



Setelah mempelajari cara memahami naskah Capaian Pembelajaran (CP)

sekarang,mari kita coba praktikkan pada salah satu mata pelajaran.

Pada pembahasa ini,kita akan praktik memahami Capaian Pembelajaran dengan contoh mata pelajaran IPAS di fase B.

Perlu diingat bahwa,contoh ini juga bisa diterapkan pada mata pelajaran lain, karena prinsip dan proses berpikir yang digunakan tetap sama.

Mari mulai dengan melakukan langkah pertama yaitu:

Tahap 1

1.     Memahami RASIONAL

Dimulai dari memahami:

"Mengapa peserta didik perlu mempelajari mata pelajaran ini "?

Rasional Mata Pelajaran terdiri atas definisi mapel ,fungsi dan ruang lingkup

"Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya.

Secara umum,ilmu pengetahuan diartikan sebagai bahasa Indonesia, 2016). Pengetahuan ini melingkupi pengetahuan alam dan pengetahuan sosial.

Pendidikan IPAS memiliki peran dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran ideal profil peserta didik Indonesia. lPAS membantu peserta didik menumbuhkan keingintahuan terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya. Keinginan tahun ini dapat memicu "

Dari teks ini dapat ditarik kesimpulan bahwa mapel IPAS menjadi penting untuk dipelajari,karena ruang lingkup materi yang dibahas dalam mapel IPAS merupakan topik yang memiliki keterkaitan dengan keseharian hidup kita baik sebagai individu,maupun sebagai makhluk sosial.

 Selanjutnya memahami:

"Apa Fokus utama yang ingin dicapai dari mata pelajaran ini ?"

Dalam paragraf ini terlihat bahwa

 

Sebagai Negara Yang kaya akan budaya dan kearifan lokal, melalui IPAS diharapkan peserta didik  menggali kekayaan kearifan lokal terkat IPAS termasuk menggunakannya dalam memecahkan masalah.Oleh karena itu, Fokus utama yang ingin dicapai dari pembelajaran IPAS di SD/MI/Program Paket A bukanlah pada seberapa banyak konten materi yang dapat diserap oleh peserta didik, akan tetapi dari seberapa besar kompetensi peserta didik dalam memanfaatkan Pengetahuan yang dimiliki.Dengan mempertimbangkan bahwa anak usia SD/MI/Program Paket A masih melihat segala sesuatu secara apa adanya, utuh dan terpadu maka pembelajaran IPA dan IPS disederhanakan menjadi satu mata pelajaran yaitu IPAS. Hal ini juga dilakukan dengan pertimbangan anak usia SD/MI/Program Paket A masih dalam tahap berpikir konkrit/sederhana, holistik, komprehensif, dan tidak detail.

 Fokus utama pembelajaran IPAS adalah

"Fokus utama yang ingin dicapai dari pembelajaran IPAS di SD/MI/Program Paket A bukanlah pada seberapa banyak konten materi yang dapat diserap oleh peserta didik, akan tetapi dari seberapa besar kompetensi peserta didik dalam memanfaatkan Pengetahuan yang dimiliki"

Tentang bagaimana peserta didik mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki untuk bisa menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap fenomena yang terjadi di sekitar.

Artiny, kompetensi yang diharapkan bukan sebatas pengetahuan saja

Pertanyaan selanjutnya adalah:

"Bagaimana mapel ini dapat berperan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ?"

Dengan berbagai topik yang dibahas dalam mapel IPAS diharapkan akan dapat menumbuhkan rasa ingin tahu para peserta didik terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya

Keingintahuan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan sikap akhlak mulia terhadap dirinya,terhadap alam, juga mengasah daya nalar peserta didik untuk menjadi lebih kritis kreatif dan juga Mandiri.Dan ini merupakan salah satu wujud Profil Pelajar Pancasila.

Selanjutnya, kita ke

 

Tahap 2

2.     Memahami TUJUAN Mata Pelajaran

" Kompetensi apa saja yang perlu dimiliki peserta didik untuk sampai di Capaian Pembelajaran akhir fase?"

Ibu Bapak  bisa coba cari kata kerja operasional dalam kalimat-kalimat ini:

Ø  Mengembangkan ketertarikan

Ø  Berperan aktif

Ø  Mengembangkan keterampilan Inkuiri

Ø  Mengerti siapa dirinya

Ø  Memahami persyaratan

Ø  Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep

 

Dengan begitu,akan lebih mudah bagi Bapak Ibu Guru untuk mengetahui kompetensi apa saja yang ingin dicapai

Seperti: mengembangkan diri, berperan aktif, mengembangkan keterampilan inkuiri,mengerti siapa dirinya, memahami persyaratan, mengembang- kan,dan  pengetahuan dan pemahaman konsep dan sebagainya .

 

Tahap 3

3.     Mem pelajari KARAKTERISTIK Mata Pelajaran

"Apa sajakah karakter dan elemen yang terdapat dalam Mata Pelajaran?"

A). Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan juga senantiasa mengalami perkembangan.Apa yang kita ketahui sebagai pergeseran di masa kini maupun masa depan.Itu sebabnya ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan merupakan sebuah upaya trus

Pembelajaran IPAS memiliki karakter yang dinamis dan senantiasa berkembang berdasarkan penelitian terbaru.

Artinya pendidik juga perlu terus memperbarui wawasan dan keilmuannya.

Kemudian, ada 2 elemen utama dalam pembelajaran IPAS:

a)     Pemahaman IPAS

b)     Keterampilan Proses

Elemen pemahaman IPAS,

membuat penjelasan mengenai peran pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dalam penyelesaian masalah di kehidupan sehari-hari

Sedangkan pada elemen "Keterampilan Proses", Kita dapat mempelajari mengenai peran keterampilan inkuiri dalam pendidikan sains.

Elemen keterampilan proses menjadi kompetensi yang perlu dimiliki oleh murid untuk menunjang pemahaman sains.

Artinya,pendidik bisa menggunakan 6 keterampilan ini sebagai siklus pembelajaran untuk mencapai elemen pemahaman IPAS.

Jadi, setiap mempelajari ruang lingkup materi apapun, Peserta didik selalu melalui proses sebagai berikut:

1)     Mengamati

2)     Mempertanyakan dan Memprediksi

3)     Merencanakan dan Melakukan penyelidikan

4)     Memproses dan menganalisis data dan informasi

5)     Mengevaluasi dan refleksi

6)     Mengkomunikasikan hasil

 

Hal inilah yang menjadi karakteristik mata pelajaran IPAS dan semua kelompok mata pelajaran IPA dan IPS.

Mata pelajaran lainnya tentu akan memiliki karakteristik dan elemen yang berbeda.namun,pendekatan inkuiri seperti keterampilan proses ini bisa juga diterapkan dalam perencanaan pembelajaran lainnya.

 

Tahap 4

4.     Mempelajari CAPAIAN PER FASE

Falam bagian ini kita bisa mencari tahu mengenai:

A.    "Apa yang akan dipelajari di Fase ini?"

B.    "Kata-kata kunci apa yang penting dalam CP?"

Ibu Bapak bisa mempelajari fase yang di mana Ibu Bapak mengajar dan menandai kata-kata kunci yang membuat kompetensi dan ruang lingkup yang akan dipelajari.

Misalnya:

Dalam kalimat ini disebutkan peserta didik akan mempelajari keterkaitan antara pengetahuan IPAS dengan konsep-konsep yang ada di lingkungan sekitar.

Artinya pembelajaran mengenai konsep IPA dan IPS

"Pembelajaran harus bersifat kontekstual dan dikaitkan dengan keseharian murid".

Kemudian murid perlu menunjukkan pemahamannya dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari

l.Pada tabel elemen

Elemen:

Pemahaman IPAS (sains dan sosial)

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat......

Pada tabel elemen, kita bisa melihat lebih rinci kompetensi dan ruang lingkup yang akan dipelajari di fase tersebut.

jika diperlukan, pendidik bisa mempelajari juga fase sebelum atau setelahnya untuk membantu melihat kesinambungan antar fase.

Dengan memahami CP IPAS ini,pendidik bisa mengetahui diantaranya:

Mapel IPAS tidak berfokus pada banyaknya pengetahuan yang diserap peserta didik tapi bagaimana peserta didik menerapkan pengetahuannya.

Mapel IPAS menekankan pada keterampilan proses atau inkuiri pada siklus belajarnya.

Hal ini sangat mempengaruhi pada perencanaan belajar nantinya.

Hal-hal ini tidak akan diketahui oleh pendidik jika ia tidak membaca dan mempelajari CP nya masing-masing.

Perlu Bapak Ibu ketahui,bahwa proses merumuskan Capaian Pembelajaran ini juga melibatkan para guru,maka sebagai orang yang terlibat langsung di lapangan,umpan balik dari kita sangat dibutuhkan oleh pemerintah.

Dengan memahami CP, merumuskan TP dan menyusun ATP sampai modul ajar, maka Ibu Bapak juga kelak dapat memberikan masukan kepada pemerintah terkait CP ini.

Sekarang,

" Silahkan Ibu Bapak melanjutkan mempelajari CP masing-masing atau menyimak contoh-contoh lain jika diperlukan"

"Memahami tujuan, karakteristik, serta ruang lingkup mata pelajaran membantu pendidik membuat perencanaan pembelajaran yang lebih baik."

Tidak ada komentar:

HARI YANG DINANTI, TAPI SALAH KOSTUM

DI BALIK SENG DAN JENDELA KACA Di bawah langit siang yang panas membakar, angin tak peduli, seng mengerang dalam bisik keluh kesah. Adik ipa...