BAB V
MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)
Tahap
1
Sekarang
kita akan mempelajari langkah ke-2 pada tahap perencanaan pembelajaran,yaitu
merumuskan Tujuan Pembelajaran.
Pada
tahap ini,pendidik cukup merancang tujuan-tujuan pembelajaran yang lebih
operasional dan konkret terlebih dahulu.
Proses
mengurutkan tujuan pembelajaran akan disusun pada tahap berikutnya.
Ibu
dan Bapak Guru, dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran kita juga perlu
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta konsep/topik yang dipelajari,
karakteristik peserta didik, dan konteks lingkungan pembelajaran
Ibu
dan Bapak Guru,
Tujuan
Pembelajaran sebaiknya membuat 2 komponen utama yaitu:
1)
Kompetensi
2)
Ruang
lingkup materi
Kompetensi yaitu kemampuan atau
keterampilan yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan oleh peserta didik.
Untuk
menentukan kompetensi,kita bisa menggunakan beberapa pertanyaan seperti:
ü
Secara
konkret,Kemampuan apa yang perlu peserta didik tunjukkan?
ü
Tahap
berpikir apa yang perlu peserta didik tunjukkan?
Lingkup Materi
Lingkup
Materi yaitu: konten utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit
pembelajaran
Untuk
kedalaman materi /konten, Ibu dan Bapak dapat melihat CP dari fase sebelum dan
sesudah dari fase yang diajarkan.
Pertanyaan
panduan yang dapat digunakan pendidik dalam menentukan lingkup materi, antara
lain:
Ø
Hal
apa saja yang perlu dipelajari peserta didik dari suatu konsep besar yang
dinyatakan dalam CP ?
Ø
Apakah
lingkungan sekitar dan kehidupan peserta didik dapat digunakan sebagai konteks
untuk mempelajari konten dalam CP ?
Tahap
2
yang
perlu diperhatikan pada tahap kedua ini yaitu:
Tujuan
pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum bukan tujuan pembelajaran harian,
tujuan instruksional Umum bukan tujuan instruksional khusus.
Saat
merumuskannya,kita dapat menggali kata kunci yang kita temukan saat memahami
apa yang ada di pembelajaran.Selain itu dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran
kita dapat menggunakan pendekatan- pendekatan
teori seperti
Pendekatan
Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Karthwohl di tahun 2001 .
·
Level
1.Mengingat
·
Level
2.Memahami
·
Level
3.Mengaplikasikan
·
Level
4.Menganalis
·
Level
5.Mengevaluasi
·
Level
6.Menciptakan
Pendekatan
tentang enam bentuk pemahaman yang dikembangkan oleh Tighe dan wiggins di tahun
2005,l
1.
Penjelasan
2.
Aplikasi
3.
Empati
4.
Interpretasi
5.
Perspektif
6.
Pengenalan
atau Refleksi Diri
Pendekatan
tiga sistem dalam domain pengetahuan yang dikembangkan oleh marzano.2000
§
Tingkat
1.(Mengenali dan Mengingat Kembali )
§
Tingkat
2.(Pemahaman),
§
Tingkat
3.(Analisis),
§
Tingkat
4. (Pemanfaatan Pengetahuan ),
§
Tingkat
5.(Metakognisi)
§
Tingkat
6.(Sistem Diri)
Selain
ketiga teori ini,Pendidik juga dapat menggunakan teori atau pendekatan
lain,selama teori tersebut dinilai relevan.
Ibu
dan Bapak Guru, dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran,ada 3 cara yang dapat kita
gunakan yaitu:
3
Alternatif cara dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran:
1.
Rumuskan
tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP
2.
Merumuskan
Tujuan Pembelajaran dengan menganalisis "KOMPETENSI" dan
"LINGKUP MATERI"pada CP
3.
Merumuskan Tujuan Pembelajaran Lintas Elemen CP
Cara
merumuskan Tujuan Pembelajaran dengan 3 cara ini akan dibahas Lebih detail
dengan menggunakan contoh pada video-video selanjutnya.
Ibu
dan Bapak dapat memilih alternatif yang biasanya nyaman atau sesuai dengan
kebutuhan mata pelajarannya, atau mengembangkan cara sendiri dengan menggunakan
prinsip yang sama.
Kita
juga bisa menggunakan tujuan-tujuan pembelajaran yang sudah disediakan oleh
pemerintah pusat di Platform Merdeka Mengajar.
Contoh-contoh
dalam Platform Merdeka Mengajar dapat kita gunakan langsung atau dimodifikasi.
Ibu
dan Bapak dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan proses belajarnya
masing-masing.
Selamat
Mencoba!
"Dalam
merumuskan tujuan pembelajaran pendidik perlu memperhatikan karakteristik mata pelajaran
serta konsep/topik yang dipelajari, karakteristik peserta didik, dan konsep
lingkungan pembelajaran."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar