Selasa, 25 April 2023

BAB V MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)

 

BAB V

MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)





Tahap 1

Agar peserta didik dapat mencapai Capaian Pembelajaran Di akhir fase maka pendidik perlu menurunkan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran(TP).

Sekarang kita akan mempelajari langkah ke-2 pada tahap perencanaan pembelajaran,yaitu merumuskan Tujuan Pembelajaran.

Pada tahap ini,pendidik cukup merancang tujuan-tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret terlebih dahulu.

Proses mengurutkan tujuan pembelajaran akan disusun pada tahap berikutnya.

Ibu dan Bapak Guru, dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran kita juga perlu memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta konsep/topik yang dipelajari, karakteristik peserta didik, dan konteks lingkungan pembelajaran

Ibu dan Bapak Guru,

Tujuan Pembelajaran sebaiknya membuat 2 komponen utama yaitu:

1)     Kompetensi

2)     Ruang lingkup materi

*     Kompetensi yaitu kemampuan atau keterampilan yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan oleh peserta didik.

Untuk menentukan kompetensi,kita bisa menggunakan beberapa pertanyaan seperti:

ü  Secara konkret,Kemampuan apa yang perlu peserta didik tunjukkan?

ü  Tahap berpikir apa yang perlu peserta didik tunjukkan?

*     Lingkup Materi

Lingkup Materi yaitu: konten utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran

Untuk kedalaman materi /konten, Ibu dan Bapak dapat melihat CP dari fase sebelum dan sesudah dari fase yang diajarkan.

Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik dalam menentukan lingkup materi, antara lain:

Ø  Hal apa saja yang perlu dipelajari peserta didik dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP ?

Ø  Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan peserta didik dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam CP ?

Tahap 2

yang perlu diperhatikan pada tahap kedua ini yaitu:

Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum bukan tujuan pembelajaran harian, tujuan instruksional Umum bukan tujuan instruksional khusus.

Saat merumuskannya,kita dapat menggali kata kunci yang kita temukan saat memahami apa yang ada di pembelajaran.Selain itu dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran kita dapat menggunakan pendekatan- pendekatan  teori seperti

Pendekatan Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Karthwohl di tahun 2001 .

·       Level 1.Mengingat

·       Level 2.Memahami

·       Level 3.Mengaplikasikan

·       Level 4.Menganalis

·       Level 5.Mengevaluasi

·       Level 6.Menciptakan

Pendekatan tentang enam bentuk pemahaman yang dikembangkan oleh Tighe dan wiggins di tahun 2005,l

1.     Penjelasan

2.     Aplikasi

3.     Empati

4.     Interpretasi

5.     Perspektif

6.     Pengenalan atau Refleksi Diri

Pendekatan tiga sistem dalam domain pengetahuan yang dikembangkan oleh marzano.2000

§  Tingkat 1.(Mengenali dan Mengingat Kembali )

§  Tingkat 2.(Pemahaman),

§  Tingkat 3.(Analisis),

§  Tingkat 4. (Pemanfaatan  Pengetahuan ),

§  Tingkat 5.(Metakognisi)

§  Tingkat 6.(Sistem Diri)

Selain ketiga teori ini,Pendidik juga dapat menggunakan teori atau pendekatan lain,selama teori tersebut dinilai relevan.

Ibu dan Bapak Guru, dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran,ada 3 cara yang dapat kita gunakan yaitu:

3 Alternatif cara dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran:

1.     Rumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP

2.     Merumuskan Tujuan Pembelajaran dengan menganalisis "KOMPETENSI" dan "LINGKUP MATERI"pada CP

3.     Merumuskan  Tujuan Pembelajaran Lintas Elemen CP

Cara merumuskan Tujuan Pembelajaran dengan 3 cara ini akan dibahas Lebih detail dengan menggunakan contoh pada video-video selanjutnya.

Ibu dan Bapak dapat memilih alternatif yang biasanya nyaman atau sesuai dengan kebutuhan mata pelajarannya, atau mengembangkan cara sendiri dengan menggunakan prinsip yang sama.

Kita juga bisa menggunakan tujuan-tujuan pembelajaran yang sudah disediakan oleh pemerintah pusat di Platform Merdeka Mengajar.

Contoh-contoh dalam Platform Merdeka Mengajar dapat kita gunakan langsung atau dimodifikasi.

Ibu dan Bapak dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan proses belajarnya masing-masing.

 

Selamat Mencoba!

"Dalam merumuskan tujuan pembelajaran pendidik perlu memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta konsep/topik yang dipelajari, karakteristik peserta didik, dan konsep lingkungan pembelajaran."

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

HARI YANG DINANTI, TAPI SALAH KOSTUM

DI BALIK SENG DAN JENDELA KACA Di bawah langit siang yang panas membakar, angin tak peduli, seng mengerang dalam bisik keluh kesah. Adik ipa...