BAB VI
CONTOH (1)
MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari tentang prinsip merumuskan Tujuan Pembelajaran,
Sekarang
mari kita coba mempraktikkannya pada salah satu mata pelajaran
Pada
paparan kali ini kita akan praktek merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara
alternatif 2 pada mata pelajaran IPAS fase B
Alternatif
2
Yaitu:mengidentifikasikan
kata kunci pada CP yang berkaitan dengan kompetensi dan lingkup materi
Ibu
dan Bapak Guru yang mengajar mata pelajaran lain tetap bisa mengikuti karena
prinsip dan proses berpikir yang digunakan tetap sama.
Sebelum
memulai, siapkan kembali dokumen Capaian Pembelajaran masing-masing serta buku
catatan atau laptop untuk praktik.
Pada
Alternatif 2
"Tujuan
pembelajaran dirumuskan dengan menganalisis KOMPETENSI dan LINGKUP MATERI pada
CP"
Jadi
yang dilakukan adalah
1)
Mengidentifikasi
kata kunci pada CP yang berkaitan dengan KOMPETENSI dan LINGKUP MATERI
Mari
kita praktikan pada elemen pertama yaitu:
Elemen :
Pemahaman
IPAS (sains dan sosial)
Capaian Pembelajaran:
Peserta
didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada
manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan
bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik
dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya
alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk
hidup.
Pada kalimat ini,kompetensi yang diminta adalah
"Menganalisis
hubungan"
Lingkup materinya adalah
"Fungsi
pancaindra"
Pada kalimat selanjutnya,peserta didik diminta
"membuat
alat simulasi"
Lingkup materinya adalah
"siklus
makhluk hidup'
Dan
dilanjutkan untuk semua kalimat dalam semua elemen.
2)
Mengelompokkan
hasil identifikasi
Kita
kelompokkan KOMPETENSI dan RUANG
LINGKUPNYA
Untuk
mempermudah analisis,hasil identifikasi ini bisa kita tuangkan dalam tabel
seperti contoh berikut:
Elemen Pemahaman IPAS
Kalimat CP
Menganalisis
hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra).
Kompetensi:
Menganalisis
hubungan
Ruang Lingkup:
Pancaindra
Kalimat CP:
Membuat
simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk
hidup.
Kompetensi:
Membuat
simulasi
Ruang Lingkup:
Siklus
hidup makhluk hidup
Kalimat CP:
Mengidentifikasi
masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya
dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Kompetensi:
Mengidentifikasi
Ruang Lingkup:
Sumber
daya alam
Pada
contoh ini CP diuraikan per kalimat karena dalam karakteristik mata pelajaran
IPAS,setiap kalimat CP dapat membuat ruang lingkup materi yang berbeda-beda.
Kita
juga bisa mengelompokkan hasil identifikasi dengan ruang lingkup yang sama.
Misalnya:
Untuk
contoh berikut:
Kalimat CP:
Ø
Mengidentifikasi
proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kalimat CP:
Ø
Mengidentifikasi
sumber dan bentuk energi
Kalimat CP:
Ø
Menjelaskan
proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi
kalor, listrik, bunyi, cahaya).
Ruang Lingkup:
Ø
Sumber
dan Energi
Ketiga
Kalimat CP dapat dikelompokkan dalam ruang lingkup energi.
"Ini
hanya salah satu contoh cara untuk memudahkan analisis bukan menjadi format
atau cara baku".
Sedangkan
untuk elemen keterampilan proses,Kompetensi ini merupakan keterampilan inkuiri
yang bisa membantu pemahaman IPAS di setiap ruang lingkup materi.
Elemen Pemahaman Proses
Ø
Pada
akhir Fase ini peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana
dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya
(Mengamati)
Ø
Dengan
menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasikan pertanyaan yang dapat
diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang
dimiliki sebelumnya.
(Mempertanyakan dan memprediksi)
Ø
Dengan
panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah
operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan .Menggunakan alat dan bahan
yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat
bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.
(Merencanakan dan melakukan
penyelidikan)
Ø
Mengorganisasikan
data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan
mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara hasil pengamatan
dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah.
(Memproses dan menganalisis data
dan informasi)
Ø
Mengevaluasi
kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada .Menunjukkan kelebihan
dan kekurangan proses penyelidikan.
(Mengevaluasi dan refleksi)
Ø
Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai format.
(Mengkomunikasikan hasil)
Informasi
seperti ini didapatkan saat kita mempelajari CP
Jadi
kompetensi pada elemen ini dikembangkan saat melaksanakan elemen pemahaman dan
bisa dijadikan referensi saat melakukan perencanaan pembelajaran di setiap
ruang lingkup.
3)
Merumuskan
Tujuan Pembelajaran
Tahap
terakhir adalah merumuskan tujuan pembelajaran l.
Misalnya:
Kalimat CP :
Ø
Menganalisis
hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).
Kompetensi:
Ø
Menganalisis
hubungan
Ruang Lingkup:
Ø
Pancaindra
Dengan
kompetensi dan ruang lingkup yang sudah dipetakan maka
Tujuan
pembelajarannya adalah "Menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi
bagian tubuh pada manusia (pancaindra )".
Namun
"ada kalanya saat merumuskan kita perlu menganalisis ruang lingkup
materinya lebih dalam "
Misalnya:
Untuk Capaian Pembelajaran berikut:
Kalimat CP:
Ø
Mengidentifikasi
proses perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi:
Ø
Mengidentifikasi
Ruang Lingkup:
Ø
Perubahan
Wujud Zat
Namun
sebelum peserta didik mampu menganalisis mengenai perubahan wujud zat tentunya
peserta didik harus mempelajari terlebih dahulu tentang jenis wujud zat dan
karakteristiknya
Dengan
begitu,untuk kalimat CP ini bisa kita rumuskan tujuan pembelajarannya adalah :
1)
Mengidentifikasi
wujud zat yang ada di sekitarnya
2)
Menganalisis
karakteristik wujud zat berdasarkan hasil pengamatan
3)
Menceritakan
konsep perubahan wujud zat berdasarkan hasil percobaan.
Nah
Ibu Bapak, tadi adalah tutorial cara untuk merumuskan tujuan pembelajaran
dengan alternatif kedua,mudahkan ?
Langkahnya
hanya ada 3 yaitu:
A.
Mengidentifikasi
kata kunci pada CP
B.
Mengelompokan
hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya
C.
Merumuskan
tujuan pembelajarannya
Untuk
memahami berbagai cara dalam merumuskan tujuan pembelajaran,
Ibu
dan Bapak dapat melihat referensi yang terdapat dalam Panduan Pembelajaran dan
Asesmen
Jangan
lupa untuk memperhatikan juga kedalaman ruang lingkup materi dan kompetensi
prasyarat saat merumuskan tujuan pembelajaran.
Selamat
Mencoba
"Sebelum
merumuskan tujuan pembelajaran, identifikasi kompetensi dan lingkup materi pada
dokumen Capaian Pembelajaran"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar