Selasa, 25 April 2023

BAB VI CONTOH (1) MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN

 

BAB VI

CONTOH (1)

MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN



Setelah mempelajari tentang prinsip merumuskan Tujuan Pembelajaran,

Sekarang mari kita coba mempraktikkannya pada salah satu mata pelajaran

Pada paparan kali ini kita akan praktek merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif 2 pada mata pelajaran IPAS fase B

Alternatif 2

Yaitu:mengidentifikasikan kata kunci pada CP yang berkaitan dengan kompetensi dan lingkup materi

Ibu dan Bapak Guru yang mengajar mata pelajaran lain tetap bisa mengikuti karena prinsip dan proses berpikir yang digunakan tetap sama.

Sebelum memulai, siapkan kembali dokumen Capaian Pembelajaran masing-masing serta buku catatan atau laptop untuk praktik.

Pada Alternatif 2

"Tujuan pembelajaran dirumuskan dengan menganalisis KOMPETENSI dan LINGKUP MATERI pada CP"

Jadi yang  dilakukan adalah

1)     Mengidentifikasi kata kunci pada CP yang berkaitan dengan KOMPETENSI dan LINGKUP MATERI

Mari kita praktikan pada elemen pertama yaitu:

Elemen :

Pemahaman IPAS (sains dan sosial)

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Pada kalimat ini,kompetensi yang diminta adalah

"Menganalisis hubungan"

Lingkup materinya adalah

"Fungsi pancaindra"

Pada kalimat selanjutnya,peserta didik diminta

"membuat alat simulasi"

Lingkup materinya adalah

"siklus makhluk hidup'

Dan dilanjutkan untuk semua kalimat dalam semua elemen.

2)     Mengelompokkan hasil identifikasi

[A1] 

Kita kelompokkan KOMPETENSI dan RUANG  LINGKUPNYA

Untuk mempermudah analisis,hasil identifikasi ini bisa kita tuangkan dalam tabel seperti contoh berikut:

Elemen Pemahaman IPAS

Kalimat CP

Menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra).

Kompetensi:

Menganalisis hubungan

Ruang Lingkup:

Pancaindra

Kalimat CP:

Membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup.

Kompetensi:

Membuat simulasi

Ruang Lingkup:

Siklus hidup makhluk hidup

Kalimat CP:

Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Kompetensi:

Mengidentifikasi

Ruang Lingkup:

Sumber daya alam

Pada contoh ini CP diuraikan per kalimat karena dalam karakteristik mata pelajaran IPAS,setiap kalimat CP dapat membuat ruang lingkup materi yang berbeda-beda.

Kita juga bisa mengelompokkan hasil identifikasi dengan ruang lingkup yang sama.

Misalnya:

Untuk contoh berikut:

 

Kalimat CP:

Ø  Mengidentifikasi proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kalimat CP:

Ø  Mengidentifikasi sumber dan bentuk energi

Kalimat CP:

Ø  Menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya).

Ruang Lingkup:

Ø  Sumber dan Energi

Ketiga Kalimat CP dapat dikelompokkan dalam ruang lingkup energi.

"Ini hanya salah satu contoh cara untuk memudahkan analisis bukan menjadi format atau cara baku".

Sedangkan untuk elemen keterampilan proses,Kompetensi ini merupakan keterampilan inkuiri yang bisa membantu pemahaman IPAS di setiap ruang lingkup materi.

Elemen Pemahaman Proses

Ø  Pada akhir Fase ini peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya

(Mengamati)

Ø  Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasikan pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

(Mempertanyakan dan memprediksi)

Ø  Dengan panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan .Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.

(Merencanakan dan melakukan penyelidikan)

Ø  Mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah.

(Memproses dan menganalisis data dan informasi)

Ø  Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada .Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan.

(Mengevaluasi dan refleksi)

Ø  Mengkomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai format.

(Mengkomunikasikan hasil)

Informasi seperti ini didapatkan saat kita mempelajari CP

Jadi kompetensi pada elemen ini dikembangkan saat melaksanakan elemen pemahaman dan bisa dijadikan referensi saat melakukan perencanaan pembelajaran di setiap ruang lingkup.

3)     Merumuskan Tujuan Pembelajaran

 

Tahap terakhir adalah merumuskan tujuan pembelajaran l.

Misalnya:

Kalimat CP :

Ø  Menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).

Kompetensi:

Ø  Menganalisis hubungan

Ruang Lingkup:

Ø  Pancaindra

Dengan kompetensi dan ruang lingkup yang sudah dipetakan maka

Tujuan pembelajarannya adalah "Menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra )".

Namun "ada kalanya saat merumuskan kita perlu menganalisis ruang lingkup materinya lebih dalam "

Misalnya:

Untuk Capaian Pembelajaran berikut:

Kalimat CP:

Ø  Mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi:

Ø  Mengidentifikasi

Ruang Lingkup:

Ø  Perubahan Wujud Zat

Namun sebelum peserta didik mampu menganalisis mengenai perubahan wujud zat tentunya peserta didik harus mempelajari terlebih dahulu tentang jenis wujud zat dan karakteristiknya

Dengan begitu,untuk kalimat CP ini bisa kita rumuskan tujuan pembelajarannya adalah :

1)     Mengidentifikasi wujud zat yang ada di sekitarnya

2)     Menganalisis karakteristik wujud zat berdasarkan hasil pengamatan

3)     Menceritakan konsep perubahan wujud zat berdasarkan hasil percobaan.

Nah Ibu Bapak, tadi adalah tutorial cara untuk merumuskan tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua,mudahkan ?

Langkahnya hanya ada 3 yaitu:

A.    Mengidentifikasi kata kunci pada CP

B.    Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya

C.    Merumuskan tujuan pembelajarannya

Untuk memahami berbagai cara dalam merumuskan tujuan pembelajaran,

Ibu dan Bapak dapat melihat referensi yang terdapat dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Jangan lupa untuk memperhatikan juga kedalaman ruang lingkup materi dan kompetensi prasyarat saat merumuskan tujuan pembelajaran.

Selamat Mencoba

"Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, identifikasi kompetensi dan lingkup materi pada dokumen Capaian Pembelajaran"


 [A1]

Tidak ada komentar:

HARI YANG DINANTI, TAPI SALAH KOSTUM

DI BALIK SENG DAN JENDELA KACA Di bawah langit siang yang panas membakar, angin tak peduli, seng mengerang dalam bisik keluh kesah. Adik ipa...