"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Apa kabar semuanya semoga sehat ya saya mulai dengan sebuah pantun jalan-jalan ke Pulau Bali pergi ke sana untuk refreshing mari kita mulai kuliah kembali melalui Kuliah dearing "
Pada hari ini kita akan melakukan perkulihan pengelolaan pendidikan . Kajian yang akan kita bahas kali ini adalah
# Desain inovasi pengelolaan pendidikan
selanjutnya silahkan anda untuk melihat slide sebagai berikut:
Baiklah pada hari ini pada mata kuliah pengelolaan pendidikan akan menyampaikan Kajian desain inovasi pengelolaan pendidikan.
Capaian pembelajaran yang hendak dicapai •Mahasiswa mampu mendeskripsikan desain inovasi pengelolaan pendidikan. •Di harapkan mahasiswa mampu mendesain inovasi pengelolaan pendidikan.
untuk mencapai-capaian pembelajaran tersebut di harapkan anda bisa mempelajari tentang desaian inovasi.Kita melakukan desain Inovasi bisa dilakukan melalui identifikasi permasalahannya ada di lapangan dan kita rumuskan dengan kita menyusun solusi alternatif inovasi.Solusi inovatif kita solusi inovatif itu berupa tindakan yang berbau Inovasi .Atau hal-hal yang ada suatu ketingkatan baru ,kita rumuskan sendiri.
Saya juga bisa dilaksanakan dan memberi keuntungan dan tindakan inovatif atau ide yang baru ini dapat dilakukan melalui menerima ide baru,mencontoh semuanya,mencontoh sedikit atau kita melakukan ,merumuskan ide atau tindakan objek dan sebabnya kita rumuskan sendiri atau yang bersifat original.
Selain itu juga desain Inovasi dapat juga dilakukan dengan mengembangkan membandingkan kondisi dulu atau kini atau kita membuat rancangan ke depan.Misalnya ke dalam bidang kurikulum kondisi sekarang atau kondisi yang dulu itu bahwa kurikulum itu sudah 4 tahun belum diperbarui.Umpamanya oleh karena itu kita rancang ke depan dengan melakukan evaluasi dan pembaharuan kurikulum tersebut.
Di bidang kurikulum ini kondisi kini dan dulu,masih terdapat guru yang malas menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran( RPP) maka kita perlu merancang melakukan kegiatan intensifikasi seperti supervisisi akademik agar guru menyusun rencana pembelajaran yang satu lembar, sesuai dengan kebijakan sekarang dan seterusnya.Ini bisa dikembangkan oleh anda.
Umpanya di bidang kesiswaan, kondisi dulu atau kini penerimaan siswa baru selalu ricuh setiap tahun.Oleh karena itu kita perlu merancang dengan menerapkan penerimaan siswa baru berbasis zonasi sesuaidengan kebijakan sekarang dan perlu ada sosialisasi terlebih dahulu supaya masyarakat itu bisa paham.
Desain Inovasi yang berikutnya yang sudah kita bahas bahwa melakukan inovasi itu bisa dilakukan melalui proses menerima hasil Inovasi dan melalui proses menciptakan inovasi. 1).Menerima inovasi itu di mulai menerima informasi ide,praktek,obyek yang dilihat sebagai hal yang baru. 2).Melakukan penelusuran 3).Menyadari kebutuhan 4).Menilai kemanfaatan 5).Mengambil keputusan untuk menerima atau menolak. informasi tersebut itu yang sifatnya kurang produktif
selain itu juga desain inovasi dilakukan melalui proses menciptakan inovasi dari Melalui a).Pengkajian merumuskan (judul, pendahuluan ,pembahasan ,simpulan dan daftar pustaka )dan tidak bisa juga b).Melakukan melalui penelitian dengan (judul ,pendahuluan,kajian pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran,daftar pustaka).
Model inovasi banyak di temukan oleh para ahli Misalnya Rogers tahun 1993 itu dimulai dengan 1)Menyusun agenda inovasi 2).Penyesuaian pemecahan masalah 3).Modifikasi Implementasi 4).Klarifikasi Inovasi dan 5).Rutinisasi inovasi
Model-model Inovasi •Model dari atas (top down) •Model sendiri (One self) •Model kelompok (group )
Selain itu juga dalam melakukan inovasi kita perlu menjunjung prinsip inovasi: ~Banyak menjunjung tinggi sikap inovatif ~Menjunjung tinggi sikap ilmiah ~Menyediakan waktu, tenaga,sarana dan dana ~Mengukur perubahan kondisi dulu dan kini ~Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan relevan ~Dapat digunakan dan dilihat hasilnya ~Memiliki nilai ekonomis dan nilai tambah ~Memiliki kadar keaslian ~Memiliki kadar keaslian ~Memiliki dukungan produksi,promosi,dan pemasaran
Selain itu juga perlu memperhatikan Faktor-faktor yang mempengaruhi Inovasi : •Faktor infernal (dalam) dan eksternal (luar) organisasi •Faktor Individu atau kelompok (organisasi) •Individu: pengetahuan seseorang ,Pengalaman sikap inovatif ,kemaun kuat prakarsa,komitmen melakukan inovasi ,Komitmen mencapai cita-cita/tujuan •Kelompok : kebijakan pimpinan,keterampilan pimpinan,mobilitas kelompok,kekompakan,komitmen dst •Dukungan sapras/fasilitas,biaya,mitra,penghargaan,aturan/kebijakan.
Dan seterusnya semakin banyak pengetahuan dan pengalamannya di wilayah atau lebih tepat dibandingkan dengan hanya berada di satu tempatnya sendiri ,kemudian kelompok kebijakan pimpinan Jadi anda menjadi pimpinan kepada bawahan inflasi dan keterampilan pimpinan mobilitas kelompok merupakan komitmen dan seterusnya dan dukungan sarana prasarana fasilitas biaya kemitraan kerja di kantornya penghargaan aturan dan kebijakan.
Bidang Garapan yang bisa dilakukan di dalam inovasi 1).Lingkungan pendidikan Informal (dalam keluarga ),nonformal (masyarakat )dan formal (lingkungan sekolah) 2).fungsi manajemen pendidikan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan Monitoring evaluasi pelaporan pendidikan 3). juga kita melakukan inovasi di bidang Substansi manajemen pendidikan:kurikulum,kesiswaan pendidik dan tenaga kependidikan sarana prasarana keuangan hubungan masyarakat dan layanan khusus seperti pengelolaan labaratorium,perpustakaan. 4).Organisasi Pendidikan: Kementerian,Dinas Pendidikani provinsi ,Dinas Pendidikandi kabupaten /kota, UPTD,satuan pendidikan dan Kelas.
Strategi Inovasi Pendidikan ~Inovasi melalui diklat ~Inovasi melalui paksaan ~Inovasi melalui pemberian kesempatan ~Inovasi melalui proyek ~Inovasi sebagai solusi ~Inovasi sebagai kultur ~Inovasi sesuai kebutuhan sendiri
*Praktek Inovasi*
Lakukan dengan melakukan suatu tindakan judulny,latar belakang ,tujuan inovasi, inovasi apa saja mekanisme dan desain mencakup langkah-langkah dan keberhasilan personalia .jadwal pembiayaan dan melakukan sesuatu yang mendukung dan contohnya.
Contoh membuat tabel tabel seperti tadi membandingkan kondisi yang dulu dan Kini untuk melakukan rencana kedepan. untuk pengelolaan ekskul SMKN 1 latar belakangnya dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan pelajaran kesenian tidak berjalan dengan baik dan pengelola dan seterusnya dan permasalahan itu kita merumuskan atau kajian, sehingga bisa menjadi solusi pengelolaan bidang kesenian amat penting untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran dan pengembangan diri siswa. bisa dikembangkan kemudian sekolah memiliki pengembangan modul eskul untuk mengatasi masalah maka solusinya dengan melakukan inovasi pengelolaan bidang kesenian budaya lokal yang diuraikan sesuai dengan kondisi yang ada di lingkungan siswa.
Berikutnya akan merumuskan tujuan inovasi merumuskan. Tujuan melakukan inovasi pengelolaan tersebut rumuskan. tujuan khususnya ini membentuk pengelola pengelolaan kegiatan ekskul kesenian kemudian menyusun program kegiatan ekskul kesenian bisa berjalan minimal Sebulan sekali .kemudian kita juga merumuskan aspek inovasi susun-susunan pengelolahan dan programnya dan jadwalnya dan seterusnya.
Ini mekanisme dan desainnya.ini merupakan urutan Bagaimana kita bisa melakukan inovasi.Umpa manya kepala sekolah mengundang para guru untuk rapat melakukan inovasi. kemudian menyusun struktur pengelolaan eskul bidang kesenian yang telah di Skkan lalu,menugaskan kepada pengelola yang telah ditetapkan untuk menyusun program kemudian menyusun jadwal dan telah melaksanakan kegiatan ekskul dari jadwal itu atau programnya kita melakukan pengelolaan lakukan dengan budaya lokal dengan mengganti kesenian dan mempraktekkan, mengembangkan Ekskul membentuk tim monitoring dan evaluasi untuk melakukan monitoring dan evaluasi Apakah kegiatan Ekskul berhasil atau tidak Dan pengelola menyusun laporan.
Keberhasilannya mengelola kegiatan tertentu dan di SK kan supaya ada wujudnya. program ekskul bidang kesenian budaya ini jadwal kegiatan minimal dua kali wujudnya apa ?
Siapa ketuanya siapa anggota
Jadwal kegiatan persiapan pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang kita susun selama 9 bulan di dalam kegiatan itu memakan biaya maka perlu dirancang harus ada perlu enggak usah pemberian kebutuhan alat tulis kantor untuk penggandaan bahan habis pakai dan Apabila membutuhkan konsumsi susu juga ada ada kalau tidak stabilnya
Apabila ada lampiran berupa Sekenario Pak kenari atau panduan tingkatan inovasi soal latihan essay inovasi pengelolaan pendidikan di sekolah masing-masing apa latar belakangnya itu saja .
Terima kasih telah Cukup sampai di sini kita sama-sama membaca Hamdalah alhamdulillahirobbilalamin Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar