BAB XI
TUTORIAL
MEMODIFIKASI RUBRIK
Ibu
dan bapak, rubrik digunakan sebagai instrumen untuk asslessmen performa karena
dapat menyajikan pedoman penilaian yang objektif ,sesuai dengan capaian
pembelajaran dan konsisten dengan kriteria yang jelas.
Nah,apakah
sebagai guru harus selalu membuat rubrik dari nol ?
Atau
bolehkah kita memodifikasi rubrik yang sudah ada ? Bagaimana caranya ?
Guru
sebagai evaluator dapat menyusun sendiri rubrik yang diperlukan atau
menggunakan rubrik yang sudah ada.
Misalnya:
rubrik yang ibu dan bapak temukan dari sumber buku,internet atau rubrik yang
telah dibuat dan digunakan oleh rekan sejahwat.
Selain
itu, kita juga boleh memodifikasi rubrik yang tersedia untuk disesuaikan
kembali dengan kebutuhan asesmen.
Manfaat
modifikasi rubrik:
1.
Menghemat
waktu persiapan
2.
Menghasilkan
rubrik yang lebih berkualitas dan objektif
3.
Meminimalisir
subjektifitas
Ibu
dan bapak, terdapat tiga bentuk rubrik yaitu rubrik umum, ceklis, dan
terperinci.
Ketiga
jenis rubrik ini juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.
Nah
,dalam melakukan modifikasi rubrik, kita dapat menambah, mengurangi atau
mengubah konten kriteria beserta deskripsinya.
Selain
itu dapat juga menambahkan bobot pada kriteria untuk menyesuaikan kebutuhan
asesmen.
Cara Memodifikasi Rubrik 1
Pertimbangkan
tipe aktivitas pembelajaran yang akan dinilai dan jenis asesmennya.
Nah,
kita bisa memodifikasi dari rubrik pelajaran apapun selama tipe aktivitas nya
sejenis.
Misalnya:
kegiatan presentasi
Dalam
pembelajaran apapun, kegiatan presentasi merupakan aktivitas yang umum dan
biasanya memiliki aspek penilaian yang berupa.
Pada
materi ini,kita akan coba memodifikasi rubrik penilaian presentasi Bahasa
Indonesia menjadi rubrik presentasi untuk pelajaran IPA.
Cara Memodifikasi Rubrik 2
Evaluasi
kesesuaian setiap kriteria penilaian dengan kebutuhan asesmen
"
Apakah kriteria-kriteria tersebut dapat dipertahankan seadanya atau perlu
dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan asesmen ?"
Berikut
ini merupakan gambaran contoh rubrik penilaian presentasi pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia
Terdapat
tiga aspek penilaian pada rubrik tersebut yaitu :
1. Sistematika penyajian presentasi
2. Penggunaan bahasa
3. Ketepatan intonasi dan artikulasi
atau pelafalan
Nah,
selanjutnya kita evaluasi kriteria atau aspek penilaian pada rubrik penilaian
presentasi Bahasa Indonesia tersebut, untuk disesuaikan dengan kebutuhan
asesmen yang tertuang dalam tujuan pembelajaran IPA.
Misalnya
: terdapat tujuan pembelajaran sebagai berikut:
Untuk
menyesuaikan dengan kebutuhan asesmen, ibu dan bapak dapat memodifikasi
kriteria penilaian dengan memilih kriteria penilaian mana yang akan dipakai
secara utuh maupun diubah.
Kriteria
sistematika penyajian presentasi,dan Penggunaan bahasa dapat kita gunakan
kembali untuk pelajaran IPA karena kompetensi tersebut dapat muncul dari
dinilai dalam presentasi.
Selanjutnya,
kriteria ketepatan intonasi dan artikulasi ,merupakan kriteria yang identik
dengan penilaian keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Pada
pelajaran IPA, tujuan aktivitas pembelajaran presentasi menekankan pada pemahaman
konsep,penguasaan materi, dan kemampuan analisis.
Sehingga
didapatkan 4 kriteria penilaian pada rubrik penilaian presentasi untuk
pelajaran IPA , berupa:
Kriteria
Penilaian
1.
Sistematika
penyajian presentasi
2.
Penggunaan
bahasa
3.
Cara
penyampaian presentasi
4.
Kebenaran
konsep
Cara Memodifikasi Rubrik 3
Mengevaluasi
kesesuaian setiap kriteria ketercapaian dengan kebutuhan asesmen dan konteks
pembelajaran
Pada
saat ini ibu dan bapak melengkapi deskripsi kriteria ketercapaian dengan bahasa
yang spesifik dan terukur.
Sedangkan
pada kriteria penilaian yang diambil secara utuh, perlu dievaluasi
kesesuaiannya.Karena bisa jadi kriterianya
tidak relevan dengan konten mata pelajaran kita.
Misalnya
: pada aspek penggunaan bahasa deskripsi kriteria ketercapaian yang tertera
masih identik dengan konteks pelajaran Bahasa Indonesia.Jadi, perlu disesuaikan
kembali
Misalnya
: pada poin kedua, menggunakan kosakata yang tepat.
Berikut
ini adalah gambaran rubrik penilaian presentasi pada pelajaran IPA yang
merupakan hasil dari modifikasi rubrik penilaian presentasi pada pelajaran
Bahasa Indonesia.
Ibu
dan bapak ,modifikasi rubrik bersifat berukuran sepanjang waktu.
Penting
bagi guru untuk memantau perkembangan keterampilan peserta didik dan bagaimana
level performa berubah.
Agar
rubrik yang dipakai tetap reliabel dan objektif.
Nah,kita
bisa saling membagikan rubrik yang telah dibuat dengan rekan sejahwat.Sehingga
dapat menghemat waktu,saling belajar dari rubrik guru lain dan bank rubrik
sekolah.
Ternyata...
Membuat
rubrik bisa dengan memodifikasi dari rubrik aktivitas sejenis yang sudah ada,
untuk disesuaikan dengan kekhasan, karakteristik, dan kebutuhan peserta didik.
Contoh Rubrik Penilaian Persentasi
Pelajaran Bahasa Indonesia
Contoh Rubrik Penilaian Presentasi
Pelajaran IPAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar