Kamis, 27 April 2023

BAB XI TUTORIAL MEMODIFIKASI RUBRIK

 

BAB XI

TUTORIAL MEMODIFIKASI RUBRIK

Ibu dan bapak, rubrik digunakan sebagai instrumen untuk asslessmen performa karena dapat menyajikan pedoman penilaian yang objektif ,sesuai dengan capaian pembelajaran dan konsisten dengan kriteria yang jelas.

Nah,apakah sebagai guru harus selalu membuat rubrik dari nol ?

Atau bolehkah kita memodifikasi rubrik yang sudah ada ? Bagaimana caranya ?

Guru sebagai evaluator dapat menyusun sendiri rubrik yang diperlukan atau menggunakan rubrik yang sudah ada.

Misalnya: rubrik yang ibu dan bapak temukan dari sumber buku,internet atau rubrik yang telah dibuat dan digunakan oleh rekan sejahwat.

Selain itu, kita juga boleh memodifikasi rubrik yang tersedia untuk disesuaikan kembali dengan kebutuhan asesmen.

Manfaat modifikasi rubrik:

1.     Menghemat waktu persiapan

2.     Menghasilkan rubrik yang lebih berkualitas dan objektif

3.     Meminimalisir subjektifitas

Ibu dan bapak, terdapat tiga bentuk rubrik yaitu rubrik umum, ceklis, dan terperinci.

Ketiga jenis rubrik ini juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Nah ,dalam melakukan modifikasi rubrik, kita dapat menambah, mengurangi atau mengubah konten kriteria beserta deskripsinya.

Selain itu dapat juga menambahkan bobot pada kriteria untuk menyesuaikan kebutuhan asesmen.

Cara Memodifikasi Rubrik 1

Pertimbangkan tipe aktivitas pembelajaran yang akan dinilai dan jenis asesmennya.

Nah, kita bisa memodifikasi dari rubrik pelajaran apapun selama tipe aktivitas nya sejenis.

Misalnya: kegiatan presentasi

Dalam pembelajaran apapun, kegiatan presentasi merupakan aktivitas yang umum dan biasanya memiliki aspek penilaian yang berupa.

Pada materi ini,kita akan coba memodifikasi rubrik penilaian presentasi Bahasa Indonesia menjadi rubrik presentasi untuk pelajaran IPA.

 

Cara Memodifikasi Rubrik 2

Evaluasi kesesuaian setiap kriteria penilaian dengan kebutuhan asesmen

" Apakah kriteria-kriteria tersebut dapat dipertahankan seadanya atau perlu dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan asesmen ?"

Berikut ini merupakan gambaran contoh rubrik penilaian presentasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia

Terdapat tiga aspek penilaian pada rubrik tersebut yaitu :

1.     Sistematika penyajian presentasi

2.     Penggunaan bahasa

3.     Ketepatan intonasi dan artikulasi atau pelafalan

Nah, selanjutnya kita evaluasi kriteria atau aspek penilaian pada rubrik penilaian presentasi Bahasa Indonesia tersebut, untuk disesuaikan dengan kebutuhan asesmen yang tertuang dalam tujuan pembelajaran IPA.

Misalnya : terdapat tujuan pembelajaran sebagai berikut:

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan asesmen, ibu dan bapak dapat memodifikasi kriteria penilaian dengan memilih kriteria penilaian mana yang akan dipakai secara utuh maupun diubah.

Kriteria sistematika penyajian presentasi,dan Penggunaan bahasa dapat kita gunakan kembali untuk pelajaran IPA karena kompetensi tersebut dapat muncul dari dinilai dalam presentasi.

Selanjutnya, kriteria ketepatan intonasi dan artikulasi ,merupakan kriteria yang identik dengan penilaian keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Pada pelajaran IPA, tujuan aktivitas pembelajaran presentasi menekankan pada pemahaman konsep,penguasaan materi, dan kemampuan analisis.

Sehingga didapatkan 4 kriteria penilaian pada rubrik penilaian presentasi untuk pelajaran IPA , berupa:

Kriteria Penilaian

1.     Sistematika penyajian presentasi

2.     Penggunaan bahasa

3.     Cara penyampaian presentasi

4.     Kebenaran konsep

 

Cara Memodifikasi Rubrik 3

Mengevaluasi kesesuaian setiap kriteria ketercapaian dengan kebutuhan asesmen dan konteks pembelajaran

Pada saat ini ibu dan bapak melengkapi deskripsi kriteria ketercapaian dengan bahasa yang spesifik dan terukur.

Sedangkan pada kriteria penilaian yang diambil secara utuh, perlu dievaluasi kesesuaiannya.Karena bisa jadi kriterianya  tidak relevan dengan konten mata pelajaran kita.

Misalnya : pada aspek penggunaan bahasa deskripsi kriteria ketercapaian yang tertera masih identik dengan konteks pelajaran Bahasa Indonesia.Jadi, perlu disesuaikan kembali

Misalnya : pada poin kedua, menggunakan kosakata yang tepat.

Berikut ini adalah gambaran rubrik penilaian presentasi pada pelajaran IPA yang merupakan hasil dari modifikasi rubrik penilaian presentasi pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Ibu dan bapak ,modifikasi rubrik bersifat berukuran sepanjang waktu.

Penting bagi guru untuk memantau perkembangan keterampilan peserta didik dan bagaimana level performa berubah.

Agar rubrik yang dipakai tetap reliabel dan objektif.

Nah,kita bisa saling membagikan rubrik yang telah dibuat dengan rekan sejahwat.Sehingga dapat menghemat waktu,saling belajar dari rubrik guru lain dan bank rubrik sekolah.

Ternyata...

Membuat rubrik bisa dengan memodifikasi dari rubrik aktivitas sejenis yang sudah ada, untuk disesuaikan dengan kekhasan, karakteristik, dan kebutuhan peserta didik.

Contoh Rubrik Penilaian Persentasi Pelajaran Bahasa Indonesia

 

Contoh Rubrik Penilaian Presentasi Pelajaran IPAS

Tidak ada komentar:

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...