Sabtu, 17 Oktober 2020

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen dan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi "

Pada Hari Sabtu kemarin kami mengikuti perkulihan tatap muka di kelas B .Bertempat SMP 11 Rejang Lebong,Alamat Dusun Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding.Dengan Mata Kuliah "Perencanaan Pendidikan" dengan materi sebagai berikut :


KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

UNIVERSITAS BENGKULU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

PROGRAM DOKTOR ILMU PENDIDIKAN

Jalan W.R. Supratman Kandang Limun, Bengkulu 38371

Telpon (073621186, Faksimile: (0736) 21186

Laman : www.fkip.unib.ac.id  e-mail: fkip@unib.ac.id.

 

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

( RPS )

 

Fakultas                                       : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Program Studi/Jenjang                : Doktor Ilmu Pendidikan/S3

Mata Kuliah                                : Pengembangan Sistem Informasi Manajemen dan Penja-

                                                      minan Mutu Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi

Kode Mata Kuliah                      : MKAP-3304

Semester/SKS                             : III (Tiga) / 3

Mata Kuliah Prasarat                  : ---

Dosen Pengampu                        : Prof.Dr.Syukri Hamzah, M.Pd.

      Dr. Manap Somantri,M.Pd.

 

A.  Deskripsi Mata Kuliah

 

B.  Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

1.      Sikap

j.      Mampu menunjukkan sikap kritis, logis dan tanggap terhadap perkembangan teknologi, baik dalam bidang information technology (IT), management information systems (MIS), Infrastructure Information systems (IIS), maupun design Information system (DIS) dalam pengembangan manajemen pendidikan.

 

2.      Penguasaan Pengetahuan

b.      Mampu memproyeksikan manajemen pendidikan di masa yang akan datang, yang sesuai kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia, dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap dunia pendidikan.

e.       Mampu menghasilkan konsep-konsep perubahan dan inovasi yang didasarkan data riil di lapangan, informasi yang akurat, serta pengetahuan dalam bidang manajemen pendidikan yang dimiliki manajer, peneliti dan konsultan.

 

3.      Penguasaan Keterampilan Umum

b.      Mampu menciptakan dan mengimplementasikan manajemen sistem informasi untuk menciptakan pendidikan bermutu sesuai kebutuhan masyarakat.

 

 

4.      Penguasaan Keterampilan Khusus

e.       Mampu menemukan dan merancang model-model dan aplikasi baru manajemen sistem informasi pendidikan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pemimpin dan pengelola pendidikan.

 

 

C.  Rincian Pokok Pembelajaran

 

Mg Ke

 

( 1 )

CP-MK

(kemampuan akhir yang diharapkan)

( 2 )

Indikator

 

( 3 )

Kriteria & Bentuk Penilaian

( 4 )

Metode Pembelajaran

[ Estimasi Waktu]

( 5 )

Materi Pembelajaran

[Pustaka]

( 6 )

Bobot Penilaian (%)

( 7 )

1-2

Appersepsi dan orientasi konsep pengembangan SIM dan penja-minan mutu pen- didikan dasar, menengah, dan tinggi

Unsur utama:

Ø Teknologi Informasi.

Ø Sistem Infor- masi Manaje- men.

Ø Penjainan Mutu Pendidikan

Poster yang:

Ø Hardware

Ø Software

Ø Data dasar

Ø Sistem Manajemen

Braimstorming

( 2x3 JP )

Ø Hardware: Sis- tem Komputer

Ø Software Opera- sional Sistem

Ø Sis.Manajemen

Ø Sis.Penjaminan Mutu Pend.

5 %

3-5

Mengembangkan SIM berbasis visi, misi,  tujuan dan strategi penjami-nan mutu pendi- dikan

SIM Pendidikan Dasar

SIM Pendidikan Menengah

SIM Pendidikan Tinggi

Sistem:

Internal Organi-sasi

Eksternal Orga- nisasi

Penugasan dan Presentasi

( 2x3 JP )

Struktur, isi, tujuan, sasaran, ruang lingkup keg & kri-teria penilaian

5 %

6-7

Menganalisis

Kekuatan, Kelemahan, Tantangan, dan Ancaman

SWOT:

Pend. Dasar

Pend. Menengah

Pend. Tinggi

Analisis

Kekuatan dan kelemahan Inter- national

Workshop Pengem bangan dan Anali-sis internal dan Peningkatan SPI

( 2x3 JP )

SWOT Penjami- nan Mutu Pen- didikan Dasar, Mengeh, dan tinggi

10 %

8

Ujian tengah semester

Masa- lah, peningkatan akses, & pening- katan mutu.

Kriteria:

>Pemecahan

   masalah

>Pening. Akses

>Pening. Mutu

Take-home tes

(Makalah)

Problem solving,

Peningk. Akses, Peningk. Mutu,

20 %

9-10

Pengembangan RPS

Menghasilkan RPJM/RPS

 

 

>PAUD/PNF

>SD/MI/Paket A

>SLTP/Paket B

>SLTA/Paket C

>PTN/S

Field Study / Benchmarking /

Presentasi

Keterpenuhan Standar Nasio-nal Pendidikan

20 %

11-12

Pengembangan Renop

Menghasilkan Renop satuan pengelola/satuan pendidikan

 

>PAUD/PNF

>SD/MI/Paket A

>SLTP/Paket B

>SLTA/Paket C

>PTN/S

Field Study / Benchmarking /

Presentasi

Keterpenuhan Standar Nasio-nal Pendidikan

10 %

13-15

Presentasi

Sda

Sda

Presentasi

Keterpenuhan Standar Nasio-nal Pendidikan

10 %

16

Ujian Akhir Semester

Mampu menyu-sun skenario model2 perenca-naan pendidikan

Renstra, RPJM, RPS, Rencana Operasional.

Pengembangan skenario perenca- naan pendidikan

Model-model perencanaan pendidikan

20 %

 

D.  Pengalaman Belajar

1.      Review era Teknologi dan Informasi yang kian kuat mendera berbagai kehidupan individu dan organisasi.

a.       Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi berupa perangkat keras (hard-ware) seperti komputer dan mikro komputer, radio, televisi, telepon/handphone, LCD monitor & keyboard, dan berbagai sarana penunjangnya).

b.      Revolusi perangkat lunak (Soft-ware), berkembang secara pesat, melebihi batas kemampuan masyarakat penggunanya.

c.       Data yang semakin banyak dan kompleks memerlukan tata-kelola yang baik dan cepat untuk dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada organisasi.

 

2.      Sistem informasi manajemen (SIM) dikembangkan berbasis pada visi, misi, tujuan, dan strategi organisasi dan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

3.      Pengelolaan database guna percepatan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan, penetapan kebijakan, pemecahan masalah, dan pengembangan satuan pendidikan.

4.      Pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan dasar.

5.      Pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan menengah.

6.      Pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan tinggi.

 

E.  Penilaian

 

No.

Aspek yang dinilai

Objek penilaian

Proporsi

1

Disain peta konsep pengembangan perencanaan satuan pengelola atau satuan pendidikan

Poster

5 %

2

Hasil review rencana pengembangan satuan pengelola atau satuan pendidikan (RPSP)

Format dan hasil review

5 %

3

Rencana strategis satuan pengelola atau satuan pendidikan

Poster

20 %

4

Rencana pengembangan satuan pengelola atau satuan pendidikan

Dokumen RPS

30 %

5

Presentasi karya/dokumen

Performa/kinerja

30 %

6

Paritisipasi dalam forum akademik dan ilmiah

Keaktifan

10 %

 

F.   Sumber Acuan

1.      Garet R. Jones, 2013; Organizational Theory, Design, and Change; Sevent Edition, Pearson, Texas A&M University.

2.      Joseph A. De Feo, 2015, Juran’s Quality Management and Analysis, Six Edition, Mc.Graw Hill  International Edition.

3.      Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Entering and Contracting, Diagnosing, Collecting, Analyzing, and Feeding back Diagnostic Information (Chapter 6).

4.      Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change:Designing Intervention (Chapter-7).

5.      Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change:Managing Change, (Chapter-8).

6.      Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Strategic Change Interventions (chapter 18-19) dengan Rencana Tahunan (operasional).

7.      Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Organization Development in Nonindustrial Settings; ... “School System... (chapter 22-23).

 

 

Mengetahui                                                                        Bengkulu, Agustus 2017

Koordinator,                                                                                Dosen Pengampu,

 

 

 

Prof.Dr.Wachidi, M.Pd.                 Prof.Dr.Rambat, N.S.             Dr.Manap Somantri.

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

HUBUNGAN KEPOLISIAN DAN PEMERINTAH DAERAH

  HUBUNGAN KEPOLISIAN DAN PEMERINTAH DAERAH   Hubungan Kepolisian dan Pemerintah Daerah sangat penting dalam menjaga keamanan dan keter...