Pada Hari Sabtu kemarin kami mengikuti perkulihan tatap muka di kelas B .Bertempat SMP 11 Rejang Lebong,Alamat Dusun Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding.Dengan Mata Kuliah "Perencanaan Pendidikan" dengan materi sebagai berikut :
KEMENTERIAN
RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS
BENGKULU
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM DOKTOR
ILMU PENDIDIKAN
Jalan W.R. Supratman Kandang
Limun, Bengkulu 38371
Telpon (073621186, Faksimile:
(0736) 21186
Laman : www.fkip.unib.ac.id
e-mail: fkip@unib.ac.id.
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
( RPS )
Fakultas
:
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program
Studi/Jenjang : Doktor Ilmu
Pendidikan/S3
Mata
Kuliah : Pengembangan
Sistem Informasi Manajemen dan Penja-
minan Mutu Pendidikan Dasar, Menengah, dan
Tinggi
Kode
Mata Kuliah : MKAP-3304
Semester/SKS : III (Tiga) / 3
Mata
Kuliah Prasarat : ---
Dosen
Pengampu : Prof.Dr.Syukri
Hamzah, M.Pd.
Dr.
Manap Somantri,M.Pd.
A. Deskripsi
Mata Kuliah
B. Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah
1. Sikap
j. Mampu menunjukkan sikap kritis, logis dan tanggap
terhadap perkembangan teknologi, baik dalam bidang information technology (IT), management
information systems (MIS), Infrastructure
Information systems (IIS), maupun design
Information system (DIS) dalam
pengembangan manajemen pendidikan.
2. Penguasaan
Pengetahuan
b. Mampu memproyeksikan manajemen pendidikan di masa yang
akan datang, yang sesuai kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia,
dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap dunia
pendidikan.
e. Mampu menghasilkan konsep-konsep perubahan dan inovasi
yang didasarkan data riil di lapangan, informasi yang akurat, serta pengetahuan
dalam bidang manajemen pendidikan yang dimiliki manajer, peneliti dan
konsultan.
3. Penguasaan
Keterampilan Umum
b. Mampu menciptakan dan mengimplementasikan manajemen
sistem informasi untuk menciptakan pendidikan bermutu sesuai kebutuhan
masyarakat.
4. Penguasaan
Keterampilan Khusus
e. Mampu menemukan dan merancang model-model dan aplikasi
baru manajemen sistem informasi pendidikan untuk memecahkan masalah-masalah
yang dihadapi pemimpin dan pengelola pendidikan.
C. Rincian
Pokok Pembelajaran
Mg Ke
( 1 ) |
CP-MK (kemampuan akhir yang diharapkan) ( 2 ) |
Indikator
( 3 ) |
Kriteria & Bentuk Penilaian ( 4 ) |
Metode Pembelajaran [ Estimasi Waktu] ( 5 ) |
Materi Pembelajaran [Pustaka] ( 6 ) |
Bobot Penilaian (%) ( 7 ) |
1-2 |
Appersepsi
dan orientasi konsep pengembangan SIM dan penja-minan mutu pen- didikan dasar,
menengah, dan tinggi |
Unsur utama: Ø
Teknologi Informasi. Ø
Sistem Infor- masi Manaje- men. Ø
Penjainan Mutu Pendidikan |
Poster yang:
Ø
Hardware Ø
Software Ø
Data dasar Ø
Sistem Manajemen |
Braimstorming ( 2x3 JP ) |
Ø
Hardware: Sis- tem Komputer Ø
Software Opera- sional Sistem Ø
Sis.Manajemen Ø
Sis.Penjaminan Mutu Pend. |
5 % |
3-5 |
Mengembangkan
SIM berbasis visi, misi, tujuan dan
strategi penjami-nan mutu pendi- dikan |
SIM
Pendidikan Dasar SIM
Pendidikan Menengah SIM
Pendidikan Tinggi |
Sistem: Internal
Organi-sasi Eksternal
Orga- nisasi |
Penugasan
dan Presentasi ( 2x3 JP ) |
Struktur,
isi, tujuan, sasaran, ruang lingkup keg & kri-teria penilaian |
5 % |
6-7 |
Menganalisis
Kekuatan,
Kelemahan, Tantangan, dan Ancaman |
SWOT: Pend. Dasar Pend.
Menengah Pend. Tinggi
|
Analisis Kekuatan dan
kelemahan Inter- national |
Workshop
Pengem bangan dan Anali-sis internal dan Peningkatan SPI ( 2x3 JP ) |
SWOT
Penjami- nan Mutu Pen- didikan Dasar, Mengeh, dan tinggi |
10 % |
8 |
Ujian
tengah semester |
Masa-
lah, peningkatan akses, & pening- katan mutu. |
Kriteria:
>Pemecahan
masalah >Pening.
Akses >Pening.
Mutu |
Take-home
tes (Makalah) |
Problem
solving, Peningk.
Akses, Peningk. Mutu, |
20 % |
9-10 |
Pengembangan
RPS |
Menghasilkan
RPJM/RPS
|
>PAUD/PNF >SD/MI/Paket
A >SLTP/Paket
B >SLTA/Paket
C >PTN/S |
Field Study
/ Benchmarking / Presentasi |
Keterpenuhan
Standar Nasio-nal Pendidikan |
20 % |
11-12 |
Pengembangan
Renop |
Menghasilkan
Renop satuan pengelola/satuan pendidikan
|
>PAUD/PNF >SD/MI/Paket
A >SLTP/Paket
B >SLTA/Paket
C >PTN/S |
Field Study
/ Benchmarking / Presentasi |
Keterpenuhan
Standar Nasio-nal Pendidikan |
10 % |
13-15 |
Presentasi |
Sda |
Sda |
Presentasi |
Keterpenuhan Standar Nasio-nal Pendidikan |
10 % |
16 |
Ujian Akhir
Semester |
Mampu
menyu-sun skenario model2 perenca-naan pendidikan |
Renstra, RPJM,
RPS, Rencana Operasional. |
Pengembangan
skenario perenca- naan pendidikan |
Model-model
perencanaan pendidikan |
20 % |
D. Pengalaman
Belajar
1.
Review era Teknologi dan Informasi yang kian kuat mendera
berbagai kehidupan individu dan organisasi.
a.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi berupa
perangkat keras (hard-ware) seperti komputer
dan mikro komputer, radio, televisi, telepon/handphone, LCD monitor &
keyboard, dan berbagai sarana penunjangnya).
b.
Revolusi perangkat lunak (Soft-ware), berkembang secara pesat, melebihi batas kemampuan masyarakat
penggunanya.
c.
Data yang semakin banyak dan kompleks memerlukan
tata-kelola yang baik dan cepat untuk dapat memberikan kontribusi yang
signifikan pada organisasi.
2.
Sistem informasi manajemen (SIM) dikembangkan berbasis
pada visi, misi, tujuan, dan strategi organisasi dan sistem penjaminan mutu
pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
3.
Pengelolaan database guna percepatan dan ketepatan dalam
pengambilan keputusan, penetapan kebijakan, pemecahan masalah, dan pengembangan
satuan pendidikan.
4.
Pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan dasar.
5.
Pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan menengah.
6.
Pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan tinggi.
E. Penilaian
No. |
Aspek yang
dinilai |
Objek penilaian |
Proporsi |
1 |
Disain peta konsep pengembangan perencanaan satuan pengelola atau satuan
pendidikan |
Poster |
5 % |
2 |
Hasil review
rencana pengembangan satuan pengelola atau satuan pendidikan (RPSP) |
Format dan hasil
review |
5 % |
3 |
Rencana strategis
satuan pengelola atau satuan pendidikan |
Poster |
20 % |
4 |
Rencana
pengembangan satuan pengelola atau satuan pendidikan |
Dokumen RPS |
30 % |
5 |
Presentasi
karya/dokumen |
Performa/kinerja |
30 % |
6 |
Paritisipasi
dalam forum akademik dan ilmiah |
Keaktifan |
10 % |
F. Sumber
Acuan
1.
Garet R. Jones, 2013; Organizational
Theory, Design, and Change; Sevent Edition, Pearson, Texas A&M
University.
2.
Joseph A. De Feo, 2015, Juran’s Quality Management and Analysis, Six Edition, Mc.Graw
Hill International Edition.
3.
Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Entering and Contracting,
Diagnosing, Collecting, Analyzing, and Feeding back Diagnostic Information (Chapter
6).
4.
Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change:Designing Intervention (Chapter-7).
5.
Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change:Managing Change, (Chapter-8).
6.
Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Strategic Change Interventions (chapter
18-19) dengan Rencana Tahunan (operasional).
7.
Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Organization Development in
Nonindustrial Settings; ... “School System... (chapter 22-23).
Mengetahui Bengkulu,
Agustus 2017
Koordinator, Dosen Pengampu,
Prof.Dr.Wachidi, M.Pd. Prof.Dr.Rambat,
N.S. Dr.Manap Somantri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar