Pada Hari Sabtu kemarin kami mengikuti perkulihan tatap muka di kelas B .Bertempat SMP 11 Rejang Lebong,Alamat Dusun Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding.Dengan Mata Kuliah "Perencanaan Pendidikan" dengan materi sebagai berikut :
KEMENTERIAN
RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS
BENGKULU
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM DOKTOR
ILMU PENDIDIKAN
Jalan W.R. Supratman Kandang
Limun, Bengkulu 38371
Telpon (073621186, Faksimile:
(0736) 21186
Laman : www.fkip.unib.ac.id
e-mail: fkip@unib.ac.id.
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
( RPS )
Fakultas
:
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program
Studi/Jenjang : Doktor Ilmu
Pendidikan/S3
Mata
Kuliah : Pengembangan
Perencanaan Sekolah dan Perguruan Tinggi
Kode
Mata Kuliah : MKAP-3304
Semester/SKS : III (Tiga) / 3
Mata
Kuliah Prasarat : Difusi
dan Inovasi Pendidikan
Dosen
Pengampu :
Prof.Dr.Rambat Nursasongko, M.Pd.
Dr.
Manap Somantri,M.Pd.
A. Deskripsi
Mata Kuliah
B. Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah
1. Sikap
e. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik manajemen
pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
l.
Mampu menunjukkan
sikap tanggap, akomodatif, inovatif dan kreatif terhadap kebutuhan masyarakat
dalam bidang manajemen pendidikan.
2. Penguasaan
Pengetahuan
b. Mampu memproyeksikan manajemen pendidikan di masa yang
akan datang, yang sesuai kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia,
dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap dunia
pendidikan.
3. Penguasaan
Keterampilan Umum
c. Mampu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat lokal, regional, nasional dan
internasional.
4. Penguasaan
Keterampilan Khusus
a. Mampu merancang dan merencanakan manajemen pendidikan
inovatif sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia dan internasional.
C. Rincian
Pokok Pembelajaran
Mg Ke ( 1 ) |
CP-MK (kemampuan akhir yang diharapkan) ( 2 ) |
Indikator ( 3 ) |
Kriteria & Bentuk Penilaian ( 4 ) |
Metode Pembelajaran [ Estimasi Waktu] ( 5 ) |
Materi Pembelajaran [Pustaka] ( 6 ) |
Bobot Penilaian (%) ( 7 ) |
1-2 |
Appersepsi,
dan Disain peta kon-sep penyusunan rencana pengem- bangan |
Poster
disain peta konsep penyu- sunan
rencana pengembangan pendidikan |
Poster yang:
Ø
Simple Ø
Kompre Ø
Sistematis Ø
Menarik |
Braimstorming &
Presentasi ( 2x3 JP ) |
Dasar-dasar, Ruang
lingkup, Faktor
Penentu pengembangan rencana. |
5 % |
3 |
Pengambilan Keputusan |
Proses Pengambilan Keputusan |
Format review: Ø TI & SIM Ø DM & MD Ø Sistematis Ø Efektif |
Penugasan dan Presentasi ( 2x3 JP ) |
1.
TI & SIM 2.
DM & MD 3.
Proses DM 4.
Dec.Error &
Creativity in DM |
5 % |
4 |
Dasar-dasar Perencanaan |
Perlunya rencana, Bentuk2
rencana, alat dan teknik merencakan, dan pelaksanaan ren- cana |
Ø Alasan perlu ada rencana Ø Tipe2 Peren-canaan Ø Alat &Teknik Perencanaan Ø Pelaksanaan Rencana |
Penugasan dan Presentasi ( 2x3 JP ) |
1.
Alasan perlu ada
rencana 2.
Tipe2
Peren-canaan 3.
Alat &Teknik
Perencanaan 4.
Pelaksanaan
Rencana |
5 % |
5 |
Dasar-dasar
Pengawasan |
Perlunya
kontrol, Proses kontrol, Alat & teknik kontrol |
Ø Alasan perlu ada kontrol Ø Proses kontrol Ø Alat &Teknik kontrol |
Diskusi dan
Presentasi ( 2x3 JP ) |
5.
Alasan perlu ada
rencana 6.
Tipe2
Peren-canaan 7.
Alat &Teknik
Perencanaan 8.
Pelaksanaan
Rencana |
10 % |
8 |
Ujian tengah
semester |
Disain
konseptual pemecahan masa- lah, peningkatan akses, & pening- katan mutu. |
Kriteria: >Pemecahan
masalah >Pening.
Akses >Pening.Mutu |
Take-home
tes (Makalah) |
Problem
solving, Peningk.
Akses, Peningk. Mutu, |
20 % |
9-10 |
Pengembangan
RPS |
Menghasilkan
RPJM/RPS |
>PAUD/PNF >SD/MI/Paket
A >SLTP/Paket
B >SLTA/Paket
C >PTN/S |
Field Study
/ Benchmarking / Presentasi |
Keterpenuhan
Standar Nasio-nal Pendidikan |
20 % |
11-12 |
Pengembangan
Renop |
Menghasilkan
Renop satuan pengelola/satuan pendidikan |
>PAUD/PNF >SD/MI/Paket
A >SLTP/Paket
B >SLTA/Paket
C >PTN/S |
Field Study
/ Benchmarking / Presentasi |
Keterpenuhan
Standar Nasio-nal Pendidikan |
10 % |
13-15 |
Presentasi |
Sda |
Sda |
Presentasi |
Keterpenuhan Standar Nasio-nal Pendidikan |
10 % |
16 |
Ujian Akhir
Semester |
Mampu
menyu-sun skenario model2 perenca-naan pendidikan |
Renstra, RPJM,
RPS, Rencana Operasional. |
Pengembangan
skenario perenca- naan pendidikan |
Model-model
perencanaan pendidikan |
20 % |
D. Pengalaman
Belajar
1.
Mendisain
peta konsep renstra, rencana jangka menengah, dan rencana operasional satuan pengelola atau satuan pendidikan
(dasar, menengah, tinggi, lokal, regional, atau nasional).
a.
Menyusun rencana merupakan upaya mengelola perubahan (managing Change: Todd & Maury, 2011;
Organizational Design, Change, and Innovation: Jhon M.Ivancevich Cs., 20)
b.
Pengembangan organisasi sebagai suatu perubahan
terencana, Organization Development &
Change; The Nature of Planned Change;
Thomas & Cristoper, (Chapter 2, 2015;21).
c.
Proses pengembangan organisasi, Thomas & Christoper,
2014, Organization Development &
Change: Entering and Contracting, Diagnosing, Collecting, Analyzing, and
Feeding back Diagnostic Information (Chapter 6).
d.
Mengelola perubahan; Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change:Managing
Change, (Chapter-8).
2.
Me-review
dokumen perencanaan satuan pengelola atau satuan pendidikan (dasar, menengah,
tinggi, lokal, regional, atau nasional)
a.
Mendisain Intervensi; Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change:Designing
Intervention (Chapter-7).
3.
Mereview rencana strategis satuan pengelola atau
satuan pendidikan
a.
Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Future Directions in
Organization Development (chapter 23).
4.
Mengembangkan
Rencana Pengembangan Jangka Menengah Satuan
pengelola atau satuan Pendidikan
a.
Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Organization Development in
Nonindustrial Settings; ... “School Syatem... (chapter 22).
b.
Titman Keown Martin, 2013, Financial Management: Financial Forecasting and Planning, Twelfth
Edition, Pearson New International Edition.
5.
Mengembangkan
Rencana Operasional Satuan pengelola atau satuan Pendidikan
a.
Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Strategic Change Interventions (chapter
18-29) dengan Rencana Tahunan (operasional)
b.
Kaitan Rencana Jangka Menengah (RPJM)
6.
Mempresentasikan
karya revisi renstra, rencana pengembangan jangka menengah, atau rencana
operasional satuan pengelola atau satuan pendidikan.
E. Penilaian
No. |
Aspek yang
dinilai |
Objek penilaian |
Proporsi |
1 |
Disain peta konsep pengembangan perencanaan satuan pengelola atau satuan
pendidikan |
Poster |
5 % |
2 |
Hasil review
rencana pengembangan satuan pengelola atau satuan pendidikan (RPSP) |
Format dan hasil
review |
5 % |
3 |
Rencana strategis
satuan pengelola atau satuan pendidikan |
Poster |
20 % |
4 |
Rencana
pengembangan satuan pengelola atau satuan pendidikan |
Dokumen RPS |
30 % |
5 |
Presentasi
karya/dokumen |
Performa/kinerja |
30 % |
6 |
Paritisipasi
dalam forum akademik dan ilmiah |
Keaktifan |
10 % |
F. Sumber
Acuan
1.
Garet R. Jones, 2013; Organizational
Theory, Design, and Change; Sevent Edition, Pearson, Texas A&M
University.
2.
Joseph A. De Feo, 2015, Juran’s Quality Management and Analysis, Six Edition, Mc.Graw
Hill International Edition.
3.
Manap Somantri, 2014, Perencanaan Pendidikan, IPB Press.\
4.
Stephen P. Robin & Mary Coulter,
5.
Raza,
Monis. 1986. Educational Planning a Long Term Perspective. National
Institute of Educational Planning and Administration. Naurang Rai, Conspt
Publishing Company.
6.
Thomas G. Cummings dan Christoper G. Worley, 2015, Organizational Development & Change,
Chengage Learning, University of Southern California.
7.
Titman Keown Martin, 2013, Financial Management: Financial Forecasting and Planning, Twelfth
Edition, Pearson New International Edition.
8.
Todd D. Jick &
Maury A. Peiperl, 2011, Managing Change:
Casses and Concepts, Third Edition, McGraw-Hill International Edition.
9.
Sauvageot,
Claude. 1997. Indicator for educational Planning: A Practical Guide.
IIEP-Unesco. Http://www.unesco.org/iiep.
10. Scheerens, Jaap. 2008. Improving Shool
Effektiveness. IIEP-Publication. UNESCO. / Web site: http://www.unesco.org/iiep
Mengetahui Bengkulu,
Agustus 2017
Koordinator, Dosen Pengampu,
Prof.Dr.Wachidi, M.Pd. Prof.Dr.Rambat,
N.S. Dr.Manap Somantri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar