Sabtu, 17 Oktober 2020

PERENCANAAN PENDIDIKAN ( Pengembangan RPS S3 )

Pada Hari Sabtu kemarin kami mengikuti perkulihan tatap muka di kelas B .Bertempat SMP 11 Rejang Lebong,Alamat Dusun Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding.Dengan Mata Kuliah "Perencanaan Pendidikan" dengan materi sebagai berikut :


KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

UNIVERSITAS BENGKULU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

PROGRAM DOKTOR ILMU PENDIDIKAN

Jalan W.R. Supratman Kandang Limun, Bengkulu 38371

Telpon (073621186, Faksimile: (0736) 21186

Laman : www.fkip.unib.ac.id  e-mail: fkip@unib.ac.id.

 

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

( RPS )

 

Fakultas                                       : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Program Studi/Jenjang                : Doktor Ilmu Pendidikan/S3

Mata Kuliah                                : Pengembangan Perencanaan Sekolah dan Perguruan Tinggi

Kode Mata Kuliah                      : MKAP-3304

Semester/SKS                             : III (Tiga) / 3

Mata Kuliah Prasarat                  : Difusi dan Inovasi Pendidikan

Dosen Pengampu                        : Prof.Dr.Rambat Nursasongko, M.Pd.

      Dr. Manap Somantri,M.Pd.

 

A.  Deskripsi Mata Kuliah

 

B.  Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

1.      Sikap

e.       Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik manajemen pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

l.        Mampu menunjukkan sikap tanggap, akomodatif, inovatif dan kreatif terhadap kebutuhan masyarakat dalam bidang manajemen pendidikan.

 

2.      Penguasaan Pengetahuan

b.      Mampu memproyeksikan manajemen pendidikan di masa yang akan datang, yang sesuai kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia, dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap dunia pendidikan.

 

3.      Penguasaan Keterampilan Umum

c.       Mampu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak di  tingkat lokal, regional, nasional dan internasional. 

 

4.      Penguasaan Keterampilan Khusus

a.       Mampu merancang dan merencanakan manajemen pendidikan inovatif sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia dan internasional.

 

 

C.  Rincian Pokok Pembelajaran

 

Mg Ke

 

( 1 )

CP-MK

(kemampuan akhir yang diharapkan)

( 2 )

Indikator

 

( 3 )

Kriteria & Bentuk Penilaian

( 4 )

Metode Pembelajaran

[ Estimasi Waktu]

( 5 )

Materi Pembelajaran

[Pustaka]

( 6 )

Bobot Penilaian (%)

( 7 )

1-2

Appersepsi, dan Disain peta kon-sep penyusunan rencana pengem- bangan

Poster disain peta konsep   penyu- sunan rencana pengembangan pendidikan

Poster yang:

Ø Simple

Ø Kompre

Ø Sistematis

Ø Menarik

Braimstorming

& Presentasi

( 2x3 JP )

Dasar-dasar, 

Ruang lingkup,

Faktor Penentu pengembangan rencana.

5 %

3

Pengambilan Keputusan

Proses Pengambilan Keputusan

Format review:

Ø TI & SIM

Ø DM & MD

Ø Sistematis

Ø Efektif

Penugasan dan Presentasi

( 2x3 JP )

1.    TI & SIM

2.    DM & MD

3.    Proses DM

4.    Dec.Error & Creativity in DM

5 %

4

Dasar-dasar Perencanaan

Perlunya rencana, Bentuk2 rencana, alat dan teknik merencakan, dan pelaksanaan ren- cana

Ø Alasan perlu ada rencana

Ø Tipe2 Peren-canaan

Ø Alat &Teknik Perencanaan

Ø Pelaksanaan Rencana

Penugasan dan Presentasi

( 2x3 JP )

1.     Alasan perlu ada rencana

2.     Tipe2 Peren-canaan

3.     Alat &Teknik Perencanaan

4.     Pelaksanaan Rencana

5 %

5

Dasar-dasar Pengawasan

Perlunya kontrol, Proses kontrol, Alat & teknik kontrol

Ø Alasan perlu ada kontrol

Ø Proses kontrol

Ø Alat &Teknik kontrol

Diskusi dan Presentasi

( 2x3 JP )

5.     Alasan perlu ada rencana

6.     Tipe2 Peren-canaan

7.     Alat &Teknik Perencanaan

8.     Pelaksanaan Rencana

10 %

8

Ujian tengah semester

Disain konseptual pemecahan masa- lah, peningkatan akses, & pening- katan mutu.

Kriteria:

>Pemecahan

   masalah

>Pening. Akses

>Pening.Mutu

Take-home tes

(Makalah)

Problem solving,

Peningk. Akses, Peningk. Mutu,

20 %

9-10

Pengembangan RPS

Menghasilkan RPJM/RPS

 

 

>PAUD/PNF

>SD/MI/Paket A

>SLTP/Paket B

>SLTA/Paket C

>PTN/S

Field Study / Benchmarking /

Presentasi

Keterpenuhan Standar Nasio-nal Pendidikan

20 %

11-12

Pengembangan Renop

Menghasilkan Renop satuan pengelola/satuan pendidikan

 

>PAUD/PNF

>SD/MI/Paket A

>SLTP/Paket B

>SLTA/Paket C

>PTN/S

Field Study / Benchmarking /

Presentasi

Keterpenuhan Standar Nasio-nal Pendidikan

10 %

13-15

Presentasi

Sda

Sda

Presentasi

Keterpenuhan Standar Nasio-nal Pendidikan

10 %

16

Ujian Akhir Semester

Mampu menyu-sun skenario model2 perenca-naan pendidikan

Renstra, RPJM, RPS, Rencana Operasional.

Pengembangan skenario perenca- naan pendidikan

Model-model perencanaan pendidikan

20 %

 

D.  Pengalaman Belajar

1.      Mendisain peta konsep renstra, rencana jangka menengah, dan rencana operasional  satuan pengelola atau satuan pendidikan (dasar, menengah, tinggi, lokal, regional, atau nasional).

a.       Menyusun rencana merupakan upaya mengelola perubahan (managing Change: Todd & Maury, 2011; Organizational Design, Change, and Innovation: Jhon M.Ivancevich Cs., 20)

b.      Pengembangan organisasi sebagai suatu perubahan terencana, Organization Development & Change; The Nature of Planned Change; Thomas & Cristoper, (Chapter 2, 2015;21).

c.       Proses pengembangan organisasi, Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Entering and Contracting, Diagnosing, Collecting, Analyzing, and Feeding back Diagnostic Information (Chapter 6).

d.      Mengelola perubahan; Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change:Managing Change, (Chapter-8).

2.      Me-review dokumen perencanaan satuan pengelola atau satuan pendidikan (dasar, menengah, tinggi, lokal, regional, atau nasional)

a.       Mendisain Intervensi; Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change:Designing Intervention (Chapter-7).

3.      Mereview rencana strategis satuan pengelola atau satuan pendidikan

a.       Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Future Directions in Organization Development (chapter 23).

4.      Mengembangkan Rencana Pengembangan Jangka Menengah Satuan pengelola atau satuan Pendidikan

a.       Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Organization Development in Nonindustrial Settings; ... “School Syatem... (chapter 22).

b.      Titman Keown Martin, 2013, Financial Management: Financial Forecasting and Planning, Twelfth Edition, Pearson New International Edition.

5.      Mengembangkan Rencana Operasional Satuan pengelola atau satuan Pendidikan

a.       Thomas & Christoper, 2014, Organization Development & Change: Strategic Change Interventions (chapter 18-29) dengan Rencana Tahunan (operasional)

b.      Kaitan Rencana Jangka Menengah (RPJM)

6.      Mempresentasikan karya revisi renstra, rencana pengembangan jangka menengah, atau rencana operasional satuan pengelola atau satuan pendidikan.

 

E.  Penilaian

 

No.

Aspek yang dinilai

Objek penilaian

Proporsi

1

Disain peta konsep pengembangan perencanaan satuan pengelola atau satuan pendidikan

Poster

5 %

2

Hasil review rencana pengembangan satuan pengelola atau satuan pendidikan (RPSP)

Format dan hasil review

5 %

3

Rencana strategis satuan pengelola atau satuan pendidikan

Poster

20 %

4

Rencana pengembangan satuan pengelola atau satuan pendidikan

Dokumen RPS

30 %

5

Presentasi karya/dokumen

Performa/kinerja

30 %

6

Paritisipasi dalam forum akademik dan ilmiah

Keaktifan

10 %

 

F.   Sumber Acuan

1.      Garet R. Jones, 2013; Organizational Theory, Design, and Change; Sevent Edition, Pearson, Texas A&M University.

2.      Joseph A. De Feo, 2015, Juran’s Quality Management and Analysis, Six Edition, Mc.Graw Hill  International Edition.

3.      Manap Somantri, 2014, Perencanaan Pendidikan, IPB Press.\

4.      Stephen P. Robin & Mary Coulter,

5.      Raza, Monis. 1986. Educational Planning a Long Term Perspective. National Institute of Educational Planning and Administration. Naurang Rai, Conspt Publishing Company.

6.      Thomas G. Cummings dan Christoper G. Worley, 2015, Organizational Development & Change, Chengage Learning, University of Southern California.

7.      Titman Keown Martin, 2013, Financial Management: Financial Forecasting and Planning, Twelfth Edition, Pearson New International Edition.

8.      Todd  D. Jick & Maury A. Peiperl, 2011, Managing Change: Casses and Concepts, Third Edition, McGraw-Hill International Edition.

9.      Sauvageot, Claude. 1997. Indicator for educational Planning: A Practical Guide. IIEP-Unesco. Http://www.unesco.org/iiep.

10.  Scheerens, Jaap. 2008. Improving Shool Effektiveness. IIEP-Publication. UNESCO. / Web site: http://www.unesco.org/iiep

 

 

Mengetahui                                                                        Bengkulu, Agustus 2017

Koordinator,                                                           Dosen Pengampu,

 

 

 

Prof.Dr.Wachidi, M.Pd.                 Prof.Dr.Rambat, N.S.             Dr.Manap Somantri.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...