Rabu, 20 Mei 2020

Dokumentasikan Kegiatan Harian di Blog

Mendokumentasikan Semua Kegiatan di Blog


Rabu, 20 Mei 2020, Narasumber Kali ini Bapak Dedi Dwitagama,


PROFIL NARASUMBER:

DEDI DWITAGAMA

Pendidik, pemimpi makin banyak anak negeri yang berani berkompetisi & jadi pemimpin

è Wakil Indonesia pada Academic Leadership Training for School Principal

è UNESCO, Seoul Korea Selatan 2012

è Ketua Delegasi Indonesia pada South East Asia School Principal Forum – SEASPF, Bali 2012

è JUARA 1 GURARU AWARD – GURU ERA BARU AWARD INDONESIA – Acer,

è Jakarta, 2012

è Nominator Blog Pendidikan terbaik Indonesia, Pesta Blogger Nasional,

è Jakarta, 2011

è Juara 3 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, 2008

è Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, 2008

è Juara 2 e-Learning Award tingkat Naasional, Pustekkom Depdiknas RI,

è Oktober 2008

è Juara 3 Kompetisi blog “I Love Mobile Blogging”: XL dan Dagdigdug, FKI JHCC Jakarta, Juni 2008

è Wakil DKI Jakarta pada Lomba Guru Berprestasi tingkat Nasional,

è Jakarta, 2004

è Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, Jakarta 2004

Instagram: @dwitagama

Mobile: +628128534836

Instagram http://instagram.com/dwitagama

YouTube http://youtube.com/dwitagama

Podcast https://anchor.fm/dedi-dwitagama/episodes/ep-edvtf6

Blog http://dwitagama.blogspot.com (Blog pertama tahun 2005)

Lampiran:

http://dedidwitagama.wordpress.com  

http://trainerkita.wordpress.com  

http://fotodedi.wordpress.com   

https://www.kompasiana.com/dwitagama/5eb96eb6097f3606194ee824/antara-didi-kempot-dan-bob-marley

https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/04/home-learning-challenge-berhadiah-thr/

https://trainerkita.wordpress.com  

https://trainerkita.wordpress.com/2019/11/07/pesta-sains-nasional-ipb-university-guru-kreatif-inovatif-di-era-digital/

https://trainerkita.wordpress.com/about/

http://kompasiana.com/dwitagama

https://fotodedi.wordpress.com/2018/06/05/berburu-makanan-berbuka-puasa-di-rawamangun-4

https://dedidwitagama.wordpress.com/?s=nafsu+tkd

https://dedidwitagama.wordpress.com/2012/11/02/pemerintah-korea-lebih-perhatikan-produk-sendiri-untuk-digunakan-negeri-sendiri-daripada-produk-luar-negeri-sementara-kita/

https://www.kompasiana.com/fadila99982/5ec4c74d097f367a7253baf3/apa-saja-sih-jurusan-yang-ada-di-smkn-50-jakarta

https://www.kompasiana.com/fadila99982/5ec4c74d097f367a7253baf3/apa-saja-sih-jurusan-yang-ada-di-smkn-50-jakarta

https://trainerkita.wordpress.com/2012/02/11/workshop-penelitian-tindakan-kelas-di-stikes-ubudiyah-indonesia-banda-aceh/

https://www.google.com/search?safe=strict&client=opera&hs=Sri&sxsrf=ALeKk03cy91PUZJsmUki5Qj-vIsBV-50DQ%3A1589966098822&ei=EvXEXvPTMbPXz7sP0MSboAQ&q=ketoprak+siang+malam&oq=ketoprak+siang+malam&gs_lcp=CgZwc3ktYWIQAzICCAAyBQgAEMsBMgYIABAWEB4yAggmMgIIJjICCCY6BwgjEK4CECc6BAgjECc6BQgAEJECOgUIABCDAToECAAQQ1Cp3YcBWNT0hwFgx_aHAWgAcAB4AIABkQKIAZcPkgEGMTkuMS4xmAEAoAEBqgEHZ3dzLXdpeg&sclient=psy-ab&ved=0ahUKEwjzpJmkjcLpAhWz63MBHVDiBkQQ4dUDCAs&uact=5

Apa itu Blog? Secara sederhana blog seperti diari atau catatan harian yang diunggah ke internet dan bisa dinikmati oleh orang sedunia.

Isi blog bisa dokumentasi semua kegiatan, misalnya di kelas, di sekolah, di luar sekolah dan hobby. Menurut pak Dedi, ngeblog rasanya seperti nano-nano, manis asem asin rame rasanya dong .... hehehe. Menulis blog bisa di wordpress atau blogspot.

MANFAAT MENULIS DI BLOG

Apa manfaat ngeblog? Yang paling utama adalah merubah pola pikir sebagai KONSUMEN TULISAN menjadi PRODUSEN TULISAN.

Blog bisa jadi tempat mendokumentasikan apa saja, sebagai cara meninggalkan jejak. Mempraktekkan peribahasa "gajah mati meninggalkan gading harimau mati meninggalkan belang".

Manusia itu unik, sebebas apapun Anda menulis artikel di blog, pembaca akhirnya akan tahu keunikan Anda, dan itu tak perlu disetting, mengalir saja, biarkan waktu yang menentukan. Akan indah pada waktunya.

Jika dulu saya menikmati orang lain, kini saya dinikmati orang lain, dalam seminggu blog saya pernah dikunjungi lebIh dari 2.000 pembaca, sehari rata" sekitar 300 pembaca.

CARA MERAWAT BLOG

Merawat blog idealnya persis seperti merawat cinta kasih, merawat tanaman, hewan, dsb..... Blog harus sering dikunjungi, disiram dengan artikel, dijawab balik komentar pembaca, kalau sedang kering ide, lihat blog orang lain, biasanya muncul ide, tulis lagi.

Jika sedang banyak ide, tulis sekaligus beberapa artikel, setiap artikelnya tak perlu terlalu banyak, cukup dua atau tiga alinea dilengkapi foto atau video, dan diposting terjadwal seminggu sekali. Andai Anda punya 8 artikel, artinya dua bulan ke depan Anda tak perlu posting lagi, dan artikel kita akan muncul sendiri. Jika ada ide lagi, jadwalkan buat dua bulan berikutnya.

Menulis di blog bisa menggunakan fasilitas notebook, punya HP dan akses internet, bisa banyak menulis di blog dengan aplikasi android di HP.

MEMBUAT ARTIKEL MENARIK

Artikel menarik itu adalah penilaian pembaca atas blog kita, menulis saja apa yang ingin ditulis, selanjutnya biarkan pembaca sendiri yang menemukan tulisan kita. Tak perlu berpikir apakah posting yang ditulis bakal jadi menarik, banyak yang baca atau tidak. Saat ada yang berkunjung di blog, pasti ada rasa bahagia luar biasa. Jadi, saat ide muncul, mengalir saja. Misalnya, saat tak ada jam pelajaran di kelas, bisa menulis menunggu waktu pulang.

Pak Dedi ada pengalaman unik, ia sering berfikir tentang perayaan Hari Kartini di sekolah. Selama puluhan tahun sejak ia jadi murid sampai jadi guru, kenapa diperingati dengan kontes busana daerah, padahal Kartini jadi pahlawan bukan karena pakaian daerah, tetapi karena sering menuliskan surat berisi ide-ide pemikiran dia yang membuat dunia kagum untuk zamannya, jadi bisa coba cari di google TIPS MERAYAKAN HARI KARTINI DI SEKOLAH. Posting itu ditulisnya tahun 2017 dan ternyata sangat hits, dibaca lebih dari 7.000 kali, padahal ia menulisnya di bulan Nopember.

Tuliskan saja apa yang ada di sekolah, sertakan foto dan video sebagai promosi sekolah.

Menulis di blog bisa dari hal simpel seperti ini, menulis blog gunakan HP sambil menunggu anak di parkiran sekolahnya atau saat menunggu istri pulang kerja, atau apalah. Artikelnya tentang apa saja yang terlintas di pikiran saat itu, dua atau tiga alinea disertakan foto atau video..dan upload.

Agar blog banyak pengunjungnya, tulis hal-hal yang menurut Anda banyak dibutuhkan orang saat ini, gunakan judul yang menarik perhatian. Kunjungi blog orang lain, tinggalkan komentar, sehingga mendapat kunjungan balik.

Jika blog kita mau dikomentari orang. Silahkan berkunjung dan komentari blog teman, secara etika kita harus membalas komentar di blog orang lain yang memberi komentar di blog kita.

Seperti kata pak Dedi, “Hari ini blog saya dikunjungi lebih dari 200 pemirsa. Terima kasih buat anda yang sudah mampir ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar di blog saya agar saya bisa berkunjung balik ke blog anda.”

Kalau Anda ingin memberi kepuasan kepada viewers, silahkan produksi terus tulisan tentang hal yang menjadi trend. Saat orang bosan dengan tema yang sama terus, tulisan tak akan laku lagi. Tapi kalau ditulis sesuai passion kita, bisa saja tulisan itu tak bernilai sekarang tapi ternyata jadibooming dan dibutuhkan orang sekian tahun ke depan.

Tuliskan apa saja yang mau ditulis, soal nanti ada yang baca atau tidak tak perlu dipedulikan.

KARAKTERISTIK MENULIS DI BLOG

Lalu, penulis masing-masing punya karakter dan keunggulan sendiri-sendiri, blogspot itu generasi blog terdahulu, wordpress lebih baru dan biasanya teknologi terbaru memiliki banyak keunggulan, kompasiana itu pembacanya luar biasa, merekaadalah perwakilan orang Indonesia di seluruh dunia yang gemar menulis dan membaca, jadi seru menulis di Kompasiana, lebih menantang. Di blog kita bisa bercerita dengan tulisan, supaya tulisan lebih menarik disertai foto atau video, instagram lebih ekspose foto, captionnya cuma bisa seperlunya, YouTube menuntut kemampuan narasi lewat adegan visual, feel-nya berbeda, masing-masing memiliki keseruan tersendiri.

Podcast lebih menantang lagi. Anda harus bercerita tentang apa saja yang memenuhi kebutuhan pendengarnya, karena cuma audio, podcast bisa dinikmati sambil mengerjakan apa saja, dimana saja, dan belum banyak orang yang punya podcast serius, jadi bisa eksis di podcast.

Empati bisa jadi pengontrol dalam memproduksi tulisan. Judul yang dibuat memiliki relasi yang kuat dengan isi blog.

Kalau posting di blog wordpress, tulisan tak akan hilang, karena kontrolnya tak terlalu ketat. Kalau dimuat di Kompasiana bisa jadi hilang, karena ada redaksi yang kerjanya mengamati isi tulisan, dan mereka punya sistem yang mendeteksi tulisan hasil copy paste, pasti akan ketahuan dan dihapus, syaratnya jika ada tulisan jiplakan tak lebih dari 25 persen artikel.

Dalam menulis blog, hal penting adalah jangan tulis nama, lokasi, organisasi yang bisa membuat Anda berkolaborasi dengan hukum.

Tulisan blog tentang ungkapan keresahan, misalnya, Anda bisa menggunakan gaya fiksi, tanpa sebut nama tokoh atau ganti saja nama tokoh. Intinya kita bisa ungkap keresahan dan tetap aman.

MENDORONG SISWA MENULIS DI BLOG

Mengajar bisa menjadi sarana melatih keahlian siswa menulis. Misalnya pak Dedi selaku guru Matematika di SMKN 50 Jakarta, setelah materi pelajaran Matematika selesai, ia memberi tugas siswa membuat blog, kenapa? Skill menulis akan sangat dibutuhkan di luar ketika mereka kuliah atau kerja. Karena fakta, banyak wartawan profesional alumni IPB, UI, ITB. Bahkan murid baru di SMKN 50 Jakarta ìa tugaskan mempromosikan foto-foto keunggulan sekolah dan keakraban dengan senior dan guru-guru baru di instagram, setiap siswa harus posting 100 foto. Dengan demikian siswa bisa menggunakan gadgetnya secara positif.

Jadi, blog pun bisa menjadi saran belajar yang meriah dan banyak lagi manfaat bisa kita dapat dari blog.

Saya secara khusus salut sama pak Dedi, ternyata sudah sering berkunjung ke Tana Toraja, menurut beliau Kopi Toraja luar biasa. Nih buktinya:https://fotodedi.wordpress.com/2008/07/01/ayam-aduan-toraja/

https://fotodedi.wordpress.com/?s=toraja

Blog telah membuat bapak Dedi Dwitagama sering ditemukan oleh Even Organizer yang sedang mencari pembicara dan memberinya rejeki keliling Indonesia. November 2019, ia mendapatkan kehormatan sharing pemantapan teknologi digital di hadapan guru-guru SMA se-Indonesia yang sedang berkumpul di IPB University Bogor. Karena blog pula, ia juga wara-wiri berbagi dan dibagi rejeki ribuan kali, pernah setahun ia hadir di 181 forum seminar, diskusi, dsb.



KESIMPULAN:

Menulis di blog merupakan salah satu alternatif di era digital yang sangat mudah dikerjakan oleh setiap orang sebab bisa menjadi penanda atau jejak kehidupan kita, dan ketika tulisan kita bermanfaat buat orang lain maka pahalanya bakal terus mengalir walau kita sudah tak ada. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat buat sesama.
indah berbagi pengalaman lewat blog.

Peresume

Usman Alamsyah

Tidak ada komentar:

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...