Selasa, 25 April 2023

BAB I VISI DAN MISI SATUAN PENDIDIKAN

 

BAB I

VISI DAN MISI SATUAN PENDIDIKAN




 

Salam dan Bahagia,Ibu dan Bapak Guru!

Halo, Selamat Datang di modul "Kurikulum Operasional Sekolah"

Pada materi pertama ini,kita akan belajar tentang cara merumuskan" Visi dan Misi Sekolah"

Dalam Pembelajaran dengan Paradigma Baru.Pemerintah Pusat menetapkan Kerangka Dasar Kurikulum untuk dijadikan acuan.

Berdasarkan kerangka tersebut, sekolah mempunyai kewenangan untuk merumuskan kurikulum operasional di tingkat satuan pendidikan yang diawali dengan merumuskan visi dan misi.

Dalam mempelajari materi ini, Ibu dan Bapak Guru perlu menggunakan dokumen"Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan"dan dokumen visi, misi sekolah yang Ibu dan Bapak Guru miliki untuk referensi.

Ibu dan Bapak, sebenarnya apa yang disebut visi dan misi?

Visi

Merupakan cita-cita bersama untuk jangka waktu tertentu yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga sekolah.

Misi

Adalah cara-cara yang dilakukan oleh sekolah dalam upaya mencapai visi tersebut.

Misalnya:

Jika kita akan berpergian, maka visi adalah tujuan yang ingin kita capai dalam rentang waktu tertentu. Sementara misi adalah cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Kurikulum Operasional

Bersifat Fleksibel dan Dinamis

Artinya:

"Satuan Pendidikan dapat mengembangkan sesuai karakteristik dan kebutuhan selama selaras dengan dasar yang ditetapkan oleh Pemerintah."

Visi dan misi yang merupakan salah satu komponen utama dalam Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan menjadi acuan seluruh kegiatan pembelajaran.

Pada peraktiknya

"Semua warga sekolah wajib berkomitmen untuk menerapkan

nilai-nilai visi dan misi dalam kegiatan sehari-hari."

Untuk itu,penyesuaian visi misi ini menjadi kunci dan harus melalui tahap analisis karakteristik satuan pendidikan

serta memerlukan refleksi berkala sekitar 4-5 tahun sekali,untuk memastikan bahwa visi dan misi masih relevan.

Sebelum mengembangkan Kurikulum Operasionalnya, satuan pendidikan melakukan analisis yaitu:

"Karakteristik Satuan Pendidikan''

 Keadaan yang menggambarkan keunikan sekolah dalam hal murid,sosial, budaya, guru dan tenaga kependidikan serta lingkungan belajar.Untuk SMK, karakteristik melingkupi satuan pendidikan dan program keahliannya.

Satuan Pendidikan perlu menampung aspirasi warga sekolah karena visi dan misi menjadi arah yang dituju oleh seluruh warga satuan Pendidikan.

Untuk melakukan analisis lingkungan belajar,kita perlu memperhatikan:

Analisis Lingkungan Belajar

1.     Pelibatan perwakilan warga Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah, guru, murid,dan tenaga Kependidikan)

2.     Penggunaan data-data yang diperoleh dari situasi nyata/kondisi satuan pendidikan, seperti kondisi alam, sosial budaya, sumber pendanaan, sistem dan kebijakan di daerah, kemitraan,dan informasi lain yang sesuai.

3.     Pengalokasian waktu yang cukup untuk pengumpulan, pengorganisasian, analisis dan dokumentasi data

4.     Pemilihan informasi yang relevan dan menyimpulkan untuk mengembangkan strategi atau solusi yang bisa didapat dengan kuesioner, wawancara, diskusi kelompok terpimpin, observasi, maupun menggunakan data lain seperti dari rapor pendidikan.

 

Setelah mendapatkan gambaran kebutuhan warga satuan pendidikan dan sarana prasarana, satuan pendidikan dapat mulai menyusun visi dan misinya.

Ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Visi

Ø  Visi berupa gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh satuan pendidikan

Ø  Rumuskan visi yang bersifat realistis kredibel dan atraktif

Ø  Isi sebaiknya mudah dipahami, relatif singkat, ideal, berfokus

 

Dan untuk merumuskan misi,mari kita lihat penjelasan berikut ini:

Misi

Ø  Pernyataan misi menunjukkan secara jelas mengenai Apa yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan.

Ø  Rumusan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan tindakan, bukan kalimat yang menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi.

Ø  Antara indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan secara jelas. Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi

Ø  Misi menggambarkan upaya bersama yang berorientasi kepada peserta didik

Saat melakukan analisis lingkungan belajar, pastikan visi,misi dan tujuan tidak bertentangan dengan kerangka kurikulum yang ditetapkan oleh pusat, yakni:

1.     Tujuan Pendidikan Nasional

2.     Profil Pelajar Pancasila

3.     Struktur Kurikulum

4.     Prinsip Pembelajaran dan Asesmen

5.     Capaian Pembelajaran

 

Ibu dan Bapak, sebenarnya ada banyak cara untuk merumuskan visi dan misi.

Kami akan memberikan salah satu contoh.

Ibu dan Bapak bisa mengeksplorasi cara lain,selama prinsip-prinsip penyusunan visi dan misinya dilakukan.

Satuan Pendidikan  melibatkan seluruh warga sekolah:

1)     Ajukan wawancara atau survei untuk mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya.

Berikanlah pertanyaan untuk murid sesuai dengan tahapan perkembangan belajarnya.Lihat contoh pertanyaan berikut:

Peserta Didik

v  Apa kebutuhan yang ingin dipenuhi di satuan pendidikan ?

v  Satuan pendidikan seperti apa yang kamu inginkan?

v  Hal apa yang paling ingin didapat di satuan pendidikan ?

v  Apa yang paling penting bagi kamu di satuan pendidikan ?

Staf/Guru

v  Mengapa memilih profesi sebagai pendidik/bekerja di satuan pendidikan? Apa yang ingin dicapai

v  Apa harapan bagi pelajar yang ada di satuan pendidikan ini? Jika mereka keluar atau sudah lulus ingin mereka jadi individu seperti apa?

v  Apa nilai-nilai yang Anda percayai Bagaimana menanamkan itu pada pelajar tanya-tanya Apa perubahan diri yang diharapkan terjadi?

Orang Tua

v  Mengapa memilih satuan pendidikan ini?

v  Apa harapannya terhadap satuan pendidikan?

v  Pribadi peserta didik seperti apa yang diharapkan?

v  Apakah hal paling penting yang perlu dipelajari di satuan pendidikan?

 

2)      Analisis jawaban wawancara dan cari keterkaitan satu dengan yang lain. Kumpulkan persamaan dan rumuskanlah dalam satu kalimat visi.

Bagaimana dengan misi?

Saat visi sudah di rumuskan,maka kita bisa mulai merumuskan misi:

a)     Temukan indikator-indikator dalam visi

b)     Mintalah beberapa kelompok perwakilan untuk membuat kalimat aksi sebanyak-banyaknya dari indikator visi

c)     Kumpulkan dan analisa semua kalimat aksi yang telah dibuat

d)     Rumuskan ke dalam kalimat sederhana, namun dengan cakupan yang lebih luas

Berikut contoh visi dan misi dengan konteks yang berbeda

Contoh: 1

Indikator Visi dan Misi

Konteks Sekolah

*     Berada di daerah pegunungan yang menjadi destinasi wisata

Beberapa harapan warga:

ü  Sekolah melahirkan murid-murid yang cerdas

ü  Sekolah melahirkan murid-murid yang berakhlak

ü  Sekolah melahirkan generasi yang bertanggung jawab

ü  Sekolah melahirkan generasi yang peduli akan lingkungannya

Dengan menganalisa kontek sekolah maka Visi Sekolah adalah:

"Menjadi institusi terdepan dalam menjaga kelestarian lingkungan, menciptakan lulusan yang berprestasi, berakhlak mulia dan bertanggung jawab."

Dengan Melihat indikator Visi maka Misi Sekolah adalah:

1)     Mendukung seluruh kegiatan murid yang sifatnya positif dan berlandaskan iman dan taqwa

2)     Menanamkan sikap berbudi pekerti luhur dalam kegiatan sehari-hari

3)     Memberikan konseling pendisiplinan terhadap murid secara berkala

4)     Kegiatan berbahasa Inggris di sekolah

5)     Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan

6)     Menjaga kelestarian alam melalui jalinan kerjasama yang baik antara warga sekolah dan sekitarnya dalam berbagai kegiatan lingkungan.

Contoh: 2

Indikator Visi dan Misi

Konteks Sekolah

*     Berada di kota besar

Beberapa harapan warga sekolah:

ü  Sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas

ü  Sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi

ü  Sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat

ü  Semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati.

Dengan menganalisa Konteks Sekolah maka Visi Sekolah adalah:

"Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan Global dengan berlandaskan Pancasila."

Dengan Melihat indikator Visi maka Misi Sekolah adalah:

1)     Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan dengan pendekatan STEAM

2)     Berperan aktif dalam kegiatan lomba akademik dan non-akademik

3)     Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

4)     Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

5)     Menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi

6)     Mendorong kegiatan yang bersifat kolaborasi dan interaksi dengan organisasi-organisasi lokal dan internasional

Ibu dan Bapak Guru, ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu proses fasilitasi dalam perumusan visi dan misi. Mari kita lihat tips berikut ini:

Tips Menyusun Visi

a)     Sesuaikan pertanyaan untuk peserta didik dengan tahapan perkembangan atau belajarnya

b)     Tenaga kependidikan terkadang tidak melihat dirinya sebagai pendidik berikan pengantar bahwa bekerja di satuan pendidikan adalah pendidik, apapun perannya.

c)     Untuk wakil orang tua, perlu cermat memilih perwakilan agar representative (orang tua baru dan lama, orang tua kritis terhadap tujuan pendidikan untuk peserta didik dan paham alasan memilih satuan pendidikan tersebut)

Tips Menyusun Misi

Untuk membuat kalimat aksi yang jelas, gunakan kata kerja operasional yang bersifat umum yang bisa diterjemahkan menjadi pertanyaan spesifik.

Contoh:

Ø  Menjadi satuan pendidikan yang menginspirasi perubahan.

Ø  Menginisiasi aksi-aksi nyata dalam rangka mendidik masyarakat mengenai cara hidup ramah lingkungan

Ibu dan Bapak, sekian materi tentang visi dan misi sekolah.

Visi dan misi dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun rencana pembelajaran sehingga

 "Konseptual dan Bermakna".

Sebagai penutup, mari kita refleksikan bersama beberapa hal menyangkut visi dan misi ini:

Visi:

Ø  Apakah visi menggambarkan harapan seluruh warga satuan pendidikan ?

Ø  Apakah visi menyatakan tujuan besar yang ingin dicapai satuan pendidikan ?

Ø  Apakah isi sudah berpusat pada peserta didik?

 

Misi:

Ø  Apakah misi jelas menyatakan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai visi ?

Ø  Apakah semua warga satuan pendidikan mengalami hal-hal yang menjadi prioritas untuk mencapai visi ?

 

Selamat Belajar Ibu dan Bapak Guru Hebat!

 

 Salam dan Bahagia

"Pada praktiknya, semua warga sekolah wajib berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai visi dan misi".

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

HARI YANG DINANTI, TAPI SALAH KOSTUM

DI BALIK SENG DAN JENDELA KACA Di bawah langit siang yang panas membakar, angin tak peduli, seng mengerang dalam bisik keluh kesah. Adik ipa...