Selasa, 25 April 2023

BAB XII MERUMUSKAN MODUL AJAR

 

BAB XII

MERUMUSKAN MODUL AJAR

 



 

 2. 4 Modul Ajar

 

Salam dan Bahagia

Ibu dan Bapak Guru!

Selamat datang di modul membuat dan memodifikasi modul ajar.

Sebelum membuat modul ajar,pada materi kali ini kita mencari tahu dulu, apa itu modul ajar,beserta komponen yang ada di dalamnya?

 

 

Ilustrasi Cerita

 

Pak Handoyo:

Bu Meliza sudah membuat RPP ?

Ibu Meliza:

Saya pakai RPP dari internet.Minggu depan pengawas sekolah kita Pak Nurisan  datang,jadi aman.

Pak Handoyo:

Hmmmm, apa saya ikut cara Bu Meliza ya ?

Ibu Meliza:

Iya Pak,mudah,aman pula dari teguran dan sanksi.Kepala sekolah juga pasti senang.

Pak Handoyo:

Iya sih Bu,tapi bagaimana dengan murid ?

Saya merasa bersalah karena tidak berdasarkan kebutuhan mereka.

Ibu Meliza:

Kenapa harus capek membuat RPP sendiri Pak, toh nanti kita mengajar pakai buku teks saja.Tidak apa-apa Pak, murid juga tidak akan tahu kan.

Pak Handoyo:

Merencanakan pembelajaran itu kan nggak bisa asal Bu, harus disesuaikan dengan kebutuhan murid,latar belakang,tempat tinggal juga kemampuannya.Itu sangat penting dan akan berdampak ke murid Bu.

Ibu Meliza:

Ah bikin susah diri sendiri,terserah Pak Han saja.

Pak Handoyo:

Namanya juga guru, Bu Mel,semua yang kita lakukan demi kepentingan murid.

 

............................................................................................................

 

Ibu dan Bapak Guru, dari percakapan tadi,Pak Handoyo menekankan bahwa membuat RPP sesuai kebutuhan murid itu penting.

Sementara Ibu Meliza ingin aman dengan cara praktis menghindari teguran Kepala Sekolah dan Pengawas.

Nah..

Apa pendapat Ibu dan Bapak Guru tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ?

Lalu..

Apa kaitannya dengan materi "Modul Ajar"?

 Mari kita simak penjelasan berikut.

Modul Ajar

" Merupakan salah satu perangkat ajar sama seperti RPP atau lesson plan yang memuat Rencana Pembelajaran di kelas".

Namun ..

"Modul Ajar memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP ".

Apa saja komponen Modul Ajar? Yuk kita lihat bersama!

Mari kita lihat contoh modul ajar IPAS fase B berikut.

Modul Ajar (MA) IPAS ini disusun untuk satu unit materi atau 5 kali pertemuan.

Jumlah pertemuan dalam Modul Ajar (MA) tentunya akan menyesuaikan dengan alokasi waktu dan Tujuan Pembelajaran (TP) yang kita buat saat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Terdapat beberapa komponen dalam Modul Ajar (MA) yaitu:

1)     Fase Capaian Pembelajaran (CP)

2)     Jumlah Jam Pembelajaran (JP)

Bagian ini disesuaikan dengan Alokasi yang sudah kita tentukan di awal.

3)     Mode belajar

yang kita gunakan apakah daring, luring atau campuran

4)     Tujuan Pembelajaran

yang sudah kita tentukan saat menurunkan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)di contoh ini terdapat 3 TP.

5)     Dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni dimensi Profil Pelajar Pancasila mana yang dapat dipenuhi dengan pembelajaran pada Modul Ajar (MA) ini.

6)     Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat

Yang perlu dimiliki murid sebelum mempelajari topik tertentu

Kompetensi Awal merupakan ukuran seberapa dalam Modul ajar ini dirancang.

Selanjutnya,komponen-komponen detail pertemuan yaitu:

7)     Bahan Ajar

Materi apa yang akan

diajarkan di pertemuan pertama dan jika ada bahan ajar lain yang dapat dilampir.

 

8)     Pertanyaan Pemantik

yakni pertanyaan yang mendorong murid untuk menyelami makna dan manfaat materi pembelajaran bagi kehidupannya.

9)     Indikator keberhasilan dari tujuan pembelajaran

10)  Asessmen

yang berisi rencana asesmen di setiap pertemuan

11)  Sarana dan Prasarana

atau pendukung pembelajaran seperti: (sumber belajar ,media, lembar asesmen dan lain-lain)

Beragam jenis pendukung pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan murid.

12)  Rincian Kegiatan

Ø  Kegiatan Pembuka (15')

Ø  Kegiatan Inti (35')

Ø  Kegiatan Penutup (10')

13)  Lampiran

Terdapat juga lampiran yang termuat dalam Modul Ajar, yang di isi dengan:

Ø  Lembar aktivitas

Ø  Rubrik penilaian

Ø  Bahan ajar lain atau media pendukung tambahan.yang sekiranya dibutuhkan untuk keperluan mengajar.

Lalu, berikutnya sama, berisi detail komponen tiap pertemuan.

Ibu dan Bapak Guru, seperti itulah kira-kira contoh komponen-komponen yang ada pada Modul Ajar.

Namun, ini bukan sebuah keharusan, karena

 

"Komponen dalam Modul ajar bisa disederhanakan atau ditambahkan sesuai kebutuhan".

Kita sebagai guru diberikan "kemerdekaan" untuk:

1)     Menggunakan Modul Ajar yang sudah tersedia"

2)     Memodifikasi Modul Ajar "

3)     Sesuai karakteristik dan kebutuhan murid dan lingkungan.

4)     Menyusun sendiri Modul Ajar"

Sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan murid dan lingkungan.

Pada prinsipnya modul ajar yang digunakan harus memenuhi 4 kriteria sebagai berikut:

a)     Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.(Esensial)

b)     Menumbuhkan minat untuk belajar melibatkan murid berkaitan dengan pengalaman atau pengetahuan sebelumnya serta menyesuaikan capaian belajarnya.(Menarik, bermakna dan menantang)

c)     Menyesuaikan konteks diri dan lingkungan murid  (Relevan dan Kontekstual)

d)     Keterkaitan antara Alur Pembelajaran dengan fase belajar murid . (Berkesinambungan)

Menurut Ibu dan Bapak Guru, Modul Ajar  IPAS fase B kelas 4 tadi,sudah memenuhi 4 kriteria ini belum ya?

Ternyata ada strategi untuk membuat, modifikasi dan mengembangkan Modul Ajar loh.

Ibu dan Bapak Guru antara lain: "

1)     Berkolaborasi dengan rekan guru dengan mata pelajaran yang sama"

2)     Pembagian peran dengan rekan guru satu fase.

Misalnya:

Pembagian penanggung jawab Modul Ajar, kemudian membagi pengalaman dan pengetahuan kepada rekan guru lain.

Ibu dan Bapak Guru,

"Modul Ajar adalah salah satu bentuk rencana pembelajaran"

Maka

" saat menyusun rencana pembelajaran, harus dengan semangat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila"

Dengan begitu, ke-6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila terus dibangun secara konsisten.

 

Selamat Belajar dan mencoba

Ibu dan Bapak Guru hebat!

 

Salam dan Bahagia

 

Jangan lupa...

"Untuk terus semangat dalam mengidentifikasi kebutuhan murid. Karena itulah kunci untuk membuat modul ajar yang berkualitas."

Tidak ada komentar:

HARI YANG DINANTI, TAPI SALAH KOSTUM

DI BALIK SENG DAN JENDELA KACA Di bawah langit siang yang panas membakar, angin tak peduli, seng mengerang dalam bisik keluh kesah. Adik ipa...