Jumat, 28 April 2023

BAB XV MENGOLAH HASIL ASESMEN DALAM SATU TUJUAN PEMBELAJARAN

 

BAB XV

MENGOLAH HASIL ASESMEN

DALAM SATU TUJUAN PEMBELAJARAN

Salam dan bahagia untuk ibu dan bapak guru!

Pada materi-materi sebelumnya,kita sudah mempelajari cara melaksanakan asesmen.Nah, dalam bahasan kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara mengolah hasil asesmen yang telah kita lakukan ?

Kita sudah mempelajari dua jenis asesmen yaitu :

1)     Asesmen Formatif

2)     Asesmen Sumatif

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak mencampur perhitungan dari hasil asesmen formatif dan sumatif

Karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Asesmen Formatif

Untuk memberikan umpan balik pada proses pembelajaran sehingga asesmen formatif bukan menjadi penentu atau pembagi untuk nilai akhir

Asesmen Sumatif

Sedangkan asesmen Sumatif digunakan untuk memastikan ketercapaian dari suatu tujuan pembelajaran.

Hasil asesmennya akan kita olah dalam pembelajaran sampai nantinya menjadi nilai akhir adalah hasil asesmen Sumatif

Mengolah hasil asesmen dapat dilakukan dengan membandingkan hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Hasil belajar diperoleh dari data hasil asesmen Sumatif baik berupa kualitatif maupun kuantitatif

Sedangkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran didapatkan dari indikator yang disusun oleh peserta didik sebagai standarisasi seorang peserta didik mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Mari kita lihat contoh berikutnya ini Bu Sri, guru Bahasa Indonesia kelas 4 fase B.

Pada materi membaca puisi,Bu Sri menetapkan tujuan pembelajarannya adalah peserta didik dapat membaca puisi dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.

Untuk pencapaian tujuan pembelajaran yaitu

1.     Suara dan intonasi

2.     Ekspresi dan penghayatan

Sebagai asesmen Sumatif, peserta didik diminta membaca puisi satu per satu ke depan.Bu Sri menyusun kriteria ketercapaian pembelajaran dengan pendekatan rubrik yang ditambah interval nilai.

Ia membagi menjadi empat kategori dengan rentang nilai seperti tabel.

 

Bu Sri menetapkan kriteria ketercapaian  tujuan pembelajaran pada level berkembang untuk setiap indikator.

Hal ini berarti bahwa peserta didik dikatakan mencapai tujuan pembelajaran. Jika setiap indikator mencapai minimal level berkembang.

Setelah pembelajaran berlangsung Bu Sri melakukan penilaian membaca puisi dengan dua cara :

1.     Penilaian antar teman dan

2.     Penilaian oleh guru

Dengan hasil sebagai berikut :

·       Dewi membaca puisi di depan kelas akan dinilai oleh teman dan saya sebagai gurunya

·       Pada indikator satu yakni suara dan intonasi Dewi mendapat nilai 85 oleh teman dan 80 oleh guru

·       Lalu, saya merata-rata nilai tersebut dan menentukan nilai untuk suara dan intonasi yakni 82,5 atau kategori cakap

·       Sementara untuk indikator dua yakni ekspresi dan penghayatan Dewi memperoleh nilai 80 dari teman dan 80 dari saya.Sehingga rata-rata menjadi 80 atau kategori berkembang.

·       Dari hasil-hasil ini maka saya mendeskripsikan hasil belajar Dewi sebagai berikut:

"Dewi mampu membaca puisi dengan lantang dengan dinamika yang dinamis namun kadang belum sesuai dengan makna puisi serta menunjukkan ekspresi namun masih monoton".

·       Dari pengolahan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Dewi telah mencapai tujuan pembelajaranKarena sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh saya.

 

Ibu dan bapak guru, contoh Bu Sri tadi merupakan cara untuk mengolah hasil asesmen dalam satu tujuan pembelajaran.

Hasil pengolahan ini nantinya akan digunakan untuk mengolah nilai akhir pada raport.

Caranya akan dipelajari pada pembahasan selanjutnya.

Sebagai peserta didik,kita harus menyadari bahwa segala bentuk pengolahan hasil asesmen bukan untuk mengadili kemampuan peserta didik.

Melainkan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik agar mereka tetap merasa percaya diri atas kemampuan yang dimiliki.

 

 

Selamat mencoba

"Pengolahan asesmen peternasi mata mengakhiri kemampuan peserta didik namun menumbuhkan keinginan memperbaiki hingga mencapai versi terbaik dari dirinya "

Contoh Pengolahan Hasil Asesmen

Dalam Satu Tujuan Pembelajaran

Tidak ada komentar:

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...