Jumat, 28 April 2023

BAB XVII MENULIS DESKRIPSI RAPORT

 

BAB XVII

MENULIS DESKRIPSI RAPORT

Untuk menunjukkan kemajuan proses belajar para murid, setiap pendidik wajib membuat laporan hasil belajar, atau raport.

Biasanya ini jadi laporan yang ditunggu-tunggu nih oleh orang tua dan peserta didik.

Ibu-bapak masih ingatkah pengalamannya dulu ketika mendapat raport dari sekolah ?

Ingat rasa penasaran atau harap-harap cemas melihat nilai akhir yang kita dapatkan ?

Tapi,apakah hasil belajar cukup hanya disampaikan dalam bentuk nilai angka saja ?

Apakah angka tersebut sudah cukup menjelaskan tercapaian peserta didik?

Lalu bagaimana caranya menaruh arti pada angka tersebut ?

Pada prinsipnya, laporan hasil belajar atau raport perlu berisi informasi mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik.

Dalam prinsip asesmen, ada empat kriteria laporan hasil belajar yang baik yaitu:

ü  Sederhana dan informatif

ü  Memberikan informasi yang bermanfaat

ü  Berisi kompetensi yang ingin dicapai

ü  Terdapat strategi atau rekomendasi tindak lanjut bagi pendidik ,satuan pendidikan dan orang tua.

Menurut ibu- bapak,apakah raport angka saja cukup untuk menggambarkan hasil belajar peserta didik ?

 Jika memperhatikan prinsip asesmen, tentunya raport angka saja tidak cukup ya,

Ibu Bapak,jika raport hanya berupa angka, bagaimana peserta didik dan orang tua mengetahui kompetensi apa saja yang sudah atau belum mereka capai ?

Lalu, apa solusinya ?

Bisa dengan memberikan deskripsi,agar memberikan makna pada angka-angka yang ada di raport.

Bagaimana  cara menyusun deskripsi dalam raport?

Ada tiga cara yang bisa dipilih.Yuk,mari kita latihan !

Pada paparan ini kita akan praktik menyusun deskripsi raport mata pelajaran IPA (Kimia) di fase E.

 

Terdapat tiga cara dalam menyusun deskripsi raport,yang mengacu kepada :

ü  Capaian pembelajaran

ü  Alur tujuan pembelajaran

ü  Poin-poin penting yang sudah di berikan

 

Mari  berlatih membuat deskripsi raport dengan menggunakan cara

1)     Capaian Pembelajaran

Yuk lihat capaian pembelajaran mapel Kimia Fase E berikut ini:

 

 

 

 

 

 

Dari hasil pengolahan asesmen, kompetensi yang sudah dicapai Putra diantaranya mengidentifikasi,mengajukan gagasan dan mengkomunikasikan.

Namun Putra perlu meningkatkan kompetensi dalam merancang solusi dan mengambil keputusan.

Untuk bisa membuat deskripsi yang lebih spesifik, silahkan Bapak Ibu lihat pada dokumen pencapaian pembelajaran per fase,khususnya di bagian CP per fase berdasarkan Elemen.

Dengan demikian, deskripsi yang dituliskan dalam raport adalah sebagai berikut:

2)     Alur tujuan pembelajaran

 Menulis deskripsi raport berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Mari perhatikan alur tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran Kimia berikut ini:

Langkahnya sama seperti cara pertama, yaitu menentukan kompetensi mana yang sudah dicapai,dan mana yang masih perlu ditingkatkan.

Namun yang membedakan,yang dianalisa di sini adalah kompetensi yang lebih spesifik berdasarkan ATP.

Berdasarkan analisa, capaian kompetensi yang sudah dicapai Putra, yaitu :

Ø  "Menyajikan rumus kimia dan nama senyawa kimia yang berkaitan dengan sumber dan garis miring atau fungsi permasalahan isu global"

Ø  "Menuliskan persamaan reaksi kimia yang lengkap setara yang berkaitan dengan fenomena alam sehari-hari atau isu global "

 

Kemudian selanjutnya capaian kompetensi yang masih perlu ditingkatkan oleh putra yaitu :

Ø  "Menganalisa suatu fenomena alam secara kuantitatif berdasarkan hukum dasar kimia "

Ø  "Merancang, melaksanakan serta mempresentasikan percobaan kimia dalam penerapan hukum-hukum dasar kimia "

 

Dengan demikian,deskripsi yang dituliskan dalam raport adalah sebagai berikut;

 

Kimia:

Ø  Menunjukkan penguasaan yang baik dalam menjadikan rumus kimia dan nama senyawa kimia yang berkaitan dengan sumber dan/atau solusi permasalahan isu global; dan

Ø  Menuliskan persamaan reaksi kimia yang lengkap setara yang berkaitan dengan fenomena alam sehari-hari atau isu global.

Perlu penguatan dalam menganalisis suatu fenomena alam secara kuantitatif berdasarkan hukum dasar kimia, merancang, melaksanakan serta memperselesaikan percobaan kimia dalam penerapan hukum-hukum dasar kimia.

 

 

 

 

 

 

3)     Poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan

 yaitu membuat deskripsi raport berdasarkan poin penting dari materi yang sudah di berikan.

Untuk menuliskan deskripsi raport menggunakan cara ini, ibu bapak bisa melihat data kumpulan pengolahan nilai sumatif yang sudah dilakukan.

Berdasarkan data pengolahan nilai,dalam lingkup materi apa putra mendapatkan nilai tertinggi ?

Ya,capaian kompetensi tertinggi dapat terlihat pada materi pemanasan global.

Selain itu,apakah ada materi lain yang juga menunjukkan hasil yang tinggi ?

Betul sekali ,dalam materi penulisan reaksi kimia , Putra juga mendapat nilai yang tinggi.

Selanjutnya, dalam lingkup materi apa Putra mendapatkan nilai terendah?

 

Ya, dalam lingkup materi mengenai analisa fenomena alam,Putra mendapat nilai terendah.

Dengan demikian,deskripsi raport dapat di tulis sebagai berikut :

Bagaimana Ibu Bapak? apakah sudah siap untuk menulis deskripsi raport ?

Setiap satuan pendidikan memiliki kebebasan dalam memilih tiga cara dalam menuliskan deskripsi seperti yang telah dibahas dalam paparan ini.

Tentunya ibu bapak bisa memilih pilihan yang paling mudah untuk diterapkan di satuan pendidikan ibu bapak masing-masing.

Apapun metode yang ibu bapak pilih,dibuat prinsipnya tetap sama,yaitu :

Selalu menggunakan kalimat yang positif dan memotivasi peserta didik untuk menjadi lebih baik, Tambahkan umpan balik dari capaian yang telah dicapaian anak, usulkan perbaikan apa yang perlu dilakukan ke depan.

Selamat menulis deskripsi raport ibu bapak. Semoga dalam pembagian raport nanti, peserta didik dan orang tua bisa mendapatkan  laporan hasil belajar yang lebih bermakna dari sekedar deretan angka.

 

Ingat…

"Raport dibuat bukan hanya untuk menampilkan angka-angka, namun dibuat untuk menjadi bukti pembelajaran yang bermakna. "

 

Tidak ada komentar:

TUGAS DAN WEWENANG PEGAWAI DI KANTOR CAMAT (KECAMATAN)

  A.    CAMAT Tugas dan wewenang seorang Camat dapat beragam tergantung pada regulasi dan kebijakan yang berlaku di suatu negara atau ...